Cara Cepat Membuat Paspor Online [2019]
Cara Mudah Membuat Paspor Online

Cara Cepat Membuat Paspor Online [2019]

Ketika bepergian ke luar negeri, salah satu dokumen yang wajib dibawa adalah paspor. Dengan adanya paspor, Anda memiliki sebuah dokumen atau tanda pengenal yang dapat digunakan di luar negeri.

Paspor sendiri di dalamnya berisi berbagai jenis informasi mengenai negara asal pemeganga paspor secara sah, nama lengkap, foto diri, signature atau tanda tangan, tempat serta tanggal lahir, serta jenis informasi lainnya yang dibutuhkan ketika berada di luar negeri.

Jika Anda tidak memiliki paspor, maka tidak diperbolehkan untuk masuk atau melintas di negeri orang.

Misalnya saat di imigrasi bandara dan Anda tidak membawa paspor, maka tidak diijinkan untuk keluar dari bandara. Oleh sebab itu akses ke luar negeri dengan naik pesawat tidak akan mengijinkan Anda untuk naik.

Kabar baiknya, sekarang ini pembuatan paspor bisa dilakukan dengan mudah, yakni via online. Yuk berkenalan lebih jauh mengenai paspor daring ini.

Keuntungan Pengajuan Pembuatan Paspor Secara Online

Jika Anda tidak memiliki paspor padahal berencana ingin ke luar negeri, maka bisa melakukan pengajuan pembuatan di kantor imigrasi terdekat.

Namun seiring perkembangan zaman, pembuatan paspor bisa dilakukan secara online tanpa harus datang ke kantor imigrasi. Hal ini membuat proses pengajuan lebih cepat, praktis, dan tanpa antri. Estimasi waktu yang dibutuhkan pun tidak sampai lebih dari  lima menit saja.

Keunggulan ini tentu lebih baik jika harus melakukan pengajuan paspor secara manual dengan mengunjungi kantor imigrasi.

Anda diharuskan untuk mengambil nomor antrian (biasanya cukup panjang dan harus datang sedari pagi sekitar pukul enam.

Selain itu pengajuan paspor ini ada batas pemohon dalam satu hari. Misalnya di salah satu kota di Jawa Barat, dalam satu hari hanya menerima maksimal hingga 200 pemohon saja.

Dengan adanya pengajuan pembuatan paspor secara online, Anda hanya perlu datang untuk keperluan verifikasi data, wawancara, melakukan foto, dan pengambilan fisik sidik jari. Anda tidak perlu ikut khawatir ikut mengantri seperti dua ratus pemohon sebelumnya.

Syarat Saat Pembuatan Paspor Secara Online

Cara Mudah Membuat Paspor Online
Ilustrasi paspor online

Setelah mengetahui keuntungan membuat passport secara online, sekarang Anda perlu mengetahui perhatikan. Berikut ini adalah syarat-syarat mengajukan paspor online:

Umum

  1. KTP atau kartu tanda penduduk yang masa berlakunya belum habis
  2. Membawa Kartu keluarga atau KK
  3. Akta kelahiran atau bisa menggunakan surat baptis
  4. Membawa dokumen nikah dalam bentuk buku atau akta perkawinan
  5. Dokumen pendidikan (Ijazah)
  6. Paspor lama bisa dibawa jika Anda mengajukan perpanjangan paspor

Bagi anak WNI

  1. Membawa kartu identitas kedua orang tua yakni KTP yang masih memiliki masa berlaku aktif
  2. Kartu keluarga dari keluarga asal
  3. Membawa akta kelahiran atau bisa dengan menggunakan surat baptis
  4. Buku nikah atau milik orang tua.
  5. Paspor biasa yang lama ketika ingin melakukan pengajuan perpanjangan paspor

Persiapkanlah seluruh dokumen tersebut ketika ingin melakukan pengajuan paspor secara online. Data-data tersebut akan dilakukan saat akan melakukan pendaftaran secara online. Jangan sampai Anda tidak bisa mengajukan paspor karena data tidak asli atau tersedia.

Cara Pengajuan paspor secara online

Pembuatan online bisa dilakukan dengan dua cara, yakni melalui aplikasi dan website Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pengajuan pembuatan paspor secara online antara lain:

1.Download aplikasi Antrian Paspor

Langkah pertama yang periu dilakukan adalah mengunduh aplikasi yang bernama Antrian Paspor. Aplikasi tersebut tersedia baik di Playstore maupun Appstore.

Pastikan juga smartphone Anda memiilki memori yang cukup ketika akan memasang aplikasi tersebut.

2. Melakukan registrasi

Setelah aplikasi terpasang, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah registrasi. Klik bagian “MASUK” pada aplikasi terlebih dahulu.

Selanjutnya Anda akan memasuki ke form biodata. Isilah kolom tersebut secara lengkap dan menggunakan data yang asli. Usai mengisi data secara lengkap, kini Anda bisa melakukan log in dan memilih jadwal pengajuan paspor.

3. Mendaftarkan jadwal pembuatan paspor

Selanjutnya Anda sudah bisa melakukan pemilihan jadwal pembuatan paspor. Namun Anda harus tahu bahwa setiap kantor imigrasi memiliki kuota yang terbatas setiap harinya.

Jadi pastikan Anda memilih lokasi layanan lainnya jika lokasi yang sebelumnya sudah penuh. Layanan ini bisa dilakukan setelah log in dilakukan.

Jika kuota masih tersedia, Anda bisa langsung memilih waktu pembuatan paspor. Pastikan untuk datang tepat waktu, sebaiknya tiga puluh menit lebih cepat.

Hal ini perlu dilakukan karena Anda diharuskan menyerahkan berkas persyaratan paspor yang sebelumnya sudah dipersiapkan.

Berkas tersebut harus dicek dan diverifikasi sebelum memasuki tahapan selanjutnya. Setelah itu baru Anda bisa melakukan proses interview dan pengambilan foto.

4.Melihat jadwal antrian

Setelah melakukan interview dan pengambilan foto, kini Anda sudah bisa melihat jadwal antrian di laman user.

Caranya adalah dengan klik tombol “Lihat Jadwal” agar bisa mengecek lokasi pelayanan paspor serta kapan waktu untuk datang ke sana. Setelah jadwal tersebut muncul, Anda juga akan mendapatkan QR code yang harus ditunjukkan kepada petugas nantinya.

5. Mengunjungi kantor imigrasi

Agar pelayanan bisa menjangkau banyak masyarakat, kantor imigrasi sudah membuka banyak titik. Jika salah satu kantor sudah penuh, Anda bisa beralih ke kantor lainnya.

Pada tanggal yang telah Anda jadwalkan sebelumnya, pastikan mengunjungi kantor imigrasi yang sebelumnya telah dipilih lewat aplikasi.

Jam buka kantor imigrasi adalah 07.00 hingga 16.00, waktu istirahat pegawai imigrasi adalah 12.00. jadi pastikan Anda untuk hadir pada jam kerja, tidak pada waktu istirahat.

Kecuali pada hari Jumat jam istirahat dimulai pada pukul 11.30 hingga 13.00. Sekali lagi harap diingat bahwa Anda harus membawa dokumen secara lengkap disertai dengan bukti telah melakukan pembayaran sebelum mendatangi kantor imigrasi.

Anda juga harus datang dengan pakaian rapi, missal dengan menggunakan kemeja. Tapi sebaiknya tidak menggunakan kemeja putih.

6. Pengambilan foto diri, wawancara, sidik jari, dan verifikasi dokumen

Setibanya di kantor imigrasi, Anda akan mengantri untuk masuk ke tahap wawancara.

Di sesi ini Anda akan ditanyakan maksud dan tujuan dalam pembuatan paspor. Kemudian, foto Anda akan diambil sembari petugas melakukan verifikasi dokumen dan pengambilan dokumen biometrik dengan sidik jari.

Saat sesi pengambilan foto serta wawancara telah usai, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran, nomor rekening, serta kode untuk membayar pembuatan paspor.

Simpanlah bukti pembayaran tersebut karena akan dibutuhkan ketika mengambil paspor yang telah selesai dibuat. Jangan sampai bukti tersebut hilang, karena akan sulit untuk melakukan pengajuan ulang.

Anda akan membutuhkan waktu lagi jika mengurusnya melalui bank.

7. Melakukan pembayaran

Pembayaran paspor bisa dilakukan melalui bank BNI dengan membawa bukti pengajuan paspor tadi.

Namun Anda boleh saja melakukan pembayaran melalui ATM BNI dengan masuk ke menu “Pembayaran”. Setelah itu masukkan nomor permohonan atau kode untuk pembayaran.

Untuk pembuatan paspor biasa baru dengan jumlah halaman 48 biayanya adalah Rp355.000. kemudian ditambah biaya adminitrasi sebesar Rp5.000 totalnya menjadi Rp360.000.

8. Pengambilan paspor

Setelah mendapatkan bukti pembaran, Anda sudah bisa melakukan pengambilan paspor. Dalam waktu tiga hingga empat hari setelah proses pembuatan, Anda bisa mendatangi kantor imigrasi.

Sebaiknya Anda tidak melakukan penundaan ketika mengambil paspor. Karena para petugas sudah menyiapkan paspor yang harus diambil sesuai dengan hari yang ditentukan.

Written by
Karinov
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.