Sebenarnya cara ini dapat langsung digunakan dengan Google Translate. Tapi Saya lebih merekomendasikan untuk memakai teknologi sound of text suara Korea dari situs voiceoftext.com

Di situs ini, Anda dapat mengubah tulisan Korea menjadi suara yang suaranya diucapkan oleh robot Google atau suara Google. Pemilik suara ini adalah laki-laki dewasa yang penuturannya lembut, dengan nada seperti sedang berbicara dengan teman obrolnya. Jadi sebenarnya tak jauh beda dengan Google Translate, malah di Google Translate kita bisa melakukan penerjemahan dari Indo ke Korea. Tapi kenapa harus memakai sound of text dari situs voiceoftext.com? 

Kelebihan Voice of Text Suara Korea daripada Google Translate Bahasa Korea

Sound of text sendiri adalah program pengubah tulisan menjadi suara. Teknologi ini paling populer dipakai oleh Google Translate sebagai cara kita mengetahui pengucapan kosa kata tertentu.

Dan sekarang sound of text sudah banyak dipakai untuk tujuan yang lebih banyak. Lalu, jika dibandingkan dengan Google Translate, apa kelebihan dari memakai Voice of Text suara Korea ini?

  1. Sama-sama memakai suara Google (robot), tapi aksen nada pengucapan Korea lebih kental Voice of Text
  2. Situs Voice of Text sudah menyediakan fitur unduhan sendiri, jadi tak perlu rekam manual memakai aplikasi recorder
  3. Penggunaannya gampang, cukup masukkan kata-kata yang ingin diucapkan, lalu convert
  4. Soal pengetikkannya nanti, kita bisa menulis memakai hangeul atau romanization

Tapi bagi kalian yang tidak mengetahui Bahasa Korea, bisa memakai jasa dari Google Translate untuk menerjemahkan kalimat dari Bahasa Indonesia ke Korea.

Nanti tinggal ditempel saja, lalu unduh mp3 di situs Voice of Text.

Cara Sound of Text Bahasa Korea Menjadi Suara Google

Sound ini nanti bisa Anda jadikan ringtone/nada dering ataupun hal lainnya. Anda bia mengetikkan kata-kata manis, kata-kata pengingat, dan lain-lain.

Berikut adalah caranya:

  1. Masuk ke situs voiceoftext.com
  2. Lalu masukkan kata-kata yang mau diucapkan. Maksimal adalah 200 karakter. Anda bisa menulis menggunakan huruf abjad Korea (Hangeul) atau Romanization (sistem alih aksara untuk Bahasa Asia Timur, salah satunya Korea agar lebih mudah dipahami dan dibaca)
  3. Contoh Hangeul: “차기 야”
  4. Contoh Romanization: “Chagiya”
  5. Setelah memasukkan teks Korea, lalu klik ‘Convert to Voice’
  6. Tidak lama kemudian akan muncul logo download MP3
  7. Klik logo tersebut untuk mendegar suaranya terdengar seperti apa
  8. Jika sesuai keinginan Anda, kilk titik tiga pada audio, lalu tekan ‘Download’
  9. Otomatis file pun tersimpan ke memori Anda
Vot
Voice of text

Selain menyediakan suara Google untuk Bahasa Korea, ada juga untuk jenis suara Bahasa Indonesia, Sunda, Jawa, Arab, Inggris hingga Jepang.

Suara yang dihasilkan nanti bisa kalian pakai untuk kebutuhan yang banyak. Misalnya untuk mengisi suara dubbing video, podcast, suara penyiar dalam video, voicenote dan bisa dipakai untuk ringtone HP.

Lihat pula: Tutorial Temporary Email

Dulunya Sound of Text hanya tersedia untuk suara robot saja, tapi sekarang bisa memakai berbagai suara yang lebih manusiawi. Misalnya suara anak kecil, suara-suara dari tokoh-tokoh dunia, meniru suara kartun, suara anime, suara karakter dalam game, tokoh fiksi dan masih banyak lagi.

Beda situs sound of text, maka beda pula kelebihannya. Contoh beberapa situs sound of text serta kelebihannya dapat Anda lihat berikut ini:

  • Voiceoftext.com: mengubah tulisan Korea  menjadi suara Google dengan aksen yang lebih kental
  • Vo.codes: mengubah tulisan menjadi berbagai jenis suara (kartun, tokoh dunia, karakter game dan senagainya) hanya saja cuma mendukung Bahasa Inggris
  • Voicemaker.com: mengubah tulisan menjadi suara dengan tambahan fitur-fitur menarik yang bisa membuat hasil suara sangat manusiawi
  • ResponsiveVoice.org: mengubah tulisan menjadi suara dalam Bahasa Indonesia, hasilnya lebih jelas, intonasi nada mirip manusia, dan artikulasinya pun bagus
  • Google translate: mengubah tulisan menjadi suara robot Google yang khas. Mereka menyediakan seluruh Bahasa di dunia. Sekaligus bisa menerjemahkan kata-kata dan mengucapkan cara membacanya

Tagged in: