10 Mindset menjadi Kaya ala Warren Buffet
cara menjadi kaya ala Warren Buffet
Cara menjadi kaya ala Warren Buffet

10 Mindset menjadi Kaya ala Warren Buffet

Siapa yang tidak mengenal Warren Buffet, pengusaha asal Omaha Amerika Serikat ini merupakan orang terkaya nomor tiga didunia sebelum disalip bos Facebook Mark Zukerberg. Buffet memang memulai usahanya sejak dini dimana saat masih duduk dibangku SMA ia sudah mulai berjualan koran door to door dan menjual bola golf dan perangko. Ia sangat tertarik dengan bursa saham dan investasi, dimana saat muda ia mulai membeli saham dan berinvestasi diperusahaan ayahnya.

Ternyata dalam perjalanan bisnisnya Warren Buffet memiliki mindset yang membuatnya bisa sekaya saat ini, kami akan memaparkan sepuluh mindset menjadi kaya dari Warren Buffet.

Investasikan Kembali Keuntungan Anda

Mindset pertama yang diajarkan oleh Warren Buffet adalah investasikan kembali keuntungan yang kita dapat. Jika kita merasa sudah memiliki keuntungan dari salah satu bisnis maka investasikan kembali uang dari keuntungan itu di bisnis bidang lainnya. Hal ini akan menjadikan uang anda terus tumbuh.

Menjadi Berbeda dari Orang Kebanyakan

Jadilah orang yang berbeda dari kebanyakan orang. Kita tidak harus bersifat sama agar bisa masuk ke komunitas tertentu. Tetapi kita tunjukkan jati diri kita selalu berusaha menjadi diri sendiri, walaupun mungkin akan ada dampaknya bagi kita seperti berkurangnya waktu untuk bermain maupun kongkow-kongkow namun inilah langkah yang harus diambil untuk kesuksesan kita.

Jeli Terhadap Peluang

Salah satu keahlian Warren Buffet adalah jeli melihat pergerakan bursa saham. Ketika dia menemukan jenis saham yang baik dan potensial maka ia akan segera membeli saham perusahaan tersebut. Dengan pengalaman puluhan tahun menjadikan Warren Buffet sangat lihai dalam menentukan saham yang akan dibeli.

Jelaskan Kesepakatannya Sebelum Memulai

Ketika akan memulai suatu bisnis mindset yang tertanam dalam diri seorang Warren Buffet ialah semua hal tentang bisnis yang akan dijalankan harus jelas sebelum bisnisnya berjalan. Kesepakatan-kesepakatan ini yang dijadikan pegangan agar bisnis itu bisa berjalan dengan baik dan menguntungkan.

Perhatikan Pengeluaran Sekecil Apapun

Mindset kelima dari seorang Warren Buffet adalah perhatikan pengeluaran sekecil apapun. Ia tertarik dengan sebuah artikel yang menyebutkan bahwa ada seorang pria yang menghitung 500 lembar tisu toilet untuk memastikan dirinya tidak ditipu. Ini menunjukkan bahwa jika kita ingin kaya maka harus memperhatikan setiap pengeluaran.

Menilai Resiko

Dalam setiap bisnis pasti memiliki resiko masing-masing. Sebagai seorang pebisnis Warren Buffet menganjurkan kita untuk melakukan analisis resiko-resiko terburuk yang akan terjadi dalam bisnis kita. Menghitung semua biaya yang diperlukan untuk berjalannya bisnis kita.

Menjadi Orang yang Gigih

Inilah mindset yang harus dimiliki oleh orang-orang yang akan sukses. Ya mindset itu bernama gigih, jika kita merasa kita belum sukses maka coba dan coba terus hingga kesuksesan itu datang kepada kita.

Mengetahui Kapan Saatnya Berhenti

Seorang yang ingin menjadi kaya harus paham benar kapan saat yang tepat ia harus keluar dari suatu bisnis. Karena ada kalanya bisnis itu pertumbuhannya kurang baik, maka anda harus dapat menentukan kapan saatnya untuk berhenti

Batasi Apa yang Anda Pinjam

Jika anda ingin menjadi kaya ini mindset Warren Buffet yang harus anda tanamkan dengan bijak. Jangan terlalu banyak memiliki cicilan, betul memang dalam hidup ini kita butuh sesuatu seperti mobil, rumah dan hal-hal yang mendukung hidup kita. Tetapi bijaklah dalam mengambil pinjaman hanya kepada barang yang sangat penting

Mengetahui Arti Sukses Sebenarnya

Mindset terakhir seorang Warren Buffet adalah mengetahui arti sukses sebenarnya. Bukan hanya dengan bertambahnya pundi-pundi kekayaan anda yang menjadikan kita sukses. Tetapi berusahalah menikmati setiap proses untuk menuju kesuksesan kita

Semoga banyak pelajaran yang dapat anda ambil agar anda bisa meniru kesuksesan seorang Warren Buffet.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.