Cara SEO Terbaru [Update 2019]
cara seo terbaru 2019
Cara seo terbaru di 2019

Cara SEO Terbaru [Update 2019]

Jika kamu seorang pebisnis online, tentunya Anda sudah tidak asing lagi mendengar kata SEO atau Search Engine Optimization. SEO yang dalam kamus Google secara resmi diterjemahkan sebagai Pengoptimalan Mesin Telusur sejatinya selalu memunculkan pertanyaan mendasar: Bagaimana cara tampil di halaman pertama mesin pencari Google?

Tanpa berpanjang lebar, berikut cara pengoptimalan SEO website Anda sesuai dengan update algoritma Google di tahun 2019.

1. Maksimalkan Fitur SERP

Atribut pada SERP seperti Local Packs, Knowledge Panels serta Featured Snippets mampu menarik perhatian pengguna dalam hasil pencarian. Hal ini sangatlah penting untuk track rangking Anda melalui fitur yang akan menghasilkan lebih banyak klik daripada pencarian secara organik.

Local Pack muncul jika kamu mencari kata kunci yang ditujukan ke lokasi yang sangat khusus. Contoh : ‘tempat makan pizza di margonda’, atau ‘pizza di dekat saya’.

Ketika pengguna mencari informasi tertentu pada kolom pencarian, Google seringkali akan menampilkan jawaban ringkas dalam bentuk text box. Fitur inilah yang disebut dengan Featured Snippet (sebagai contoh: bauran pemasaran).

Sayangnya tidak mudah untuk mendapatkan fitur SERP ini, konten yang kamu sajikan haruslah dapat menjawab search intent yang diinginkan oleh user.

2. Mobile Optimization

Pencarian melalui smartphone atau secara mobile lebih tinggi daripada pencarian kata kunci menggunakan desktop, sehingga mobile optimization menjadi fitur utama. Google hadir dengan fitur Mobile First Index sebagai tren SEO utama dimana konten mobile akan menjadi prioritas utama.

Hadirkan selalu konten yang mobile friendly sehingga mudah diakses dan menjadi pilihan yang nyaman dimanfaatkan oleh pengguna.

Baca juga: Belajar SEO WordPress [Complete Guide]

3. Peningkatan Voice Search

Voice Search atau menggunakan suara untuk melakukan pencarian kata kunci di Google kini lebih dipilih oleh pengguna online.

Cara ini memudahkan pengguna untuk pencarian tanpa harus melakukan pengetikkan di keyboard smartphone mereka. Hanya ketuk tombol ‘microphone’ dan sebutkan kata kunci yang dicari, maka google akan menampilkan hasil pencariannya.

Data google menyebutkan bahwa 55% remaja dan 40% orang dewasa menggunakan voice search ini setiap hari.

4. Backlink Berkualitas

Backlink merupakan salah satu ranking utama dalam alogaritma pencarian Google. Bukan tentang kuantitas atau banyaknya backlink, melainkan kualitas dari link yang terkait. Tautan yang diperoleh secara Alami serta link-link dari blog maupun website berotoritas tinggi lebih dipertimbangkan sebagai link berkualitas yang memberikan nilai pada ranking suatu website.

Sebagai contoh, backlink yang diperoleh sebagai referensi atau rujukan dari web Wikipedia.

5. Konten Berkualitas

Konten yang bagus dan baik menurut Anda, belum tentu baik bagi mesin pencari. Ada beragam metode yang bisa menilai kualitsas konten seperti Latent Semantic Indexing dan Rank Brain.

Konten yang mampu menjawab pertanyaan, serta penyelesaian masalah yang dihadapi oleh pengunjung akan lebih berharga bagi mesin pencari.

6. Website yang Mudah Digunakan (User Friendly)

Kembangkanlah website yang user friendly karena hal ini dapat memacu engagement dari pengguna, serta meningkatkan ranking dalam mesin pencari.

Hal yang perlu diperhatikan yaitu kecepatan loading-nya, desain yang nyaman dan mudah digunakan, kaya dengan konten serta mampu menyelesaikan isu – isu teknis. Perhatikan data di bawah ini:

  • 88% pengguna online cenderung tidak kembali ke sebuah website dengan pengalaman yang buruk.
  • 39% pengguna akan berhenti mengunjungi suatu website apabila foto-foto di dalamnya membutuhkan waktu lama untuk loading.
  • 38% pengguna akan berhenti mengunjungi suatu website apabila konten serta layout-nya tidak menarik.
  • Peningkatan KPI UX hingga 83%
  • 75% pengguna mendasarkan kredibilitas perusahaan Anda pada desain website.
kenyamanan user web untuk SEO
Website yang nyaman digunakan lebih SEO-friendly

7. Visualisasi Tren Utama

Visual lebih mudah dipahami daripada teks. Menggabungkan strategi berupa video merupakan tren SEO utama di 2018. Video streaming secara live di Facebook, YouTube, Instagram serta video yang menggambarkan brand Anda akan menghasilkan share dan like serta meningkatkan ranking.

  • Pada tahun 2019, trafik pengguna global video melalui internet akan menduduki 80% dari seluruh trafik pengguna internet.
  • Facebook menghasilkan 8 milyar penonton video rata-rata per hari.
  • YouTube melaporkan konsumsi mobile video meningkat 100% setiap tahun.
  • 55% manusia menonton video online setiap harinya.
  • 90% pengguna mengatakan bahwa video produk sangat membantu dalam proses pengambilan keputusan.
  • Termasuk video dalam Landing Page mampu meningkatkan tingkat konversi sebesar 80%.

Demikian 7 Cara SEO Terbaru di 2019, semoga bermanfaat!

Written by
Sheila Putri
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.