Daftar Call Center dan Akun Resmi PT KAI
call center dan akun resmi PT KAI

Daftar Call Center dan Akun Resmi PT KAI

Kereta api adalah salah satu transportasi yang dipilih masyarakat Indonesia karena cepat dan terjangkau untuk transportasi antar provinsi atau kota. Untuk Ada yang sering menggunakan jasa transportasi kereta api, berikut ini informasi lengkap tentang profil KAI lengkap dengan daftar call centernya.

Sekilas Tentang PT KAI

PT KAI (Kereta Api Indonesia) adalah perusahaan BUMN yang berfokus pada penyediaan transportasi dalam maupun luar kota, khususnya dibidang kereta api. Pada bulan Maret 2007, terjadi revisi UU yang menyebutkan jika pemerintah daerah serta investor swasta dapat turut menjalankan jasa transportasi kereta api.

Jadi, adanya pegesahan UU Nomor 23 Tahun 2007 tersebut membuat monopoli pada PT KAI dalam mengelola kereta api di Indonesia secara menyeluruh telah berakhir.

Setelah pemberlakuan UU baru terhadap operasional PT KAI, terjadi perubahan antara Divisi Angkutan Perkotaan Jabotabek menjadi KCJ (PT KAI Commuter Jabodetabek) pada bulan Agustus 2008.

Nama KCJ berubah menjadi PT Kereta Commuter Indonesia yang mengatur trasportasi kereta api di area Jakarta dan sekitarnya pada tahun 2017 lalu. Hal ini membuat penumpang kereta api pada tahun 2015 melojak hingga 325,94 juta penumpang.

Selain itu ada pembaruan logo PT KAI yang diluncurkan bersamaan dengan acara ulang tahun ke 66 pada bulan September 2011.

Pimpinan PT KAI adalah Bapak Edi Sukmoro yang diangkat pada tanggal 29 Oktober 2011 menggantkan Bapak Ignasius Jonan. Bapak Edi Sukmoro sebelumnya merupakan Direktur Pengelolaan Aset Nonproduksi Railways.

Artikel terkait: Akun dan Situs remi BKN Indonesia

Layanan PT KAI

PT KAI Indonesia memiliki 3 layanan untuk para pengguna setianya, antara lain:

1. Angkutan Penumpang

Produk dari Angkutan penumpang yang disediakan PT. KAI adalah Kereta Api Eksekutif, Bisnis, Ekonomi, Campuran (Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi), Lokal, dan KRL. Selain itu, ada juga kereta api wisata yang disewakan untuk tujuan rekreasi seperti contohnya kereta api di Museum Ambarawa.

Semua armada ini terdiri dari Kereta Api Utama baik komersil atau non komersil, serta Kereta Api Lokal yang beroperasi di Pulau Jawa dan Sumatera.

2. Angkutan Barang

Selain angkutan untuk penumpang, PT. KAI juga memberikan layanan untuk angkutan barang. Berikut ini daftar armada Kereta Barang yang disediakan oleh PT KAI untuk angkutan barang.

  • Petikemas

Yang termasuk ke dalam jenis Petikemas diantaranya Refrigerated containers, Flatracks, Standard containers, Tank containers, dan sebagainya.

  • Benda Cair

Jenis benda cair yang diangkut oleh Kereta Barang adalah BBM, minyak goreng, bahan kimia liquid yang tidak korosif, CPO, air mineral dan lain sebagainya.

  • Barang Curah

Jenis barang curah yang diangkut oleh Kereta Barang antara lain gula pasir, batubara, beras, semen, pupuk, aspalt, dan lain-lain.

  • Barang Retail

Jenis barang yang termasuk ke dalam Barang Retail adalah paket hasil produksi pabrik, benda elektronik, barang potongan, dan barang kiriman hantaran.

  • Barang Packaging

Jenis barang yang termasuk ke dalam Barang Packaging adalah semen, beras, gula pasir, paletisasi, dan lain sebagainya.

3. Pengusahaan Aset

Ini adalah layanan PT KAI yang deperuntukan bagi perusahaan. Untuk produk dari Pengusahaan Aset adalah stasiun, non stasiun, dan iklan.

Daftar Layanan Call Center KAI

Untuk memaksimalkan pelayanan PT KAI kepada para customer setianya, PT KAI menyediakan layanan Call Center yang bisa diakses kapan saja. Berikut daftar kontak PT KAI yang dapat Anda hubungi jika ingin bertanya atau menyampaikan keluhan.

Anda juga dapat dengan mudah menghubungi CS PT KAI melalui official account sosial media mereka.

  • Twitter: @KAI121
  • Instagram : @KAI121_
  • Facebook Fanpage : KAI 121

PT KAI juga secara khusus memberikan layanan Customer Service untuk pengaduan dengan nama LAPOR!.

  • Official Website: www.lapor.go.id
  • SMS: 1708
  • Mobile Apps: LAPOR!
  • Sosial Media Twitter, Youtube, Instagram: Lapor1708
  • Facebook: Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

Demikian informasi mengenai daftar Call Center KAI serta profil perusahaan. Semoga bermanfaat.

Written by
Karinov
Join the discussion
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.