5 Masjid di Bali Sekitaran Ubud dan Kuta
daftar masjid di bali
Ilustrasi salah satu masjid di Bali

5 Masjid di Bali Sekitaran Ubud dan Kuta

Sesibuk-sibuknya kita sebagai umat muslim, baik dalam keadaan apapun, sudah kewajiban untuk melakukan sholat lima waktu. Tak terkecuali ketika berada di Bali baik untuk berlibur maupun bekerja.

Alangkah lebih baiknya lagi, jika kita melakukan ibadah tersebut di dalam masjid. Tapi pertanyaannya sekarang, adakah masjid di Bali? Ternyata baik di Kuta dan Ubud, terdapat beberapa masjid besar lho. Berikut ulasannya.

Daftar Masjid di Bali

masjid yang ada di bali
Pemandangan dari dalam masjid

1. Masjid Ar Rahmat Kuta Bali

Masjid di daerah Kuta ini berupa bangunan dua lantai yang terletak di Jl. Raya Kuta No.75, Kuta, Badung, Bali. Lokasinya mudah ditemukan karena berada di tepat depan pintu masuk Central Park Kuta. Ar Rahmat ini juga termasuk salah satu masjid di Bali yang dekat dengan Bandara Ngurah Rai.

Tak heran jika banyak wisatawan yang singgah. Tidak hanya tempat untuk beribadah saja, namun terdapat madrasah untuk anak-anak yang ingin belajar mengaji, jadi jangan heran jika ketika Anda datang pada sore hari, akan disambut oleh suara anak-anak.

Masjid ini berarsitektur modern dengan dinding marmer. Walaupun tidak terlalu besar, namun Ar Rahmat Kuta Bali tentu saja bersih dan nyaman. Jika anda berada di Bali pada hari Jumat dan akan melaksanakan Sholat Jumat, disarankan untuk datang lebih awal untuk mendapatkan shaf depan.

2. Masjid Al Mujahidin Kuta Bali

Masjid ini juga masih berada di daerah Kuta Bali, tepatnya di Jl. Raya Kuta Gang Rai Yasa No.10. Tidak seperti Ar Rahmat, Al Mujahidin tidak berada di pinggir jalan, Anda terlebih dahulu harus menyusuri gang kecil.

Sebenarnya, lokasinya cukup terjangkau dan strategis. Al Mujahidin dekat dari pusat perbelanjaan Joger. Jika Anda berniat untuk singgah, dari Joger, lurus ke arah utara, setelah menemukan swalayan akan ada papan jalan yang bertuliskan masjid tersebut.

3. Masjid Beachwalk

Jika biasanya nama masjid identik dengan bahasa Arab, lain dengan Masjid Beachwalk. Beachwalk bukan hanya nama mall di Bali saja loh! Tapi, pusat perbelanjaan Beachwalk Bali dengan masjid ini tetap ada hubungannya. Ternyata, tempat ibadah umat muslim ini memang terletak didalam mallnya. Tak heran jika diberi nama yang sama.

Masjid ini dibangun pada tahun 2012 dan tentu saja selalu ramai digunakan untuk ibadah terutama oleh para wisatawan. Selain untuk sholat 5 waktu, Masjid Beachwalk juga digunakan untuk ibadah sholat Jumat.

Walupun terletak di basement namun ukuran masjid ini cukup luas. Kebersihan masjid ini juga terjaga dengan baik. Lokasinya yang strategis di pusat turis dekat dengan beberapa hotel terkenal seperti Mercure Kuta, Kuta Heritage, dan Citadines Kuta

4. Ubudiyah Mosque

Salah satu masjid di Bali yang terletak di Ubud adalah Ubudiyah Mosque. Terletak di Jl. Cok Rai Pudak, Pelitan, Kecamatan Ubud, Gianyar. Lokasinya memang masuk ke dalam pemukiman, tidak di pinggir jalan raya. Namun, jangan kebingungan ketika mencarinya, ada google maps yang akan membantu Anda.

Posisi masjid ini memang terhalang oleh bangunan. Letkanya di kanan jalan jika dari arah Monkey Forest , sebelum gedung Kantor Pos. Disekitar daerah tersebut ada sebuah gang untuk menuju ke masjid Ubudiyah ini. Bangunannya tidak begitu luas hanya sekitar 300 meter persegi, namun terdapat area parkir motor yang luas.

5. Masjid Semebaung

Masjid Semebaung berada di tengah perkampungan padat penduduk dan mempunyai jalan masuk cukup sempit. Lokasinya memang tersembuyi dan masuk gang, namun hal itu tidak pernah membuat masjid ini sepi jamaah. Fasilitas yang disediakan di masjid ini cukup baik, ada toilet bersih, sarung dan mukena yang bersih juga, buku-buku bacaan agama, dan ada kegiatan TPQ.

Gang masuk menuju masjid ini hanya bisa dilewati oleh motor dan pejalan kaki. Masjid Semebaung ini cukup besar dan cukup terkenal di Ubud. Anda cukup berjalan kaki 200 meter dari jalan raya apabila mengunakan mobil.

daftar masjid di bali
Ar Rahmat, salah satu masjid di Bali

Meskipun Bali adalah suatu pulau dengan agama hindu sebagai mayoritasnya, namun umat muslim juga tetap mempunyai ruang ibadah yang layak di Bali. Bahkan, ada beberapa kampung muslim di Bali yang hidup dengan toleransi tinggi dengan umat hindu. Setelah mengetahui beberapa masjid di Bali khususnya area Kuta dan Ubud, jangan lupa untuk singgah dan beribadah ya ketika datang ke Bali!

Written by
Mendy Aisha
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.