Mengetahui NIP, pangkat, dan juga kenaikan pangkat menjadi sangat penting bagi Pegawai Negeri Sipil. Hal ini sangat berpengaruh terhadap perolehan gaji yang didapat oleh PNS. Untuk mengecek NIP, pangkat, dan kenaikan Pangkat bisa dilakukan melalui laman BKN yaitu https://ip-jasn.bkn.go.id.

Langkah-langkah pengecekan NIP, pangkat, dan kenaikan PNS di laman tersebut akan dijelaskan berikut ini.

Inilah Langkah-Langkah Cara Mengecek NIP, Pangkat, dan Kenaikan Pangkat PNS di BKN

Membuka situs BKN di browser

Cara pertama mengecek NIP, Pangkat, dan Kenaikan Pangkat PNS adalah membuka situs BKN terlebih dulu. Kamu bisa membuka situs ini di aplikasi browser Laptop ataupun PC. Selain itu, situs BKN juga bisa dibuka melalui smartphone. Jadi, PNS bisa membuka situs BKN baik di smartphone, laptop, maupun PC sesuai dengan keinginan masing-masing.

Login Ip Jasn Bkn
Login Ip Jasn Bkn

Portal BKN yang berfungsi untuk mengecek NIP, Pangkat, dan Kenaikan Pangkat PNS adalah IP-JASN BKN. PNS bisa mengakses situs ini secara langsung dengan menginputnya di browser. Perhatikan penggunaan huruf besar dan kecil ketika akan membuka situs ini. Pastikan sudah sesuai dengan yang sudah diberitahukan agar bisa masuk ke situs BKN.

Jika situs BKN tidak bisa dibuka, pastikan koneksi internet di HP, laptop, atau PC apakah sudah baik atau belum. Jika belum, tunggu sampai sinyal kembali normal. Jika situs masih error, hubungi call center BKN untuk mendapatkan solusi agar bisa melakukan pengecekan.

Menginput NIP

Cara kedua mengecek NIP, Pangkat, dan Kenaikan Pangkat PNS adalah menginput NIP. Setelah situs BKN terbuka, akan ada laman yang mengharuskan pengisian NIP oleh PNS. PNS bisa menginput NIP masing-masing di laman ini agar bisa mengecek statusnya di situs BKN.

Contoh Tampilan Nip Di Portal Bkn
Contoh Tampilan Nip Di Portal Bkn

Ketika menginput NIP, PNS harus memastikan bahwa NIP sudah benar. Jika salah, maka status NIP, pangkat, dan kenaikan pangkat tidak bisa dicek dengan tepat. Selain itu, pastikan tidak ada spasi di NIP yang dimasukkan sehingga proses pengecekan NIP bisa berjalan dengan lancar.

Menginput Kode Verifikasi

Setelah menginput NIP, langkah selanjutnya adalah menginput kode verifikasi atau captcha. Kode ini berupa kombinasi angka dan huruf yang harus diinput ulang untuk verifikasi penggunanya. Jadi, pastikan bahwa kode captcha yang diinput harus sama dengan perintah. Jika berbeda, maka situs BKN tidak akan memproses pengecekan NIP, Pangkat, dan Kenaikan Pangkat PNS.

Jika kode captcha tidak ditampilkan saat menggunakan browser di smartphone, maka gunakan aplikasi browser yang lain. Jika masih tidak ditampilkan, maka gunakan browser di laptop atau PC. Pastikan browser di laptop atau PC sudah memiliki flash player yang terupdate. Flash player yang terupdate akan membuat kode captcha di laman BKN bisa muncul.

Mengecek Identitas di situs BKN

Setelah menginput kode verfikasi, langkah selanjutnya adalah mengecek identitas yang sudah ditampilkan di situs BKN. Situs BKN akan menampilkan berbagai identitas dari PNS dari NIP, pangkat, hingga kenaikan pangkat. Pastikan identitas yang sudah ditampilkan situs BKN sudah sesuai dan cocok. Hal ini sangat penting karena mempengaruhi pemerolehan gaji untuk ke depannya.

Melakukan Pembaruan jika Terjadi Kesalahan

Jika setelah mengecek identitas terjadi kesalahan, maka lakukan pembaruan data yang masih belum tepat. Hal ini penting agar pemerolehan gaji sesuai dengan pangkat dan juga kinerja yang sudah ditunjukkan selama ini. Setelah melakukan pembaruan, pastikan lagi bahwa data yang diinput sudah tepat tanpa ada kesalahan lagi.

Data Identitas Pns Di Jasn
Data Identitas Pns Di Jasn

Jika setelah melakukan pembaruan situs tiba-tiba error, refresh lagi laman tersebut. Ketika laman sudah direfresh tetapi identitas masih belum diperbarui, maka perbarui kembali. Untuk mencegah terjadinya error seperti ini, pastikan koneksi internet berjalan dengan lancar.

Itulah langkah-langkah pengecekan NIP, pangkat, dan kenaikan pangkat PNS di BKN yang sangat penting untuk diketahui. PNS harus memastikan NIP yang tercantum di laman BKN harus sudah benar. Jika salah, maka perolehan gaji tidak akan sesuai kinerja yang sudah diusahakan. Selain itu, pengecekan pangkat dan kenaikannya juga penting agar tunjangan yang diterima sesuai dengan haknya.

Panduan ini ditulis oleh: Blogger ITB

BKN