Cara Ampuh Menenangkan Anak Saat Rewel
cara menenangkan anak saat rewel
Cara menenangkan anak saat rewel

Cara Ampuh Menenangkan Anak Saat Rewel

Anak-anak memang memiliki kelemahan dalam hal mengontrol emosi mereka. Secara fitrah setiap anak memiliki perbedaan dalam hal menetralisir emosi mereka. Ada anak-anak yang mudah reda emosinya dengan cepat, tetapi ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama untuk meredakan emosinya.

Dalam menghadapi anak-anak yang sedang bergejolak emosinya, sebagai orang tua kita disarankan untuk tetap sabar dan berpikir jernih sehingga tidak terpancing untuk memarahi sang anak. Jika anda dirumah menghadapi masalah seperti ini dimana anak-anak anda sering rewel dan emosinya tidak terkendali maka disarankan untuk menggunakan delapan cara dibawah ini untuk menenangkan mereka :

1. Ajak Mereka Menghitung Hingga Angka 5

Menghitung adalah cara yang bagus untuk membantu anak-anak untuk mempelajari bagaimana cara ia bisa keluar dari emosinya. Dalam proses berhitung ini terdapat fungsi kontrol impuls yang didapat oleh anak-anak. Dimana sang anak menjadi teralihkan kemarahannya dan membuat mereka sedikit lebih tenang.

Cara sederhana ini juga memberi mereka pelajaran untuk berfikir sebelum bertindak. Hal ini dikarenakan dalam berhitung ada tahapan angka yang mereka sebutkan dari angka 0 terkecil hingga angka 5 yang lebih besar. Sebuah cara sederhana yang bisa bermanfaat untuk anak anda ketika sedang rewel.

2. Ajarkan Mereka Untuk Menarik Nafas Dalam-Dalam

Ketika anak-anak sedang rewel, maka otomatis emosinya tidak terkendali. Biasanya hal ini juga memberikan dampak pada perubahan fisik sang anak. Pada sebagian anak ada yang mengalami nafas yang agak terengah-engah ketika sedang rewel. Saat seperti inilah kita sarankan anak tersebut untuk menarik nafas dalam-dalam. Menahan nafas beberapa detik lalu mengeluarkannya perlahan-lahan.

Cara ini terbukti mampu membuat mereka menjadi relax, karena dalam proses menarik nafas dalam-dalam membuat rongga paru-paru berkontraksi dan menjadikan efek tubuh menjadi lebih nyaman dan rileks. Dengan kondisi tubuh seperti ini maka anak-anak akan berkurang kadar emosinya.

3. Ajak Mereka Meniup Udara ke Arah Tangan Anda

Cara yang ketiga berhubungan dengan proses mengambil nafas dalam-dalam. Setelah mengambil nafas minta mereka untuk meniupkan udara dari hasil proses pernafasan itu ke tangan Anda. Teknik ini memberikan rasa nyaman ke anak anda karena seolah-olah anda ikut merasakan perasaan emosi yang mereka hadapi saat itu.

Dengan cara ini kita juga memberikan rasa nyaman ke anak-anak sehingga perasaan sesak yang ada dalam diri mereka keluar bersama dengan udara yang ditiupkan ke tangan kita.

4. Letakkan Tangan Anak Anda ke Dalam Kantung Celananya

Proses ini memberikan dampak pengurangan tekanan dan pengekangan fisik anak untuk meluapkan emosinya. Tindakan ini memerlukan bantuan kita agar dapat memegang erat tangan sang anak agar ia merasa terlindungi dari luapan emosinya, serta membuat ia merasa sedikit lebih lega hatinya karena anda bersamanya saat ini.

5. Biarkan Mereka Mengekspresikan Kemarahannya Terlebih Dahulu

Hal yang penting ketika membiarkan anak-anak mengekpresikan kemarahannya terlebih dahulu. Biasanya hal ini ditandai dengan perubahan struktur wajah dari mereka. Ketika kita merasa mereka sudah selesai dengan kemarahannya maka disaat itulah kita mulai masuk untuk menenangkan hati mereka

6. Biarkan Ia Mengepalkan Tangannya Lalu Minta Untuk Mengendurkannya

Mengepalkan tangan lalu mengendurkannya merupakan salah satu cara untuk menurunkan tensi kemarahan sang anak. Dengan proses ini anak akan mengeluarkan kemarahannya lalu mengeluarkan kemarahan tersebut bersamaan dengan mengendurnya tangan mereka.

7. Letakkan Tangan Anda Ke Seluruh Tubuh Anak

Usapkanlah tangan anda mulai dari kepala hingga ke kaki dari anak anda. Aktivitas ini akan membuat ia lebih rileks. Ia akan merasa anda melindunginya walaupun ia sedang marah.

8. Berikan Pelukan Sayang

Pelukan adalah hal terbaik yang dapat dilakukan. Inilah bukti cinta anda kepadanya, dan memberikan rasa cinta kasih anda kepadanya. Kenyamanan akan muncul dengan hadirnya peluk sayang dari anda.

Semoga cara-cara ini dapat anda praktekan dalam menghadapi kerewelan anak-anak.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.