Connect with us

Hi, what are you looking for?

Peluang Usaha

Mengenal Apa Itu Social Enterprise dan Contohnya Di Indonesia

Apakah Anda termasuk orang yang suka berdonasi? Jika jawabannya ya, kenalkah Anda dengan sistem social enterprise beserta tiga contoh perusahaan social enterprise terkemuka di tanah air?

Setiap orang memiliki sisi baik, saat sisi baiknya lebih dominan keinginan untuk mengembangkan bisnis sosial meluap tinggi. Sayangnya, wadah yang tersedia masih belum banyak. Meskipun ada, penyebarannya belum merata buktinya masih banyak orang yang kelaparan dan pengangguran yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Kondisi ini mendorong beberapa orang untuk mengembangkan sistem baru yang kemudian kita kenal sebagai social enterprise.  Apa itu social enterprise? Apakah sistem dan prosedur pelaksanaannya lebih baik daripada lembaga amal biasa? Simak ulasan lengkap serta contoh-contoh SE yang sudah sukses di Indonesia lewat ulasan lengkap berikut ini.

Pengertian Social Enterprise

Secara sederhana, social enterprise bisa diartikan sebagai kegiatan wirausaha yang bersifat sosial. Berbeda dengan lembaga amal biasa atau entrepreneur, karakteristik social enterprise berorientasi pada kegiatan sosial bukan sekedar mencari keuntungan pribadi. 

Di Indonesia, penerapan social enterprise makin lama semakin berkembang. Ranahnya pun tidak melulu dari kelas menengah ke atas, namun turut menyebar dan menyentuh rakyat miskin. Golongan masyarakat yang paling membutuhkan bantuan sosial dari pihak-pihak yang mampu melakukannya. 

Kegiatan yang digagas social enterprise juga sangat beragam dan menyentuh isu-isu umum. Alhasil bisa dinikmati oleh seluruh golongan masyarakat tanpa terkecuali. Baik generasi muda dan orang dewasa bisa merasakan manfaatnya bersama-sama. 

Menjalankan social enterprise dirasa lebih baik karena sifatnya selaras. Seperti dua sisi mata uang, di mana ada keuntungan yang diperoleh perusahaan sosial disamping membagikan manfaat pada target beneficiaries atau social impact di masyarakat. 

3 Contoh Social Enterprise Di Indonesia

Di Indonesia, ada tiga perusahaan yang berhasil mempopulerkan social enterprise. Dan memberikan banyak dampak positif terhadap berbagai pihak, baik perusahaan, target social enterprise atau orang yang tertarik menyumbang dana mereka. Informasi lengkap mengenai perusahaan social enterprise tersebut lihat di bawah ini:

Kitabisa

icon tentang kitabisa
Icon tentang Kita Bisa / Kitabisa.com

Anda yang sering surfing di dunia maya tentu pernah mendengar tentang situs penggalangan dana seperti Kitabisa.com. Situs ini memungkinkan siapapun untuk menggalang dana atau berdonasi via daring. 

Lahir dari gerakan sosial, Kitabisa terus tumbuh berkembang bersama teknologi sehingga melahirkan wajah baru yang populer sebagai aplikasi donasi online. Program donasi yang ditawarkan Kitabisa sangat beragam antara lain:

  • Donasi

Merupakan penggalangan dana yang bersifat kemanusiaan untuk saudara kita yang membutuhkan. Di halaman Donasi Kitabisa, tersedia informasi mengenai jenis donasi dan siapa pihak yang membutuhkannya. 

Kategori donasi yang terdapat di Kitabisa sangat beragam, Anda bisa membantu orang lain untuk menjaga lingkungan. Atau memberikan bantuan kesehatan bagi mereka yang membutuhkan. 

  • Kitabisa Plus

Jika Donasi Kitabisa memberikan akses kemudahan bagi donatur untuk berdonasi. Maka di Kitabisa Plus, Anda bisa saling bahu membahu menjaga kesehatan antar donatur agar tetap sehat selama pandemi Covid-19.

Program ini hanya berlangsung hingga akhir 30 September. Dan nantinya, donatur yang terbukti positif Covid-19 atau terdiagnosis mengidap satu dari 54 jenis penyakit kritis. Dipersilahkan untuk melakukan penggalangan dana melalui Kitabisa Plus hingga Rp 100 juta. 

  • Zakat

Fasilitas yang ditawarkan Kitabisa.com terus bertambah salah satunya fitur qurban murah menyusul lebaran Idul Adha yang akan terjadi akhir Juli 2020 nanti. Di Kitabisa, Anda bisa menyalurkan hewan qurban pada orang-orang yang membutuhkannya.

Kitabisa akan menjadi perantara yang akan mempermudah pekerjaan Anda sebagai peng-qurban tetap menjelang Idul Adha. Jenis hewan yang diqurbankan sangat beragam termasuk kambing dan sapi. 

  • Donasi Rutin

Fitur donasi baru yang digagas Kitabisa.com demi memfasilitasi mereka yang ingin berdonasi secara rutin. Saat bergabung dengan program ini, Anda bisa menjadwal donasi dalam kurun waktu 30 hari. 

Tentukan sendiri batas kemampuan berdonasi Anda, juga kategori apa yang Anda inginkan termasuk metode pembayaran. 

iGrow

Igrow.asia

Jauh lebih spesifik daripada Kitabisa.com, iGrow menyasar target marketing yang seragam yakni para petani Indonesia. Program iGrow bertujuan untuk menghubungkan masyarakat selaku pemberi modal dengan petani Indonesia yang membutuhkan modal.

Kehadiran iGrow tentu menjadi angin segar terutama bagi kesejahteraan petani Indonesia. Mengingat banyak petani yang terampil dan ahli namun tidak dapat mengembangkan skill mereka karena keterbatasan modal.

Bersama iGrow, para petani bisa tumbuh dan mengembangkan diri mereka sekaligus meningkatkan hasil tani dalam negeri. Faktanya, hasil pertanian di dalam negeri belum digarap dengan sempurna. Masih banyak lahan pertanian yang masih belum tersentuh dan terberdayakan dengan baik.

Keunikan dari iGrow adalah keuntungan bagi hasil yang akan diterima para lender dari mitra petani. Anda yang ingin meminjamkan modal tidak perlu khawatir modal menghilang karena iGrow menjamin perputaran uang terjadi secara transparan. 

Dan akan tersedia laporan keuangan dengan sistem bagi hasil di atas 12%-20% per tahun tergantung jenis komoditinya. Selain menerima keuntungan yang lumayan, secara tidak langsung Anda telah membantu petani untuk hidup lebih layak di masa depan. 

Setidaknya mereka tidak perlu meminjam modal dari jasa rentenir yang menetapkan bunga tinggi. Dan berpotensi kehilangan lahan tanah jika tidak bisa membayar.  Anda yang sejak lama tertarik dengan isu pertanian, silahkan mencari informasi detailnya di situs iGrow.asia.

Meskipun konsep yang diusung sangat berbeda dari Kitabisa.com. iGrow tetap menjadi perusahaan social enterprise yang populer di Indonesia. Kiprahnya tidak perlu diragukan lagi untuk pembangunan dan kesejahteraan petani kita. 

Thisable Enterprise

Sama seperti iGrow, Thisable Enterprise juga menawarkan konsep social enterprise terstruktur bagi satu kategori penerima yakni penyandang disabilitas. Berdiri sejak 10 tahun lalu, Thisable Enterprise telah membuktikan dirinya mampu memberdayakan dan menghubungkan masyarakat dengan penyandang disabilitas.

Apa saja program yang dicanangkan Thisable Enterprise?

  • Pelatihan Vokasional

Sebagai perusahaan social enterprise terkemuka, Thisable Enterprise berhasil menyediakan fasilitas lengkap termasuk learning center. Di tempat inilah, para penyandang disabilitas akan mendapatkan training lengkap.

Jenis training yang disediakan pun sangat beragam bisa disesuaikan dengan bakat dan minat masing-masing. Seperti cleaning service, maintenance kendaraan dan jasa pijat. 

  • Kegiatan Sosial

Salah satu program penggerak Thisable Enterprise yang paling banyak mendapatkan dukungan adalah Kegiatan Sosial. Jenis kegiatan sosial yang diselenggarakan pun sangat beragam tergantung kebutuhan dan situasi.

Misalnya disaat pandemi Covid-19, Thisable Enterprise melakukan kegiatan sosial membagikan masker gratis bagi penyandang disabilitas. Dengan harapan para penyandang disabilitas mampu bertahan melawan penyebaran virus Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

Anda yang juga tergerak untuk memberikan bantuan pada penyandang disabilitas bisa melakukan donasi. Untuk kolom donasinya bisa dicek secara langsung di thisable.org. Berikan donasi semampu Anda untuk meringankan beban mereka yang membutuhkan. 

Karena sebagaimana manusia sehat pada umumnya, penyandang disabilitas juga membutuhkan perhatian yang sama. Justru mereka membutuhkan bantuan lebih banyak dari pihak yang mampu terutama secara finansial.

Jumlah mitra yang tergabung dalam gerakan Thisable Enterprise sangat banyak, bukan hanya berasal dari donasi perorangan saja. Beberapa perusahaan seperti Unilever, Maybank, CIMB Niaga, H&M dan sebagainya turut memberikan support.

Penggalangan dana dan berdonasi merupakan dua kegiatan yang seringkali kita temukan baik secara online maupun offline. Anda yang berjiwa sosial tinggi, bisa memulai dengan berdonasi secara rutin baik di Kitabisa atau Thisable Enterprise. 

Lakukan pula penanaman modal untuk membantu petani di iGrow. Bila dilaksanakan secara rutin, selain menumbuhkan semangat sosial. Anda telah berkontribusi besar dalam perubahan hajat hidup orang banyak. 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Akademik

Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda tentang isi naskah Dwi Darma, Dasa Darma, Tri Satya, dan Dwi Satya, penting untuk Anda tahu terlebih dulu...

Akademik

Pada dasarnya baik itu Silabus dan RPP PJOK SD (Sekolah Dasar) untuk kelas 1 – 6 ini adalah perangkat terbaru yang akan kami bahas...

Akademik

Acara perpisahan sekolah sudah didepan mata nih, pastinya Anda butuh yang namanya contoh susunan acara perpisahan sekolah terbaru 2019. Dengan begitu Anda akan lebih...

Akademik

Informasi ini disampaikan oleh: LP3I Kampus Siap Kerja Ujian nasional adalah suatu kegiatan dari sekolah yang memang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di...