Computer Assisted Test (CAT) di Rekrutmen CPNS 2018
cat di tes cpns
CAT di tes cpns

Computer Assisted Test (CAT) di Rekrutmen CPNS 2018

Seleksi penerimaan CPNS telah dilaksanakan tahun 2018 yang lalu. Seleksi tersebut dilakukan karena pemerintah berasumsi bahwa banyaknya PNS yang telah pensiun harus digantikan dengan PNS baru supaya pelayanan kepada masyarakat bisa terus berlangsung. Atas dasar hal tersebut pula, mekanisme penerimaan CPNS ini menggunakan strategi Zero Growth.

Adapun strategi Zero Growth itu adalah strategi dimana jumlah pegawai baru yang akan diterima nantinya tidak lebih banyak dari jumlah pegawai yang pensiun. Kabar penerimaan CPNS tersebut telah menyita perhatian para pencari kerja, terutama mereka yang ingin berprofesi sebagai PNS.

Sejumlah persiapan dilakukan demi mengikuti ujian CPNS, salah satunya ialah dengan mencari informasi mengenai aplikasi CAT atau Computer Assisted Tes BKN, yang memang dipakai sebagai instrumen resmi saat seleksi CPNS tahun lalu. CAT ini adalah satu-satunya media yang dipergunakan dalam pelaksanaan tes CPNS baik itu tes kompetensi dasar maupun tes kompetensi bidang.

Mengenal CAT BKN Sebagai Instrumen Resmi Rekrutmen CPNS Tahun 2018 yang Lalu

CAT Berbasis IT

CAT ini adalah sistem yang dikembangkan dengan berbasis teknologi informasi dan terintegrasi dalam sebuah station. Station CAT ini tersebar di semua Kantor Regional BKN serta UPT BKN yang ada di berbagai penjuru Indonesia. Guna mendukung keperluan tes, instalasi CAT ini juga sering dihadirkan secara mobile melalui asistensi yang dilakukan oleh BKN.

Sehingga, dalam prosesnya, pihak instansi pengguna CAT hanya menyediakan berbagai keperluan infrastruktur seperti layar projector, laptop atau PC, layar informasi, jaringan dan lain-lain. Sementara pihak BKN akan memberikan bantuan dalam hal asistensi instalasi aplikasi serta soal CAT.

Pada saat pelaksanaan tes juga, semua petugas yang ada dalam ruang berasal dari pihak BKN, bukan pegawai dari instansi pengguna. Adapun pegawai dari instansi pengguna perannya adalah membantu terutama dalam hal registrasi atau cek fisik para peserta tes.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan supaya kualitas sistem CAT BKN lebih terjamin, sekaligus meminimalisir potensi penyalahgunaan wewenang yang bisa saja terjadi. Termasuk database soal serta petugas yang berjaga, ini juga dari pihak BKN.

Didesain Mempermudah Penyelenggaraan Seleksi

Aplikasi CAT tersebut sengaja didesain dengan sedemikian rupa guna mempermudah penyelenggaraan tes. Dengan begini, proses seleksi bisa dilakukan dengan cepat tapi kualitas tetap terjamin.

Dalam pelaksanaannya, para peserta hanya diberikan mouse saja. Mouse ini dapat digunakan untuk memilih jawaban yang dianggap benar. Bagi para peserta yang sudah familiar dengan teknologi informasi terutama penggunaan komputer, tentu mekanisme kerja sistem CAT tidaklah sulit.

Terdiri Atas Daftar Soal dan Pilihan Jawaban

Dalam CAT tersimpan soal-soal berikut dengan pilihan jawabannya. Ada pula navigasi nomor soal berikut dengan indikator waktu. Posisinya adalah soal terdapat di sisi kanan layar, sedangkan untuk navigasi, ada di sisi kiri layar.

Lebih jauh lagi, pada sisi atas layar, akan ada menu yang memberitahukan nomor ujian peserta, berikut dengan nama, bata waktu ujian, jumlah soal, soal yang belum dijawab, soal yang telah dijawab berikut dengan sisa waktu yang masih tersedia.

Teknis CAT Sangat Mudah

Untuk teknisnya, pada saat pelaksanaan tes, peserta dapat menjawab soal dengan cara mengarahkan kursor pada jawaban yang dianggapnya benar. Setelah itu, jawaban tersebut bisa langsung di klik. Dan setelah di klik, peserta perlu mengklik menu ‘Simpan dan Lanjutkan’ supaya jawaban bisa tersimpan dan terekam oleh sistem.

Ini sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap peserta. Karena apabila soal sudah dijawab namun peserta lupa mengklik menu yang dimaksud, maka jawaban tidak akan terekam sehingga yang bersangkutan tidak akan mendapatkan skor. Apakah jawaban yang sudah disimpan bisa dirubah? Bisa. Jawaban yang dimasukkan tetap bisa dirubah.

Caranya juga sangat mudah, peserta hanya perlu klik nomor soal yang hendak dirubah jawabannya tadi pada navigasi nomor soal. Selanjutnya, langsung klik jawaban baru. Dengan begini, jawaban yang lama akan langsung tergantikan oleh jawaban baru tersebut. Bila sudah yakin, jangan lupa untuk klik ‘Simpan dan Lanjutkan’’ supaya perubahan jawaban bisa tersimpan dalam sistem.

Bila semua soal sudah dikerjakan dan peserta merasa yakin dengan jawabannya, peserta bisa langsung klik pilihan ‘Selesai Ujian’. Nantinya akan muncul hasil skor dan apabila waktu ujian telah habis, aplikasi tersebut akan menutup secara otomatis.

Dilengkapi dengan Fitur Keamanan

Untuk aplikasi CAT yang sudah digunakan tahun 2018 yang lalu sudah dilengkapi dengan fitur keamanan. Salah satu fitur keamanan ini ialah penggunaan PIN yang terdiri atas 2 jenis, yaitu PIN register dan PIN sesi. Adapun PIN register ialah PIN yang diperoleh peserta saat melakukan daftar ulang atau check in sesaat sebelum masuk ke dalam ruang tes.

Tujuan diberikannya PIN register ini untuk memastikan bahwasanya peserta yang hadir memang benar-benar peserta yang berhak dan sesuai dengan data yang ada pada panitia saat pendaftaran.

Adapun PIN sesi, ini adalah PIN yang nantinya dipakai saat akan masuk ke aplikasi CAT. Sesuai dengan namanya, PIN sesi ini akan terus berubah pada setiap sesinya sehingga peluang penyalahgunaan yang dilakukan oleh para pihak tak bertanggung jawab dapat diminimalisir.

Written by
Karinov
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.