Belakangan ini, penggunaan teknologi Text to Speech semakin meluas. Seperti namanya, teknologi ini dapat Anda pakai untuk mengubah teks menjadi suara. Perusahaan asal Indonesia PT Botika Teknologi Indonesia membuat tools bernama Botika Text to Speech.

Banyak orang yang memanfaatkan tool tersebut untuk pembuatan video atau kebutuhan lainnya. Baru-baru ini, Botika kerap dimanfaatkan untuk membuat ringtone. Karena dibuat menggunakan teks yang diubah menjadi suara, Anda dapat menggunakan kata atau kalimat apa pun, termasuk nama sendiri.

Apa Itu Botika Text to Speech?

Di awal artikel telah disebutkan bahwa Botika merupakan salah satu tool Text to Speech yang dibuat oleh perusahaan asal Indonesia bernama PT Botika Teknologi Indonesia. Karena Botika sendiri merupakan produk lokal, tidak heran jika tool ini lebih fokus pada bahasa Indonesia.

Sebelumnya, Anda mungkin sudah mengenal Text to Speech yang dibuat oleh Google. Contohnya ada pada suara yang dihasilkan oleh Google Translate. Namun suara yang dihasilkan oleh Google tersebut masih terdengar kaku dan kurang natural.

Teknologi Natural Neural Network Botika
Teknologi Natural Neural Network Botika

PT Botika Teknologi Indonesia membuat tools yang serupa dengan Google Text to Speech namun dengan beberapa improvements. Pertama, Botika memiliki dua pilihan suara untuk kebutuhan formal dan non formal. 

Keunggulan lainnya adalah penggunaan teknologi Natural Neural Network sehingga suara yang dihasilkan seperti dituturkan oleh orang asli Indonesia. Sama sekali tidak terdengar kaku seperti robot. Pengucapannya pun sangat jelas.

Selain produk Text to Speech, PT Botika Teknologi Indonesia juga memiliki beberapa produk lainnya yang tidak jauh-jauh dari kecerdasan buatan atau AI. Berikut ini beberapa produk lainnya.

  • Omnibotika (layanan omnichannel)
  • Custom chatbot (bot chat otomatis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan)
  • Voice Botika (asisten pintar yang dapat merespons perintah suara)
  • Whatsapp Business API (chatbot berbasis WA Bisnis)
  • Chatbot Covid-19
  • Botika Identic (face recognition yang dikembangkan dengan AI)
  • Widya Wicara (layanan smart speaker yang dilengkapi personal assistant)
  • Botika Pulse (tool untuk mendengarkan percakapan dan monitoring secara digital)

Cara Buat Ringtone Khusus Whatsapp dengan Botika

Kembali ke pembahasan inti mengenai Botika Text to Speech. Di sini akan dijelaskan mengenai cara untuk membuat ringtone khusus untuk aplikasi Whatsapp memakai tool dari Botika tersebut. Ada dua cara yang dapat Anda pilih, yaitu melalui web dan aplikasi Android. Berikut tutorial selengkapnya.

Botika Versi Web

Botika memahami bahwa sebagian besar pengguna internet di Indonesia lebih suka hal-hal yang mudah dan tidak ribet. Oleh karena itu, pihaknya menyediakan Botika Text to Speech yang dapat diakses langsung tanpa harus install aplikasi ataupun membuat akun. 

Ini dia langkah-langkah yang harus Anda lakukan jika ingin membuat ringtone Whatsapp menggunakan Botika.

Cara Buat Suara Wanita Botika
Cara Buat Suara Wanita Botika
  1. Anda perlu menyiapkan PC atau smartphone terlebih dahulu dan pastikan bahwa perangkat tersebut terhubung dengan koneksi internet.
  2. Buka browser lalu kunjungi https://botika.online/TextToSpeech/.
  3. Scroll halaman ke bawah sampai Anda menemukan text box. Ketik kata atau kalimat yang akan diubah menjadi ringtone di tempat tersebut.
  4. Jika sudah selesai mengetik kalimat, pilih jenis suara yang akan dipakai. Ada pilihan yaitu profesional dan fast.
  5. Centang pada captcha I’m not a robot.
  6. Klik pada tombol Play untuk memutar hasil suara dari tulisan yang sudah diketik tadi.
  7. Jika ingin menyimpan file suara tersebut, klik pada tombol Download yang ada di samping tombol Play.

Botika di Android

Botika juga memberikan pilihan untuk pengguna yang lebih suka menggunakan aplikasi di smartphone. Anda dapat menemukan aplikasi Voicebotika di Playstore. Aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan web app yang tadi telah dijelaskan. Berikut tutorial pemakaiannya.

Botika To Speech Versi Aplikasi Mobile
Botika To Speech Versi Aplikasi Mobile
  1. Buka Playstore terlebih dahulu kemudian cari aplikasi Voicebotika.
  2. Jika sudah menemukan aplikasinya, klik Install. Tunggu sampai prosesnya selesai dan berhasil.
  3. Lakukan registrasi menggunakan alamat yang Anda miliki.
  4. Login ke aplikasi setelah selesai membuat akun.
  5. Anda akan langsung dihadapkan pada text box setelah berhasil login. Tulis kalimat atau kata yang akan dijadikan ringtone.
  6. Klik Play untuk memutar hasilnya.
  7. Klik Download untuk menyimpan file audio ke storage.

Ubah Ringtone Whatsapp dengan Suara Botika

Setelah selesai membuat file audio, sekarang waktunya untuk mengganti ringtone di Whatsapp. Caranya sama sekali tidak sulit. Jika belum mengetahui caranya, ikuti tutorial di bawah.

  1. Pastikan Anda mengetahui lokasi penyimpanan file audio yang didownload dari Botika.
  2. Buka Settings dan pilih Sound.
  3. Klik pada Default notification sound, kemudian klik Add ringtone di bagian paling bawah. Pilih file audio dari Botika.
  4. Sekarang buka aplikasi Whatsapp.
  5. Klik titik 3 di kanan atas, pilih Settings.
  6. Pilih Notifications. Klik pada Notification tone.
  7. Sekarang pilih ringtone yang berasal dari Botika. Klik OK.
Ubah Notification Tone Di Wa
Ubah Notification Tone Di Wa

Sekarang ringtone atau nada pemberitahuan di Whatsapp sudah berhasil diubah. Botika to speech wa untuk jadi nada dering WhatsApp tersebut dijamin unik karena Anda membuatnya kata-katanya sendiri dan dijamin tidak ada yang menyamainya.

Tagged in:

,