Cafe identik dengan tempat nongkrong anak-anak muda. Oleh karena itu, daya tariknya tak hanya pada cita rasa serta keberagaman menu makanan dan minuman yang dimiliki. Pelanggan pun akan mempertimbangkan desain dan kenyamanan cafe sebelum memutuskan untuk singgah di sana.

Budaya berbagi momen di media sosial juga membuat konsumen cenderung memilih desain cafe yang estetik dan kekinian. Tujuannya adalah untuk dipamerkan di media sosial. Apabila ingin mulai bisnis cafe, Anda perlu tahu ciri-ciri desain cafe kekinian dan nyaman agar lebih disukai konsumen.

Ciri Desain Cafe Kekinian Super Cozy

Cafe kekinian dan cozy setidaknya harus memenuhi lima ciri desain seperti dijabarkan oleh tim Imaji di bawah ini. Survei membuktikan bahwa cafe yang memiliki ciri-ciri ini lebih sering dikunjungi oleh konsumen dan mereka akan betah berlama-lama ada di sana. Simak penjelasan selengkapnya, yuk.

  1. Cafe Rumahan

Belakangan ini, desain cafe rumahan semakin banyak diaplikasikan oleh pebisnis. Hal ini sebenarnya dilakukan untuk menekan modal. Anda dapat memanfaatkan garasi atau halaman rumah sehingga tak memerlukan modal lebih untuk menyewa tempat.

Cafe rumahan ini sangat nyaman apabila dipadukan dengan meja dan kursi kayu. Jika punya halaman yang cukup luas dan taman, Anda dapat menambahkan area lesehan. Tambahkan beberapa bean bag sebagai tempat duduk pengunjung.

Desain cafe seperti ini lebih cocok untuk Anda yang punya hunian di lingkungan yang tidak begitu ramai. Jadi, pengunjung akan lebih merasa nyaman karena suasana yang tenang.

  1. Warna-warna Monokrom

Nuansa monokrom telah banyak diaplikasikan di cafe-cafe kekinian. Desain seperti ini identik dengan anak muda zaman sekarang yang lebih menyukai kesederhanaan dan hal-hal minimalis. Warna yang kerap dipilih antara lain putih, hitam, dan abu-abu.

Aplikasi warna-warna monokrom pada cafe dapat menonjolkan kesan lebih bersih serta luas. Desain seperti ini juga sangat apik ketika diabadikan oleh kamera.

  1. Nuansa Kayu

Cafe yang punya nuansa hangat cenderung lebih disukai oleh para pengunjung. Kayu merupakan salah satu material yang mampu menonjolkan kesan hangat dalam sebuah ruangan.

Elemen kayu dapat diaplikasikan untuk meja, kursi, bar, bahkan dinding atau lantai. Kehangatan di ruangan bernuansa kayu akan lebih terasa apabila Anda menggunakan lampu berwarna warm white. Berikan sedikit sentuhan penyegaran di sudut ruangan dengan menaruh tanaman hijau.

  1. Jendela Besar

Pergi ke cafe seorang diri bukanlah hal yang aneh untuk anak-anak muda zaman sekarang. Mereka mungkin hanya ingin sekadar me time atau mengerjakan tugas di cafe. Biasanya, pelanggan seperti ini cenderung memilih cafe yang punya jendela kaca besar dengan meja menghadap ke luar.

Kaca besar membuat pengunjung lebih leluasa melihat pemandangan di luar. Di samping itu, jendela besar juga membuat suasana cafe lebih terang karena cahaya matahari bebas menerobos ke dalam ruangan.

  1. Desain Tematik

Coba perhatikan desain-desain coffee shop atau cafe yang viral di internet. Mereka bisa viral karena keunikan desainnya yang mengadopsi tema tertentu. Untuk pemilihan temanya, Anda dapat menyesuaikan dengan minat atau hobi.

Pemilihan tema yang sesuai dengan minat atau hobi akan mendorong Anda untuk mengelola cafe dengan sepenuh hati. 

Perlu dipahami bahwa cafe dengan desain tematik memiliki target pasar yang lebih segmented. Mungkin Anda perlu berusaha lebih dalam menerapkan strategi branding dan marketing.

Selain menerapkan ciri-ciri desain cafe kekinian dan cozy di atas, berikan fasilitas lain yang akan disukai oleh konsumen, yaitu Wi-Fi. Tempat nyaman dan estetik ditambah Wi-Fi adalah perpaduan sempurna untuk menarik pelanggan datang ke cafe Anda.

Tagged in: