Belajar SEO WordPress [A Complete Guide]
Cara Mudah Belajar SEO WordPress
Cara Mudah Belajar SEO WordPress

Belajar SEO WordPress [A Complete Guide]

SEO rupanya menjadi salah satu hal yang cukup digemari oleh banyak orang. tak heran, jika banyak orang yang mulai belajar tentang SEO, terutama SEO WordPress. Bahkan, bermunculan trik terkini yang bisa dilakukan untuk untuk mendongkrak sebuah web sesuai algoritma SEO terbaru. Beberapa trik yang satu ini bisa dalam bentuk kata kunci yang terdapat di judul, artikel, deskripsi, tagline atau yang lain sebagainya.

Bahkan, bisa juga dalam bentuk platform wordpress. Nah, agar lebih jelasnya berikut trik belajar SEO WordPress bagi Anda para pemula.

Mengenal SEO

Apa yang dimaksud dengan SEO itu sendiri? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Yang mana, SEO memiliki arti optimasi website pada mesin pencari ataupun usaha dari pemilik website dengan cara mengoptimasi situs internet dalam meningkatkan pengunjung agar bisa mendapatkan peringkat yang tinggi di mesin pencari.

belajar SEO WordPress yang satu ini bukanlah sebuah cara untuk mengelabui sistem dari Google itu sendiri. Namun, trik yang dimaksud ialah sebuah trik sederhana untuk membuat website yang sudah teroptimasi di dalam kode serta format dapat ditemukan dengan mudah oleh mesin pencari.

Nah, ketika seseorang mencari sebuah topic yang sesuai dengan apa yang Anda tuliskan pada website, maka konten website yang sudah Anda optimasi tersebut bisa tampil paling atas di mesin pencarian. Dengan demikian, Anda bisa memiliki potensi klik yang banyak dari para pengunjung.

Pentingnya SEO Website

SEO website merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan dalam sebuah situs internet yang ada saat ini. Hal ini dikarenakan mesin pencarian atau search engine merupakan sumber pengunjung paling besar dari semua website yang ada.

Beberapa mesin pencarian seperti Google, Yahoo dan Bing memanfaatkan algoritma tertentu untuk bisa menentukan sebuah website yang nantinya bisa terindeks dalam mesin pencarian. Oleh karena itu, Anda harus memiliki sebuah website yang dimengerti oleh mesin pencarian terlebih dahulu.

Prinsip Dasar SEO WordPress

Saat Anda belajar SEO WordPress, Anda juga harus mengetahui beberapa prinsip dasar yang dimilikinya. Hal ini sangat penting untuk dipelajari karena SEO bersifat teknis. Jika Anda bisa mempelajari prinsip dasarnya terlebih dahulu, maka itu akan membantu Anda untuk mempelajarinya menjadi lebih mudah.

Berikut prinsip-prinsip dasar SEO:

Penggunaan WWW serta non-WWW pada URL

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan dari WWW serta non WWW yang terdapat pada URL ini sebenarnya tidak berpengaruh terhadap penilaian SEO yang ada saat ini.

Hanya saja, perbedaan dari penggunaan tersebut sangat berpengaruh terhadap penampakan dari struktur URL itu sendiri. Pakai atau tidaknya WWW pada URL juga tidak mempengaruhi sebuah konten halaman website dengan kualitas yang baik.

Memakai struktur URL yang SEO Friendly

Untuk struktur URL SEO yang friendly pada WordPress ini merupakan penggunaan pengaturan dengan sebuah penempatan kata pada URL itu sendiri. Mesin pencariaan tentu saja sangat mengharapkan bahwa Anda menggunakan struktur URL yang friendly serta mudah untuk dimengerti.

Pemeriksaan pengaturan yang ada di website

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dengan baik adalah pemeriksaan pengaturan kenampakan website supaya bisa terlihat pada mesin pencarian Google. Tentu saja, dengan memilih tema WordPress yang SEO friendly, pemilihan plugin wordpress ataupun ekstensi yang dibutuhkan serta pengaturan tata letak yang baik.

Plugin untuk SEO WordPress

Untuk bisa melakukan SEO WordPress ini sendiri, Anda bisa menginstal ekstensi/pugin tambahan untuk website yang dimiliki. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mempunyai otorisasi sebagai admin agar bisa menambah ekstensi SEO.

Memilih Plugin SEO WordPress

Akan ada banyak ekstensi yang bisa Anda temukan untuk bisa meningkatkan sebuah website agar lebih SEO friendly. Beberapa ekstensi SEO WordPress yang bisa Anda gunakan diantaranya adalah All in One SEO Pack dan Yoast.

Menambahkan XML Sitemaps di WordPress

Hal lainnya yang harus Anda lakukan ialah dengan menambahkan XML Sitemaps pada WordPress. Apa yang disebut dengan XML Sitemap itu sendiri? Apabila Anda ingin mesin pencari tahu tentang beberapa halaman penting yang terdapat dalam sebuah situs internet, maka sangat dibutuhkan sebuah daftar halaman yang mana akan membantu untuk memberikan informasi kepada mesin pencari tersebut.

Dengan demikian, XML Sitemap akan membantu mesin pencari agar lebih mudah melihat isi dari website yang Anda miliki.

Menambahkan Situs pada Google Search Console

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan dengan baik ialah dengan menambahkan sebuah situs pada Google Search Console. Search Google Console ini sendiri merupakan sebuah alat yang berguna untuk memeriksa kelayakan dari sebuah website yang Anda miliki agar dapat terindeks pada mesin pencarian Google.

Tak hanya itu saja, bahkan Search Google Console juga memberikan beberapa saran yang sangat bermanfaat agar website Anda bisa selalu terdaftar pada mesin pencarian.

Melakukan Optimasi Artikel Blog

Hal lainnya saat Anda belajar SEO WordPress ini ialah dengan melakukan optimasi artikel blog. Cara yang satu ini sangat penting untuk dilakukan agar blog yang Anda buat lebih SEO friendly sehingga bisa menarik banyak pengunjung.

Melakukan Best Practice SEO WordPress

Setelah melakukan beberapa langkah yang sudah dijelaskan di atas, maka langkah berikutnya yang harus Anda lakukan ialah dengan melakukan praktek. Nah, Anda pun bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

Memanfaatkan Kategori serta Tag WordPress

Hal ini tentu saja sangat dibutuhkan untuk bisa membangun interkoneksi halaman website agar bisa terstruktur dengan baik dengan cara internal. Bahkan, kategori dan tag yang satu ini sering dipakai pada Internet link pada website yang Anda miliki.

Jangan Lupa untuk Selalu Membuat Internal Link

Mengapa hal yang satu ini sangat penting dan tidak boleh dilupakan begitu saja? ini merupakan salah satu upaya untuk bisa memperkaya website WordPress yang Anda miliki.

Melakukan Optimasi Komentar WordPress

Lakukan optimasi komentar WordPress dengan cara memberikan jawaban untuk setiap komen pertanyaan pada artikel yang dibuat. Nah, jangan lupa untuk memastikan bahwa kolom tanya-jawab yang ada berkaitan dengan tema dari sebuah halaman atau tulisan.

Eksternal Link yang Ada pada WordPress

Tentu saja, website yang Anda buat tidak ada hubungannya dengan website lain. Maka dari itu, buatlah link eksternal yang dilengkapi keterangan nofollow.

Buatlah Sebuah Artikel yang Lengkap dengan Rangkuman

Sebuah artikel dengan pembahasan yang lengkap dan disertai rangkuman akan memudahkan para pembaca untuk bisa pindah dari sub topic yang sedang dibaca.

Nah, sebenarnya belajar SEO WordPress ini susah-susah gampang. Tentu, tidak ada hal yang sulit jika Anda memiliki niat dan semangat pantang menyerah. Teruslah mengasah kemampuan diri tentang SEO WordPress agar Anda bisa menjadi ahli di bidangnya. Selamat mencoba.

Tanya Jawab Belajar SEO

Cara yang disampaikan disini termasuk White-hat atau black-hat SEO?

Kami tidak berani mengklaim sepenuhnya bahwa cara-cara diatas adalah optimasi white-hat 100%. Namun, dari pengalaman kami melakukan optimasi SEO pada web WordPress, tahap-tahap di atas bekerja sangat baik untuk performa sebuah website di pencarian Google. Tentu semua website yang kami aplikasikan dengan cara di atas belum pernah sekalipun deindex atau diberikan pinalti oleh Google.

Dari semua cara di atas, mana cara yang paling mudah untuk/ pemula?

Idealnya, semua tahapan di atas Anda kerjakan secara keseluruhan agar mendapatkan hasil maksimal. Namun, berdasarkan pengalaman kami, selama Anda menggunakan plugin Yoast dengan baik serta melakukan internel linking yang rapih, WordPress Anda sudah jauh lebih SEO friendly dari sebelumnya.

Apakah benar CMS WordPress terbaik untuk SEO dibanding lainnya?

Ya, sampai saat ini boleh dibilang WordPress adalah CMS yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan mesin pencari seperti Google. Dengan WordPress, anda bisa mengoptimasi baik dari sisi struktur kode, URL, hingga adanya bantuan dari plugin pihak ketiga. Kode yang rapih dan ramping juga membuat loading web WordPress mudah dioptimasi kecepatannya.

Saya sudah menggunakan WordPress, tapi kenapa traffik pengunjung tetap tidak maksimal?

Sehebat apapun optimasi penelurusan yang Anda lakukan, namun konten yang ada di web Anda tidak bermanfaat, yakinlah web Anda sampai kapanpun tidak akan masuk Google. Dengan kecanggihan algoritma Google saat ini, sulit sekali mengelabui robot Google untuk menampilkan artrikel yang tidak bermutu (thin content). jadi, mulailah dari memperbaiki kualitas informasi yang di sajikan di web Anda jika ingin punya trafik yang memuaskan.

Written by
Autobild Rental
Join the discussion

1 comment
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.