6 Cara Berjualan Online
6 cara berjualan online
Cara berjualan online

6 Cara Berjualan Online

Peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia dalam lima tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan. Tercatat berdasarkan data dari kompasiana dimana pengguna internet mencapai seratus juta orang. Dapat dikatakan masyarakat Indonesia mulai melek internet terutama dilevel generasi yang berusia dibawah 30 tahun. Pertumbuhan jumlah pengguna internet ini juga berbarengan dengan adanya pergeseran cara belanja masyarakat yang tadinya lebih banyak bertransaksi di pasar atau pusat perbelanjaan menjadi berbelanja via online.

Tentunya hal ini berdampak pada terbukanya peluang usaha untuk berjualan online. Produk apapun banyak yang dijual secara online saat ini, disamping itu dalam berjualan secara online Anda tidak dituntut bermodal besar karena tidak perlu menyewa kios atau ruko. Cukup bermodal smartphone yang mumpuni dan beberapa teknik jualan via online. Ada perbedaan dari cara berjualan offline dan online, namun dalam tulisan kali ini kami akan membantu anda memberikan beberapa cara agar bisa berjualan online.

Pilih Produk yang Akan Anda Jual

Ketika kita ingin berjualan onlie maka cara yang pertama adalah dengan menentukan produk apa yang akan dijual. Cara menentukan produk yang dijual dengan melihat kebutuhan pasar yang ada dan produk tersebut tentu harus yang repeat ordernya tinggi. Mengapa harus produk yang dibutuhkan pasar? karena jika tidak seperti itu kita akan mengalami kesulitan untuk berjualan online. Adapun beberapa produk yang kebutuhan pasarnya tinggi dan repeat ordernya tinggi adalah : Hijab dan busana Muslimah, Suplemen Makanan, Obat-obat Herbal, dan pakaian anak-anak.

Cari Supplier Terpercaya

Cara selanjutnya ketika anda sudah mendapatkan produk yang prospeknya sangat baik, maka anda harus mencari supplier yang terpercaya. Ketika berjualan online kita tidak pernah mengetahui dimana sang penjual berada, karena bukan tidak mungkin jika kita bertemu supplier yang sedikit nakal maka akan menjadi kendala bagi kita untuk mulai mendistribusikan barang dagangan kita kepada pelanggan. Kita perlu melihat-lihat profil calon supplier kita untuk mengenali profesionalitasnya.

Manfaatkan Media Sosial

Saat ini banyak orang-orang mulai kecanduan media sosial baik itu facebook, Instagram, dan twitter. Lantas apa hubungannya dengan jualan online, jika kita ingin menawarkan suatu produk sudah tentu kita mencari tempat yang ramai,. Namun bila kita berjualan online cara kita mendapatkan keramaian adalah melalui media sosial. Contohnya facebook yang memiliki kuota pertemanan sebanyak maksimal 5000 orang dan tentu ini menjadi pasar yang luar biasa jika bisa kita garap dengan maksimal.

Membuat Copywriting yang Menarik

Inilah pembeda berjualan offline dan online, dalam berjualan online kita tidak pernah bertemu dengan calon pelanggan namun kita bisa tetap berpromosi dengan membuat copywriting yang menarik. Sebenarnya copywriting kadang disediakan oleh supplayer anda namun jika tidak maka anda harus berinisiatif sendiri untuk membuatnya. Teknik copywriting sendiri perlu dilatih berulang-ulang, dan kita bisa mendapatkan ilmu tersebut dengan belajar dari orang yang lebih ahli.

Perbanyak Teman Tertarget

Seperti penjelasan diatas mengenai media sosial, dimana facebook yang menjadi contoh kita saat ini dapat melakukan pertemanan hingga 5000 teman. Ini sebuah market besar yang sayangnya mungkin saat ini mereka bukanlah teman tertaget anda. Anda perlu memperbanyak teman tertarget agar penjualan anda lebih mudah. Contohnya seperti ini, jika anda berjualan hijab dan baju syar’i maka anda harus mulai mencari teman-teman dimedia sosial yang tertarget, misalkan orang-orang yang mengikuti group kajian, atau anda senang berjualan makanan maka bertemanlah dengan orang-orang digroup muslimah.

Konsisten

Seperti juga usaha offline maka usaha online juga diperlukan konsistensi agar awarnees orang lain terhadap produk anda dan anda sebagai penjual meningkat.Lakukan posting yang terjadwal dimesia sosial . dan gunakanlah konten-konten yang menarik agar orang-orang tertarik dengan toko online anda.

Oke itulah beberapa cara sederhana yang dapat digunakan untuk berjualan secara online. semoga dapat Anda praktekandan membantu bisnms anda.

Written by
Sheila Putri
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.