6 Cara Memulai Bisnis Agar Tidak Tekor
memulai bisnis tanpa rugi
Cara memulai bisnis tanpa rugi

6 Cara Memulai Bisnis Agar Tidak Tekor

Memiliki sebuah bisnis merupakan impian semua orang. Kebanyakan orang-orang terkaya didunia saat ini mendapatkan kekayaannya dengan cara berbisnis. Ternyata kesuksesan mereka tidak diraih dengan cara instan namun diperlukan perjuangan dan strategi ampuh untuk menjadikan bisnis mereka sukses.

Lantas jika kita ingin memulai suatu bisnis apa yang harus dilakukan karena terkadang kita masing bingung bagaimana cara untuk memulai suatu bisnis. Rasanya dikepala ini banyak ide-ide segar untuk menjalankan bisnis, Hanya caranya ini yang belum kita pahami terutama untuk seorang pemula. Jika anda ingin memulai bisnis tidak ada salahnya anda melanjutkan membaca artikel ini karena kami akan membahas mengenai tujuh cara memulai bisnis.

Riset Pasar

Langkah pertama sebelum memulai bisnis adalah lakukanlah riset pasar. Apa yang menjadi kebutuhan calon konsumen, ini menjadi penting karena suatu bisnis bertujuan untuk menjadi solusi bagi orang lain. Kita tidak bisa membuka suatu bisnis dengan berpatokan pada keinginan kita. Tanpa riset pasar yang baik bisnis akan berat diawal dan akan berdampak pada omset kita yang mungkin akan kecil. Dalam melakukan riset pasar kita harus benar-benar memahami apa kebutuhan konsumen. Kita bisa melakukan sebuah penelitian kecil dengan mengamati lingkungan sekitar kita. Dari sana kita akan menemukan insight untuk bisnis kita.

Membuat Proposal Bisnis

Setelah kita mengetahui apa kebutuhan dari calon konsumen. Maka kita membuat sebuah proposal bisnis, dimana didalamnya terdapat mengenai hasil riset kita, menyusun rancangan anggaran untuk memulai bisnis tersebut, dan menetapkan timeline persiapan bisnis hingga berjalan. Proposal ini diperlukan sebagai peganngan kita agar apa yang kita lakukan terstruktur dan terarah. Ibarat mengemudi sebuah mobil jika tidak ada tujuan maka kita akan berputar tidak tentu arahnya. Ketika membuat proposal bisnis ada baiknya anda berkonsultasi dengan rekan yang sudah menjalankan bisnis, atau jika ada budget maka anda bisa berkonsultasi dengan konsultan bisnis yang profesional.

Mempersiapkan Modal

Modal merupakan hal yang harus dipersiapkan sebelum usaha berjalan. Besar kecilnya modal sudah dapat diketahui ketika kita membuat proposal bisnis. Untuk anda yang ingin merintis bisnis kami sarankan mulailah dengan modal dari hasil tabungan anda, atau meminjam dari keluarga dekat. Karena kita masih baru terjun ke bisnis jangan sekali-kali anda mengandalkan modal dari pinjaman pihak Bank. Kita tidak mengetahui bagaimana bisnis kita kedepannya, sementara jika modal pinjaman bank maka setiap bulan kita wajib mencicilnya.

Tentukan Lokasi Bisnis Anda

Untuk anda yang akan memulai bisnis dengan model offline, tempat yang strategis sangat menentukan bisnis anda kedepannya. Upayakan anda mengambil tempat yang memang strategis dimana traffic orang yang melintas cukup banyak, namun biasanya biaya sewanya juga mahal. Jika budget anda untuk sewa tempat tidak besar maka pilih lokasi yang sesuai budget namun tetap memperhatikan traffic orang yang melintas dan butuh strategi pemasaran yang ciamik.

Menyusun Strategi Pemasaran

Bisnis akan berjalan dengan baik jika didukung strategi pemasaran yang ciamik. Orang lain tidak akan mengetahui bisnis anda jika model bisnis yang dijalankan hanya menunggu bola. Dalam menyusun strategi pemasaran kita harus memperhatikan tujuan dari pemasaran ini. Biasanya tahap awalnya adalah bagaimana agar orang mengetahui bahwa bisnis kita ada, setelah orang mulai tahu maka strategi selanjutnya adalah bagaimana mereka bisa berbelanja atau menggunakan jasa dari bisnis kita ini.

Desain Tempat Usaha yang Menarik

Kita dapat menilai seseorang biasanya dari pandangan pertama. Sama dalam bisnis pun jika kita mempunyai tempat yang menarik perhatian tentu orang akan tertarik untuk melihatnya. Apalagi jika ditunjang dengan kenyamanan yang ada didalamnya dan keramahan personil yang ada tentu akan memberikan kesan positif yang berdampak baik bagi bisnis anda.

Semoga tulisan diatas dapat membantu anda yang masih awam dan ingin memiliki sebuah bisnis. Jika nantinya bisnis anda sudah berjalan maka hal yang paling penting adalah konsisten dan persisten dalam menjalankan bisnis tersebut.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.