Cara Cek Nomor UKG yang Mudah Terbaru 2019
Cara Cek Nomor UKG yang Mudah Terbaru 2019
Cek Nomor UKG

Cara Cek Nomor UKG yang Mudah Terbaru 2019

Sebelum kami akan membahas lebih jauh mengenai cara cek nomor UKG, sebaiknya ketahui terlebih dulu mengenai pencanangan guru sebagai profesi pada tahun 2004 silam oleh Presiden Republik Indonesia. Guru pada dasarnya memiliki posisi yang cukup strategis sekali untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Penting sekali untuk Anda ketahui bahwa pada Undang Undang Republik Indonesia No 14 tahun 2005 menyatakan bahwa, guru dan dosen secara eksplisit telah mengamanatkan adanya pembinaan juga pengembangan profesi guru secara berkelanjutan, sebagai aktualisasi sebuah profesi pendidik.

Ada kaitannya dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi menggambarkan mengenai kondisi objektif guru. Ini tentu saja menjadi informasi yang penting sekali bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan terkait dengan materi juga strategi pembinaan yang dibutuhkan para guru pendidik. Asal Anda tahu saja bahwa peta guru tersebut bisa didapatkan lewat UKG (Uji Kompetensi Guru). Dimana yang menjadi sasaran dari program strategi pencapaian target RPJMN ini sendiri adalah meningkatnya kompetensi guru dan tenaga kependidikan. Oleh sebab itu, untuk bisa mengukur mencapaian RPJM maka dilaksanakannya UKG di tahun 2015 bagi seluruh guru di Indonesia.

Cara Cek Nomor UKG yang Mudah Terbaru 2019

Sebelumnya penting juga untuk diketahui bahwa hasil UKG di tahun 2015 diintegrasikan dengan program penilaian kinerja guru dan pengembangan keprofesian yang berkelanjutan. UKG ini nanti juga akan menjadi agenda rutinan bagi para guru pendidik. Tujuannya agar bisa tahu level kompetensi guru sebagai salah satu bahan pertimbangan dari kegiatan peningkatan profesi guru. Dengan begitu diharapkan agar guru nanti tidak resisten terhadap UKG dan akan menjadi terbiasa selalu ingin tahu level kompetensi lewat UKG dan selalu ingin kompetensinya untuk diukur secara berkala.

Hasil UKG ini tidak hanya digunakan sebagai dasaran dalam pengembangan keprofesian yang berkelanjutan, akan tetapi juga digunakan pula sebagai informasi awal untuk menganalisis lembaga pendidikan guru. Ada kaitannya dengan hal tersebut pastinya Anda harus mengetahui cara cek nomor UKG yang benar dan mudah. Untuk langkah – langkahnya, mari simak informasinya di bawah ini.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi link berikut, https://app.simpkb.id/akun/ptk.
  • Jika sudah, masukkan saja Nama Guru dengan benar.
  • Pilihlah Provinsi dan Kabupaten atau Kota.
  • Klik pada opsi Cari GTK.
  • Selesai.

Nah, itulah cara cek nomor UKG yang mudah terbaru 2019. Semoga informasi yang kami bagikan tersebut bisa bermanfaat.

Written by
Editorial Staff
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.