Bagi Anda yang berprofesi sebagai guru pendidik, yang juga menjadi peserta sertifikasi guru tahun 2019 Anda pastinya saat ini lagi sibuk – sibuknya siapkan segala keperluan. Menyiapkan segala yang dibutuhkan sejak awal memang menjadi salah satu langkah yang benar. Tujuannya, tidak lain agar nanti dalam pelaksanaan kegiatan sertifikasi Anda tidak terlalu bingung lagi soal menyiapkan keperluan sertifikasi guru.

Nah, salah satu persiapan wajib dilakukan calon peserta sertifikasi guru adalah melakukan aktivasi terhadap akun di situs resmi KSG Kemdikbud atau Konsorsium Sertifikasi Guru Kemdikbud. Aktivasi di situs resmi KSG Kemdikbud ini dilakukan secara online, sebab aplikasi berbasis pada website.

Aktivasi Akun Sertifikasi Guru Tahun 2019 di Situs Resmi KSG Kemdikbud
Aktivasi Akun Sertifikasi Guru 2019

Selain itu, penting juga untuk Anda ketahui bahwa situs resmi KSG tahun 2019 ini adalah sebuah aplikasi berbasis di website atau situs dan punya fungsi sebagai media untuk penyelenggaraan sertifikasi guru yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Alamat situs resmi KGS Kemdikbud adalah https://ksg.kemdikbud.go.id. Tetapi Anda juga bisa langsung menuju ke alamat http://103.23.100.73/pkondisi/login.

Lalu, bagaimana cara aktivasi akun sertifikasi guru tahun 2019 di situs resmi KSG? Mari simak langkah – langkah mudahnya di bawah ini.

Cara Aktivasi Akun Sertifikasi Guru Tahun 2019 di Situs Resmi KSG Kemdikbud

Untuk bisa masuk ke situs resmi KSG Kemdikbud, maka Anda harus terlebih dulu lakukan aktivasi terhadap akun Anda dan melakukan pendaftaran. Sebagai bahan persiapan aktivasi akun KSG, User Name yang digunakan dalam akun KSG adalah nomor peserta yang ada di dalam format A1 sertifikasi guru 2019. Adapun kode aktivasi bisa Anda dapatkan lewat admin di Dinas Pendidikan kabupaten atau kota dimana Anda berada. Sementara itu mengenai cara aktivasi akun sertifikasi guru di situs resmi KSG sebagai berikut ini.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka browser internet yang ada di PC atau laptop Anda. Anda bisa menggunakan Google Chrome atau Mozilla Fire Fox.
  • Jika sudah kunjungi website atau situs KSG Kemdikbud, yakni http://103.23.100.73.pkondisi/login atau http://ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan/login.
  • Di laman utama situs tersebut Anda bisa memasukkan nomor peserta dan kode aktivasi yang didapatkan dari admin Dinas Pendidikan setempat.
  • Klik pada tombol Log-In yang berwarna biru di bagian bawahnya.
  • Jika aktivasi akun Anda ternyata berhasil, maka nanti Anda akan mendapati tampilan menu KSG yang berisi Profil, Pembaharuan Informasi, Ubah Sandi, Nama, Email, Dibuat Pada, dan Terakhir Diperbaharui.
  • Selesai, kini aktivasi akun KSG sudah berhasil Anda lakukan.

Demikianlah cara aktivasi akun sertifikasi guru tahun 2019 di situs resmi KSG Kemdikbud yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat.