Kebanyakan laki-laki pasti senang memelihara burung murai. Nah, biasanya burung murai ini memiliki burung untuk isian yang membuatnya menjadi lebih menarik. Sayangnya, masih banyak pemilik burung yang belum tahu burung isian apa saja yang cocok dengan karakter burung murai mereka. Hal inilah yang membuat burung murai mengalami macet bunyi.

Jika Anda berencana untuk mengikuti ajang perlombaan kicauan burung, memilih burung isian yang tepat adalah hal terpenting dan tidak boleh disepelekan. Apalagi biasanya setiap juri sudah memiliki burung isian yang dijagokan. Oleh karena itu, setidaknya ada perlu mengetahui jenis burung isian apa saja yang bagus untuk burung murai Anda.

5 Burung untuk Isian Terbaik yang Paling Diminati

Di antaranya banyaknya jenis burung yang terdapat di Indonesia, tentu terdapat beberapa jenis yang sangat diminati karena memiliki keindahan suara dan cocok dijadikan sebagai burung isian. Berikut adalah 5 burung untuk isian terbaik yang paling diminati.

  • Cucak Jenggot

Cucak jenggot adalah burung isian yang sangat digemari oleh pecinta burung karena mempunyai karakter suara yang mirip dengan burung murai. Suaranya yang sangat khas inilah yang akan membantu burung murai dapat berkicau lebih nyaring. Adapun karakter suara cucak jenggot adalah besetan yang tajam dan juga melengking.

  • Burung Kenari

Burung kenari bisa menjadi pilihan burung untuk isian murai Anda. Banyak juri perlombaan kicauan burung yang merekomendasikan jenis burung yang satu ini. Hal ini karena burung kenari mempunyai kicauan yang menarik dan tersedia dalam berbagai variasi.

Selain itu, burung kenari juga dikenal sangat handal melantunkan kicauan yang irama dan juga ritme yang sangat bagus. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pemilik burung murai yang ingin menggunakan kicauan burung kenari sebagai isiannya.

  • Burung Lovebird
A Lovebird is one of nine species of the genus Agapornis. They are a social and affectionate small parrot.

Burung lovebird adalah salah satu jenis burung yang mempunyai karakter hampir mirip dengan burung murai batu. Khususnya dalam sisi suka bertarung dan melantunkan kicauannya dengan lantang. Jadi, Anda tidak perlu heran jika burung lovebird menjadi salah satu burung isian yang banyak disukai oleh juri.

Agar bisa memancing burung murai berkicau dengan lebih lantang dan nyaring, maka Anda perlu memilih kicauan burung lovebird dengan speed rapat dan rajin ngekek. Jangan ragu untuk memilih kicauan dengan durasi yang cukup panjang agar lebih mudah dalam menarik perhatian burung murai, ya.

  • Burung Cililin

Secara umum, burung cucak jenggot dan burung cililin mempunyai karakter suara yang hampir mirip. Hal ini jugalah yang membuat burung cililin banyak dipilih sebagai burung isian. Burung cililin dikenal sebagai burung yang mempunyai variasi tembakan yang cenderung agak kasar.

Selain itu, suara tembakannya juga sangat lantang sehingga akan lebih mudah untuk menarik perhatian burung murai. Anda bisa menggunakan burung cililin ini sebagai burung isian murai Anda. Namun, sebaiknya pilih kicauan dari burung cililin coklat untuk mendapatkan hasil kicauan murai yang lebih maksimal dan bisa Anda download di website burung kicau.

  • Burung Pelatuk

Burung pelatuk memang bukanlah jenis burung yang pandai menirukan burung lainnya. Akan tetapi, burung pelatuk juga mempunyai kicauan yang bagus untuk isian burung lain dan cocok untuk burung murai. Biasanya burung pelatuk diminati sebagai burung isian karena jenis burung ini bisa dimanfaatkan sebagai pelatuk keras dan pelatuk bawang.

Itulah 5 burung untuk isian terbaik yang paling diminati oleh pecinta burung dan para juri. Dari kelima jenis burung tersebut, manakah yang akan menjadi burung isian untuk murai Anda?

Tagged in: