Mengenal Cara Kerja Sebuah Digital Agensi Kreatif
cara kerja digital agensi kreatif
Cara kerja agensi digital

Mengenal Cara Kerja Sebuah Digital Agensi Kreatif

Berapa banyak iklan yang kita temui setiap hari? ribuan? Tentunya, perlu ada suatu cara supaya suatu brand dapat menarik perhatian calon konsumen. Disinilah Digital Agensi Kreatif hadir untuk membantu Anda mencuri perhatian calon konsumen di dunia digital.

Dengan cara yang kreatif dan sesuai dengan minat pangsa pasar, akan menjadi nilai lebih di mata calon konsumen Anda. Ada beragam alasan mengapa Anda perlu menggunakan jasa Agensi Digital, salah satunya karena mereka memiliki sumber daya kreatif dan ide segar untuk menyampaikan informasi produk Anda ke calon konsumen. Di sisi lain, mengsubkontrakan pekerjaan kreatif ini ke ahlinya, dapat membuat Anda lebih fokus lagi ke tujuan utama perusahaan Anda.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak cara kerja sebuah agensi (digital ataupun kreatif) di bawah ini:

Meeting dengan Klien

Langkah yang paling utama ialah melakukan meeting dengan klien, baik secara online maupun offline. Hal ini dalam rangka mempelajari bisnis klien lebih detail, serta memahami tujuan klien dan konten visual seperti apa yang diharapkan, sehingga tujuan dari projek ini dapat dijabarkan untuk kemudian dieksekusi. Dengan meeting, komunikasi akan terjalin lebih baik, dan menghindari terjadinya kesalahpahaman.

Melakukan Riset

Langkah berikutnya yaitu Agensi Digital akan melakukan riset mendalam baik melalui buku maupun internet, melakukan survey maupun mewawancarai profesional serta cara riset lainnya dengan tujuan untuk memahami industri yang digeluti klien secara lebih baik.

Bahkan, informasi terkait kompetitor juga akan masuk dalam komponen riset ini, sehingga Agensi Kreatif akan memberikan hasil karya terbaik, serta desain solusi terbaik yang bisa dilaksanakan untuk mencapai tujuan projek.

Mensketsa Ide


Mensketsa Ide merupakan salah satu proses kreatif yang dapat memacu ide-ide segar bermunculan, bahkan ide yang tampak tidak mungkin sekalipun.

Berdasar hasil meeting serta riset yang telah dilakukan, konsep-konsep serta aneka ide pun dituangkan dalam suatu sketsa untuk kemudian dipertimbangkan kembali dan dipilih ide yang paling sesuai dengan bisnis Klien.

Menciptakan Aneka Konsep

Dari ide yang telah dipilih, dapat dibagi lagi ke dalam beragam konsep. Digital Agensi Kreatif akan menciptakan variasi konsep sesuai ide besar yang mana setiap konsep tersebut disesuaikan dengan beraneka platform media sosial yang akan digunakan, dan menjaga konsistensi dalam pengkonsepan dan pengunggahannya kelak di media sosial. Konsep yang dirancang ini masih berada dalam satu Ide besar yang dipilih sebelumnya.

Mempresentasikan Konsep untuk Feedback

Sebelum finalisasi, Agensi Digital akan mempresentasikan konsep yang telah dirancang kepada klien, termasuk alasan rasional bahwa konsep tersebut akan sukses, apalagi jika telah didasarkan pada riset mendalam yang dilakukan sebelumnya.

Klien dapat memberikan feedback yang sejalan dengan tujuan perusahaan mereka, dan jika ada revisi, Agensi Kreatif akan melakukan perubahan yang diperlukan.

Mengirimkan Hasil Akhir

Ini adalah langkah terakhir, ketika keseluruhan konsep telah disetujui, dan hasil akhir telah final dan disepakati oleh klien, maka Agensi
Digital akan mengirimkan hasil akhir kepada klien dalam berbagai format yang telah disepakati sebelumnya.

Format yang beragam ini diperlukan untuk menyesuaikan media yang akan digunakan untuk tempat klien meluncurkan promosi digital produk mereka. Sebagai contoh format mp4, mp3, atau JPEG, PNG, dan lain sebagainya, untuk diunggah di platform yang tepat.

Pilih Agensi Digital atau Agensi Kreatif dengan tingkat reputasi yang baik untuk kesuksesan hasil promosi Anda.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.