Cara Membuat Miso Padang Asli
soto padang khas sumatera barat
soto padang khas sumatera barat

Cara Membuat Miso Padang Asli

Resep-resep masakan Padang memang dapat dikatakan sebagai legenda kuliner Indonesia. Salah satu makanan khas yang terkenal dari padang adalah soto padang. Resep soto khas Sumatra Barat ini sangat digemari oleh masyarakat karena bumbu soto yang digunakan sedikit berbeda dengan resep soto dari daerah yang lain. Masakan soto merupakan salah satu jenis masakan berkuah yang paling banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat di negara kita.

Untuk menyajikan sebuah soto yang enak, tentunya akan membutuhkan berbagai macam jenis bahan dasar seperti daging sapi, daging ayam, jeroan, kikil sapi, ataupun ceker yang mengandung banyak kalsium yang sangat penting bagi tubuh. Bagi anda yang tertarik untuk membuat soto padang khas Sumatra Barat ini, anda wajib mengetahui cara membuat miso padang asli agar nantinya anda akan mudah untuk menyajikannya sendiri.

Cara Membuat Miso Padang Asli

Sama seperti resep soto madura, empal gentong dari Cirebon, soto surabaya, ataupun soto dari daerah yang lainnya resep soto daging padang ini juga menggunakan berbagai macam jenis bumbu rempah khas. Perpaduan berbagai macam bumbu soto yang spesial ini dipadu dengan kuantitas yang sangat pas sehingga menghasilkan cita rasa masakan berkuah yang nikmat, enak, dan juga lezat sehingga cocok untuk dimakan bersama keluarga ataupun sahabat.

Sebenarnya bahan dan juga bumbu yang digunakan mirip dengan resep masakan dari daerah lain. Yang membuat resep soto asli padang ini mempunyai cita rasa yang jauh lebih khas karena penggunaan buah pekak atau bunga lawang yang juga membuat aromanya menjadi lebih unik dan juga berbeda dengan daerah yang lain. Tak hanya itu, jenis daging yang digunakan pada soto ini adalah digoreng bukan direbus layaknya soto pada umumnya. Agar lebih jelas, mari kita simak cara membuat miso padang asli berikut.

Bahan Pembuatan

Bahan utama yang digunakan untuk membuat miso ini adalah daging sapi segar. Atau dapat menggunakan daging khas dalam saja. Bawang putih berukuran sedang untuk menambahkan aroma daging juga sangat dibutuhkan sebanyak 4 siung. Buah pekak atau menggunakan bunga lawang 2 pcs, yang digunakan untuk merebus dan juga bumbu.

Tak lupa penggunaan berbagai macam jenis rempah-rempah seperti lengkuas, serai, kapulaga, daun jeruk, dan juga daun salam. Air bersih dan minyak goreng juga dibutuhkan untuk merebus dan juga menumis dari daging dan bumbu. Anda juga dapat menambahkan perkedel kentang jika suka.

Langkah Pembuatan

Setelah semua bahan telah tersedia, cara membuat miso Padang asli spesial yang pertama adalah dengan memasukkan daging, dan juga buah pekak ataupun bunga lawang. Setelah agak dingin, potong daging sesuai selera. Masukan semua bumbu yang telah dihancurkan dan tambahkan garam secukupnya, masukkan daging, kemudian diamkan agar meresap. Sambil menunggu daging haluskan semua rempah hingga benar-benar halus. Siapkan penggorengan, lalu tumis bumbu yang telah dihaluskan.

Tambahkan lengkuas, daun salam,serai, daun jeruk, dan juga pekak, kemudian aduk hingga semua rata. Rebus kembali air sisa rebusan dari daging tadi bersama dengan semua bumbu aduk agar tercampur rata. Setelah miso matang, anda tinggal menyiapkan mangkok lalu susun daging, soun, sedikit kecap. Kemudian tambahkan perkedel dan taburi dengan kuah soto. Beri sedikit irisan seledri, taburan bawang goreng dan juga krupuk agar miso terasa lebih nikmat. Lalu miso siap disantap bersama keluarga ataupun sahabat anda.

Written by
Karinov
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.