Cara Translate Aksara Jawa dari Huruf Latin atau Sebaliknya Secara Online

C

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk akses aksara Jawa sekarang bisa dengan berbagai cara. Jika dulu belajar aksara Jawa harus dari guru atau buku, sekarang dengan mengandalkan ponsel saja sudah bisa. 

Jika digunakan dengan baik, maka manfaat dari aksara Jawa akan sangat besar sekali. Ada dua cara yang bisa digunakan untuk akses aksara Jawa secara online yaitu lewat aplikasi di ponsel dan juga lewat situs. 

Kedua cara ini sama-sama mudah dan praktis tinggal orang-orang lebih nyaman akses dengan cara yang mana. Berikut ini cara akses aksara Jawa dengan aplikasi dan lewat situs di browser:

#1 Akses Aksara Jawa dari Hp Tanpa Aplikasi

Cara kedua dan tidak kalah mudah adalah akses aksara Jawa lewat situs di browser. Cara ini tidak memerlukan instalasi aplikasi jadi sangat ramah untuk ponsel yang penyimpanan sudah penuh dan tidak mungkin instal aplikasi. 

Sudah banyak situs yang bisa dipilih tinggal ketikan saja menulis aksara Jawa, maka akan muncul banyak situs. Namun, kali ini akan ditunjukkan cara akses dan menulis aksara Jawa lewat situs yang bernama Sebuahutas.com.

Situs ini memberikan akses untuk translate aksara Jawa ke latin dan sebaliknya. Jadi sangat menguntungkan untuk mengartikan dan membuat aksara Jawa. Klik link Generator Translate Aksara Jawa ini untuk langsung menuju ke situsnya.

Cara Pakai Translate Aksara Jawa Dari Huruf Latin
Cara Pakai Translate Aksara Jawa Dari Huruf Latin
  • Pertama buka dulu browser di ponsel dan disarankan adalah Chrome. Buka situs Sebuahutas.com atau lebih mudah bisa dengan klik link yang sudah tersedia di atas.
  • Jika sudah masuk, maka akan ada tampilan kolom untuk menuliskan kata-kata yang akan diterjemahkan. Sebelum menulis, tentukan dulu ingin menulis dari bahasa latin ke aksara Jawa atau aksara Jawa ke latin. 
  • Setelah memilih, baru tuliskan kata-kata yang diinginkan dalam kolom kotak yang tersedia. Jika sudah, tunggu beberapa saat hingga proses translate selesai dan jika sudah maka hasil akan muncul. Klik tombol Copy di pojok kanan atas kolom dan kamusudah berhasil menyalin aksara Jawa hasil translate ke clipboard hp atau PC yang kamu gunakan.

#2 Akses Aksara Jawa Lewat Aplikasi

Akses Aksara Jawa Lewat Aplikasi
Akses Aksara Jawa Lewat Aplikasi

Aplikasi aksara Jawa di ponsel sudah banyak, jadi orang-orang bisa memilih aplikasi mana yang akan digunakan. Hanya bermodal ponsel saja, sekarang sudah bisa akses aksara Jawa secara penuh. 

Manfaatkan ponsel untuk belajar bukan hanya untuk hiburan seperti bermain game dan menonton video. Memang belum banyak orang yang tahu aplikasi aksara Jawa di ponsel. Jadi kali ini akan diterangkan cara menggunakan aplikasi aksara Jawa di ponsel yaitu Nulis Aksara Jawa. 

Caranya sangat mudah bisa sangat membantu untuk translate berbagai bahasa ke aksara Jawa.

  • Langkah pertama dan yang paling utama adalah dengan download aplikasi aksara Jawa online ini di Play Store atau App Store dengan menuliskan keyword Nulis Aksara Jawa. Maka nanti akan muncul aplikasinya. 
  • Tinggal download dan tunggu hingga aplikasi berhasil terinstal. Jika sudah terpasang, maka langsung saja buka aplikasinya. 
  • Tampilan dari aplikasinya sangat sederhana, jadi pengguna bisa langsung menuliskan kata-kata yang diinginkan nanti akan muncul hasil versi aksara Jawanya. Teks yang dimasukkan terdiri dari banyak kata maupun sedikit, tetap bisa ditranslate.
  • Nanti juga ada fitur belajar aksara Jawa dengan mengenal berbagai huruf dan pasangan dalam aksara Jawa. Intinya, aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan dan bagi yang masih awam akan langsung bisa menggunakannya.

Sangat mudah untuk akses huruf Jawa online di situs ini. Selain itu, pengguna juga bisa belajar aksara Jawa dari mulai huruf, angka, hingga pasangan yang dipasang di aksara Jawa. Baik akses aksara Jawa lewat aplikasi atau browser sebenarnya sama mudah dan cepatnya. 

Tinggal kenyamanan orang-orang saja ingin akses lewat mana. Selain bisa untuk membuat dan translate aksara Jawa, kedua cara di atas juga bisa untuk belajar lebih tentang aksara Jawa. 

Aksara Jawa bisa dipelajari dan dibuat dengan mudah saat ini tinggal orang-orang yang mau belajar atau tidak. Dengan akses aksara Jawa online sebagaimana diulas tim Navi.id diatas, seharusnya menjadi motivasi untuk lebih giat mendalaminya. Lestarikan budaya seperti aksara Jawa ini dengan selalu belajar dan memahaminya.

About the author

Navi Staff

Add Comment