Cara Cek Nilai UN di Puspendik.Kemdikbud.go.id
ilustrasi ujian nasional dan nilai nya
Ilustrasi Ujian Nasional (UTBK)

Cara Cek Nilai UN di Puspendik.Kemdikbud.go.id

Informasi ini disampaikan oleh: LP3I Kampus Siap Kerja

Ujian nasional adalah suatu kegiatan dari sekolah yang memang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di Indonesia. Mulai dari tingkat SD sampai tingkat SMU/SMK. Tujuan dari diadakannya ujian nasional atau UN ini adalah untuk mengetahui, bagaimana hasil dari yang telah mereka pelajari selama mengikuti proses pembelajaran di sekolah.

Bagi Anda yang sedang menunggu pengumuman atau bagaimana hasil ujiannya, kini bisa Anda cek secara langsung di web Puspendik resmi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Di sana Anda bisa melihat nilai rata-rata UN per wilayah atau per jenis sekolah, misalnya apakah SD, SMP, atau SMA/SMK. Maka dari itu, pengecekan nilai bisa dilakukan dengan mudah dan di mana saja.

Tentang UN dan Penilaiannya 

Pada tahun sebelumnya, ujian nasional ini menjadi suatu hal yang sangat menakutkan bagi anak-anak sekolah. Bahkan pelaksanaannya pun diliputi dengan ketegangan. Karena UN telah menjadi faktor penentu kelulusan para siswa tersebut. Sehingga hasilnya harus dipastikan baik bagi siswa tersebut. Namun sekarang, UN sudah bukan lagi penentu kelulusan anak sekolah.

Kini, ujian nasional masih penting dan menjadi penentu keberhasilan bagi setiap sekolah apakah sudah berhasil mencetak anak didik yang baik. Atau dengan kata lainnya adalah, alat ukur dalam menilai bagaimana mutu pendidikan anak sekolah jika harus dibandingkan dengan hasil pembelajaran di masa lalu dengan masa kini.

Kabar baik lainnya yaitu, hasil UN ini bisa dicek secara online sehingga Anda tak perlu repot-repot datang ke sekolah. Anda bisa mengeceknya langsung di puspendik.kemdikbud.go.id.

Data yang Ada di Puspendik

Apa saja yang bisa dicek di website tersebut, berikut keterangannya :

  • Pencapaian Grafik Secara Nasional

Dalam kolom ini, Anda bisa melihat rata-rata nilai dari pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

  • Pencapaian Wilayah dan Satuan Pendidikan

Pada kolom ini Anda bisa melihat grafik nilai mata pelajaran per mata ujian.

  • Penguasaan Materi dalam Ujian Nasional

Pada kolom ini terdapat persentase murid yang mampu menjawab pertanyaan/soal dengan benar.

Masih ada banyak lagi hal yang bisa Anda lihat, yang berkaitan dengan nilai UN. Bahkan Anda juga bisa melihat bagaimana hasil rapor UN secara keseluruhan.

Written by
Karinov
Join the discussion

1 comment
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.