[DOC] Format Daftar Pustaka dalam Laporan Ilmiah
Daftar pustaka karya ilmiah
Daftar pustaka karya ilmiah

[DOC] Format Daftar Pustaka dalam Laporan Ilmiah

Cara membuat daftar pustaka dalam format paper ilmiah bisa anda lakukan dengan beberapa aturan. Ketika menulis sebuah karya ilmiah perlu dilampiri adanya referensi pendukung. Tuntutan memberikan informasi dan sumber yang benar membuat daftar pustaka wajib adanya. Daftar pustaka itu sendiri merupakan daftar yang berisi tentang acuan dalam penelitian.

Kutipan yang ada dalam karya ilmiah tidak bisa ditulis secara sembarangan. Penulisan daftar pustaka harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Sebab, penulisan daftar pustaka menjadi bentuk penghargaan bagi pemilik buku yang digunakan sebagai bahan referensi. Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara penulisan daftar pustaka jangan khawatir. Ada beberapa cara membuat daftar pustaka dalam format paper ilmiah.

Artikel ini disponsori oleh Laporan Praktikum

Cara Membuat Daftar Pustaka Format Paper Ilmiah

Bagi anda yang masih bingung dengan bagaimana cara penulisan daftar pustaka, sebaiknya pahami dengan benar. Daftar pustaka perlu dilampirkan karena menjadi hal yang vital dalam penyusunan karya ilmiah. Hal ini banyak dicari oleh para pelajar, terutama mahasiswa. Adanya daftar pustaka karya ilmiah yang dibuat akan membantu pembaca dalam mencari topik.

Tujuan adanya daftar pustaka juga bisa digunakan sebagai apresiasi dari penulis kepada orang lain. Daftar pustaka juga dapat dijadikan masukan dalam penyusunan suatu kalimat karya tulis. Itulah pentingnya adanya daftar pustaka pada karya ilmiah. Selain itu, adanya daftar pustaka dapat membuat penyusun tidak menulis karyanya secara asal-asalan.

Sehingga hasil karya tersebut bisa dipertanggungjawabkan dengan adanya referensi yang benar. Hal ini juga dapat mengatasi adanya tuduhan plagiasi intelektual. Oleh sebab itu, gunakan penulisan daftar pustaka pada karya ilmiah dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan banyak alasan mengapa daftar pustaka perlu dilampirkan pada karya ilmiah.

Tata Cara Membuat Daftar Pustaka yang Baik dan Benar

Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan dalam penulisan daftar pustaka. Bagi anda yang membuat karya ilmiah, sebaiknya perhatikan tata cara serta urutannya yang benar. Berikut ini ada urutan yang perlu diperhatikan saat penulisan daftar pustaka sebuah karya ilmiah.

Nama

Daftar pustaka yang perlu dicantumkan pertama adalah nama. Nama ditulis paling awal. Tulis nama belakang terlebih dahulu dilanjutkan tanda koma, baru nama depan dan nama tengah. Apabila referensi buku lebih dari satu nama maka nama kedua dan seterusnya urutan penulisan sesuai nama asli.

Tahun Terbit

Penulisan kedua setelah nama dilanjutkan pencantuman tahun terbit. Tahun penerbitan buku referensi untuk karya ilmiah perlu dicantumkan. Usahakan jangan terkecoh pada tahun percetakan awal karena bisa saja buku referensi anda merupakan cetakan kedua, ketiga, atau terakhir.

Judul Buku

Selanjutnya tuliskan judul buku referensi secara lengkap. Penulisan judul dibuat dengan tulisan italic atau miring.

Kota dan Nama Penerbit

Bagian terakhir yang perlu dicantumkan dalam daftar pustaka ilmiah adalah kota dan nama penerbit. Penulisan pertama di bagian ini adalah nama kota. Selanjutnya nama penerbit yang dibatasi dengan tanda titik dua. Dalam penulisan hal yang perlu diperhatikan adalah tanda batas dari setiap urutan. Gunakan tanda titik untuk pembatas nama, tahun terbit, judul buku dan kota serta nama penerbit.

Penulisan daftar pustaka memang tidak bisa sembarangan. Gunakan cara membuat daftar pustaka dalam format paper ilmiah yang tepat. Hal ini untuk mempermudah bagi pembaca dalam memahami tulisan tersebut. Daftar pustaka adalah hal yang wajib dicantumkan dalam sebuah karya ilmiah.

Contoh Daftar Pustaka dalam Laporan Penelitian

Berikut contoh penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan kaidah ilmiah. Walau dalam penerapannya, ada beberapa perbedaan standar antar instansi, namun format berikut ini adalah yang paling lazim digunakan di tingkat perguruan tinggi negeri di Indonesia.

contoh penulisan daftar pustaka
Contoh penulisan daftar pustaka

Untuk mendownload contoh di atas dalam format Word (editable), kamu dapat langsung mengunduhnya via tautan di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Written by
Karinov
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.