Sebelum kami akan membahas lebih jauh mengenai permainan dalam pramuka, lebih baik Anda ketahui terlebih dulu definisi dari kata pramuka itu sendiri. Pramuka adalah semua anggota gerakan pramuka Indonesia, yang mana di dalamnya terdiri dari beberapa tingkat, mulai dari pramuka siaga, penggalang, penegak, dan juga pandega. Pada dasarnya kata pramuka ini didapatkan dari singkatan Praja Muda Karana. Artinya, rakyat muda yang suka berkarya.

Sementara itu pengertian gerakan pramuka Indonesia itu sendiri merupakan suatu organisasi pendidikan non formal, yang dijadikan sebagai wadah dalam menjalankan pendidikan kepanduan. Biasanya kegiatan pramuka ini dilakukan di alam terbuka, dimana di dalamnya ada beberapa jenis aktifitas yang cukup menyenangkan sekali, menarik, terarah, sehat, sesuai prinsip dasar, dan metode kepramukaan pastinya.

Kembali ke pokok pembahasan di awal, berikut ini adalah beberapa contoh permainan dalam pramuka yang harus diketahui. Apa saja?

Contoh Permainan Dalam Pramuka yang Harus Diketahui

Membuat barisan

Contoh permainan dalam pramuka yang pertama adalah membuat barisan. Tujuan dari permainan satu ini tidak lain agar semua peserta bisa saling kenal lebih jauh, juga melatih mereka untuk bisa bekerjasama dalam kelompok dengan baik. Dalam permainan tersebut nanti ada 2 kelompok yang sama banyak, lalu pemandu akan menjelaskan aturan dari permainan agar tidak ada salah satu kelompok yang melanggar atau berbuat curang.

  • Ketua dalam kelompok akan berlomba menyusun barisan dengan baik. Dimana barisan tersebut disusun berdasarkan aba – aba dari sih pemandu, tinggi badan, panjang rambut, umur, dan lain sebagainya.
  • Pemandu dalam permainan ini akan menghitung sampai 10, lalu semua kelompok dalam permainan yang belum selesai harus jongkok.
  • Lalu setiap kelompok secara bergantian harus memeriksa apa kelompok lawan melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar.
  • Pemenang dalam permainan ini adalah mereka yang melaksanakan tugas dengan benar dan cepat.

Tangkai sapu ajaib

Lalu untuk jenis permainan yang ada dalam pramuka selanjutnya ini memiliki tujuan untuk bisa memberikan kesempatan kepada peserta agar bisa saling mengenal lebih jauh. Bahan yang dibutuhkan untuk melakukan permainan tersebut adalah sapu.

  • Langkah – langkah dalam permainan pramuka satu ini yang pertama adalah membentuk lingkaran, kemudian tangkai sapunya diletakkan di tengah lingkaran tersebut.
  • Peserta dalam permainan ini nanti akan dimintai untuk membayangkan satu karakter. Sementara itu tangkai sapunya dimainkan sebagai benda yang ada kaitannya dengan karakter yang sedang dibayangkan.
  • Lalu mereka akan dimintai untuk maju satu per satu hingga ke tengah lingkaran, kemudian memperagakan karakter yang dibayangkan tadi.
  • Sementara itu untuk peserta yang lainnya diminta untuk menerka – nerka identitas dari karakter yang sedang diperagakan oleh pemain lain.

Peta kehidupan

Kemudian untuk jenis permainan dalam pramuka yang berikut ini memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi peserta agar bisa saling mengenal. Menghilangkan segala hambatan yang disebabkan oleh perasaan malu serta membangun keterbukaan juga saling percaya antara peserta.

  • Peserta dalam permainan tersebut dimintai untuk menggambarkan pengalaman pribadi, khususnya pengalaman mengesankan untuk kemudian dibagikan kepada peserta lain.
  • Caranya mudah sekali, yakni dengan menggambarkan garis kehidupan mulai dari kecil sampai besar seperti sekarang.
  • Apabila di usia tertentu ternyata ada peristiwa yang membahagiakan dan menggembirakan, maka garis tersebut naik dan begitu pun sebaliknya.

Nah, itulah tadi beberapa contoh permainan dalam pramuka yang harus diketahui. Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis permainan yang ada dalam pramuka, seperti petik lari, kerbau dungkul, kucing dan tikus, lari lipan, bintang berpindah, dan lain – lain. Semoga informasinya bermanfaat.