7 Langkah Sederhana Memulai Bisnis Kecil-Kecilan
cara memulai bisnis kecil
Cara memulai bisnis skala kecil

7 Langkah Sederhana Memulai Bisnis Kecil-Kecilan

Ketika kita melihat deretan orang-orang terkaya di negeri ini, rata-rata mereka semua merupakan pebisnis. Mereka membangun bisnis bukan hanya dalam hitungan tahun tetapi dalam jangka waktu yang relatif lama. Merintis bisnis dari kecil hingga menjadi besar dan memperkerjakan banyak karyawan.

Lantas untuk anda yang ingin bercita-cita memulai suatu bisnis, ada beberapa langkah yang harus anda persiapkan. Berikut ini kami berikan kepada anda tujuh langkah sederhana untuk memulai bisnis :

Evaluasi Tujuan Berbisnis

Langkah pertama ketika anda ingin membuat bisnis adalah apa tujuan yang ingin dicapai. Sebagian orang ingin berbisnis adalah untuk mendapatkan kebebasan keuangan dalam arti penghasilan yang tak terbatas tidak seperti seorang pegawai yang setiap bulan mendaptkan gaji yang pasti dan kenaikan yang tidak terlalu signifikan dibandingkan inflasi.

Ada juga orang yang berbisnis untuk menyalurkan hobi dan kreatifitas. Ia merasa dengan berbisnis apa yang ia inginkan terpenuhi walaupun bukan dalam hal materi. Lantas apakah tujuan bisnis anda? temukan hal ini terlebih dahulu sebelum anda akan memulai bisnis anda agar dapat berjalan dengan baik.

Analisa Bisnis yang Akan Dijalankan

Jenis bisnis apa yang akan anda jalankan. Bergerak dibidang trading atau hanya menawarkan jasa. Anda harus melakukan analisa apa bisnis yang akan anda buat. Analisa yang dibuat mencakup apa kebutuhan pasar disekitar anda. Jika ternyata disekitar anda banyak ibu-ibu bekerja maka usaha day care atau catering makan harian bisa menjadi pilihan.

Selain itu dalam analisa ini juga memperhatikan kompetitor yang berbisnis yang sama, apakah ada kompetitor atau anda pemain tunggal disana. Lantas seberapa besar modal awal yang akan digunakan untuk memulai bisnis ini

Mengurus Perizinan Bisnis

Perizinan bisnis merupakan hal penting yang harus anda urus sebelum usaha berjalan. Jika bisnis anda masih kategori kecil atau UMKM maka anda harus mengurus izin usaha ke Kelurahan atau Kecamatan.

Jika anda membuat produk dan merk baru maka tidak ada salahnya mengurus HAKI dengan mendaftarkan merk anda agar tidak ditiru orang lain.

Membuat Bisnis Plan

Untuk memulai usaha dengan baik anda perlu membuat bisnis plan. Isi dari bisnis plan mengenai strategi, taktik dan aktivitas yang akan dilakukan sebelum memulai bisnis. Disamping itu anda juga harus menentukan waktu untuk pelaksanaan aktivitas yang akan dilakukan agar lebih terkontrol. Tak lupa pula anda anggarkan biaya yang akan dikeluarkan dari awal persiapan bisnis akan berjalan hingga sampai pada grand opening bisnis anda.

Ketika bisnis plan dapat anda jalankan dengan baik, maka bisnis anda akan lebih berkembang dengan baik.

Persiapan Modal Awal Usaha

Ketika akan memulai usaha modal merupakan salah satu faktor yang penting untuk dipersiapkan. Besar kecilnya modah tergantung dari usaha yang akan kita buka. Biasanya ketika usaha ini merupakan rintisan awal modal bisa didapatkan dari pinjaman keluarga. Dan sangat tidak disarankan untuk meminjam melalui lembaga keuangan. Karena bisnis kita ini tidak pasti sementara cicilan yang harus dibayarkan pasti setiap bulan.

Hitung dengan detail dan akurat agar modal yang anda butuhkan benar-benar mengcover usaha anda dari persiapan hingga minimal berjalan tiga bulan.

Mempersiapkan Tempat Usaha

Langkah selanjutnya adalah mencari lokasi yang strategis untuk tempat usaha anda. Jika anda memutuskan untuk berbisnis di bidang perdagangan maka lokasi sangat penting, jangan sampai anda memilih lokasi yang sepi walaupun mungkin harga sewanya relatif lebih murah. Namun juga jangan yang harga sewanya sangat-sangat mahal walupun sangat strategis. Perhitungkan dari laba yang akan anda dapat apakah cukup untuk menutupi biaya sewa.

Selain itu mulailah mencari orang-orang yang akan anda rekrut sebagai karyawan. Pilihlah orang yang bertanggung jawab dan amanah. Persiapkanlah perlengkapan yang anda butuhkan ditoko anda, hingga buatlah suatu acara untuk pembukaan tempat usaha anda agar orang-orang sekitar mengetahuinya.

Mulai dan Persisten

Jika sudah selesai semua persiapan maka langkah terakhir adalah segera buka (launching) bisnis anda. Jalankan sesuai dengan bisnis plan yang dibuat, jika ada hal-hal yang perlu di revisi maka lakukanlah dengan analisa sebelumnya demi pencapaian yang baik dari bisnis anda.

Itulah tujuh langkah untuk memulai bisnis, silahkan anda terapkan untuk bisnis anda.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.