Menelisik 3 Pantai Terbaik di Selatan Yogyakarta
Sunset di Pantai Wediombo
Sunset di Pantai Wediombo

Menelisik 3 Pantai Terbaik di Selatan Yogyakarta

Bagi anda pecinta travelling, pantai merupakan salah satu objek wisata paling wajib untuk masuk kedalam bucket list paket liburan di Jogja. Pesona pantai memang selalu memberikan memory tersendiri yang tidak dapat anda rasakan ditempat lain. 

Akhir-akhir ini pontensi wisata Yogyakarta semakin bergeliat. Setiap bulan, selalu saja ada tempat baru yang belum tereksplore. Dan tempat-tempat tersebut memiliki keindahan alam yang sangat mengagumkan. Rasanya tak habis-habis tempat objek wisata yang tersedia disana.

3 Pantai Terbaik di Selatan Yogyakarta

Untuk anda para penggila pantai dan para pemburu sunset, pergilah ke arah selatan kota Yogyakarta. Anda akan menemukan berbagai macam jenis pantai dengan keelokannya masing-masing. Berikut ini kita akan mengulas 3 pantai terbaik dan terindah yang berada di sebelah selatan Yogyakarta. 

Pantai Wedi Ombo

Mari  kita mulai perjalanan kita dengan membahas pantai yang satu ini. Pantai Wedi Ombo terletak di kawasan Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul.  Untuk mencapai pantai ini, anda harus menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 2,5 jam dari kota Jogja

Namun, lama perjalanan tersebut akan terbayarkan lunas ketika anda sampai ditempat ini. Karena letaknya yang menjorok kebawah, membuat anda harus menuruni beberapa anak tangga untuk sampai dibibir pantai. Tapi rasa lelah tersebut akan terbayarkan setelah anda melihat hamparan batu karang besar yang cantik terbentang sejauh mata memandang. 

Air yang jernih, pasir putih yang bersih, menambah ketenangan yang ditawarkan disini. Karena memang, pantai ini termasuk pantai yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Jika anda mencari ketenangan, pantai ini sangat cocok menjadi pilihan anda. 

Sunset di Pantai Wediombo
Sunset di Pantai Wediombo by Wikipedia

Hal yang paling menyenangkan dan menjadi incaran para wisatawan adalah, pantai ini memiliki kolam renang alami yang terbentuk dari batu karang. Tidak perlu takut tersapu ombak, karena kolam renang ini tidak terkena oleh hantaman ombak. Kapan lagi anda bisa berenang  santai di pantai dengan pemandangan indah luar biasa sambil menikmati sunset.

Pantai Nguluran

Inilah destinasi wisata ter-hits yang banyak dikunjungi wisatawan. Karena pantai ini memiliki banyak spot foto yang instagramable. Pantai Nguluran memiliki spot foto yang mereka namakan “Teras Kaca”. Adalah sebuah dermaga yang dibangun dari bahan kaca tebal yang langsung menghadap ke pantai. Banyak orang yang menjadikan tempat ini sebagai spot terbaik untuk foto mereka

Karena memang sangat indah sekali. Dari atas Teras kaca ini, anda dapat berfoto dengan berlatar belakang pantai, laut biru, dan karang. Tak hanya spot “Teras Kaca” saja, disini juga terdapat spot lain yang mereka namakan “Glass Boat”.  Yaitu sebuah dermaga berbentuk bagian depan kapal. Anda bisa berfoto dengan berpose ala-ala film Titanic disini.

Selain kedua itu, pihak pengelola juga banyak menyediakan spot berfoto yang lain. Dikarenakan sering ramai oleh pengunjung, maka kami sarankan jika anda ingin mengunjungi pantai ini anda harus tiba paling tidak pukul 07:30 pagi. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari antirian berfoto yang cukup panjang.

Biaya yang diberlakukan di pantai ini antara lain, 5000 rupiah untuk biaya tiket masuk per orang, 3000 rupiah dan 5000 rupiah untuk biaya parkir motor dan mobil, serta jika anda ingin melakukan sesi foto di “Teras Kaca” anda dikenakan biaya tambahan sebesar 20.000 rupiah.  Tak perlu khawatir semua spot foto berbayar, karena terdapat pula spot foto yang gratis.

Jika anda ingin mempercantik feed instagram anda agar semakin terlihat eksis di sosial media, pantai Nguluran ini bisa menjadi alternatif liburan anda.

Pantai Nglambor

Anda belum puas jika hanya menikmati ombak dan sunset, pantai Nglambor bisa menjadi alternatif pilihan destinasi untuk anda. Di pantai ini, anda bisa bersnorkling ria bersama ikan-ikan dan trumbu karang yang cantik dan berwarna-warni. Pantai Nglambor terletak di daerah Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogjakarta.

Tidak perlu membayar biaya tambahan jika anda ingin melakukan kegiatan snorkling ini, anda cukup hanya membayar harga tiket masuk seharga 6000 rupiah saja per orang. Serta  2.000 rupiah dan 5.000 rupiah untuk biaya parkir motor dan mobil.

Pemandangan alam pantai ini sangat indah, disini anda bisa menikmatinya dengan cara yang tak biasa. Yaitu dengan cara tracking terlebih dahulu untuk mendaki perbukitan yang berada disekitar pantai. Tak perlu memakan waktu yang lama untuk sampai ke atas bukit ini. Setelah anda tiba diatas, anda akan mendapatkan sensasi pengalaman yang tak akan terlupakan.

Dari atas bukit tersebut, anda dapat melihat horizon terbentang luas, hamparan laut, pasir, dan karang berpadu menjadi satu membentuk suatu lukisan yang sangat indah. Dari atas sini, anda juga dapat menyaksikan sunset yang memukau. Wah, jadi gak sabar ingin cepat-cepat berlibur ya!

Kita harus bangga jika potensi wisata daerah seperti ini terus berkembang dan terus bertambah setiap tahunnya. Karena, semakin menarik objek wisata suatu daerah, akan memancing turis lokal ataupun mancanegara untuk singgah. Hal ini tentu saja sangat baik dan sangat menguntungkan untuk masyarakat sekitar. 

Karena mereka bisa mendapatkan matapencaharian yang baru. Selain itu, dampak yang lebih luasnya adalah dengan semakin terkenal nya objek wisata negara kita dimata Internasional, maka secara tidak langsung kita membantu pertambahan devisa negara. 

Untuk itu, marilah bersama-sama kita menjaga dan merawat aset negara ini dengan sebaik-baiknya. Jangan membuang sampah sembarangan, jangan mencemari pantai dengan limbah yang dapat merusak ekosistem laut, serta jangan menginjak trumbu karang. Marilah sama-sama kita ciptakan tempat wisata yang dapat membangkan di mata dunia. 

Written by
Karinov
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.