Daftar Blok dan Alamat TPU Pondok Ranggon
24. Mengenal TPU Pondok Ranggon(kumparan.com)
TPU Pondok Ranggon / Kumparan

Daftar Blok dan Alamat TPU Pondok Ranggon

Artikel ini disponsori oleh San Diego Hills

Tempat Pemakaman Umum Pondok Ranggon adalah salah satu tempat pemakaman umum di daerah Jakarta Timur. Lahannya cukup luas untuk pemakaman warga Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kurang lebih luas lahannya 62 hektar dan dibagi menjadi beberapa blok pemakaman. Diantaranya adalah Blok AA I, Blok AA II, Blok A I, Blok A II, Blok A III, Blok A IV, Blok A V, Blok A VI, serta Blok A VII yang terdapat di TPU Pondok Ranggon.

TPU Pondok Ranggon Penuh

Di kota besar seperti Jakarta, pemakaman akan menjadi permasalahan. Karena luas kota tidak bertambah, sementara kebutuhan lahan pemakaman semakin meningkat. Lalu akan banyak TPU yang penuh dan tidak berfungsi lagi. Untuk itu, perlu diberlakukan sistem tertentu agar tetap mencukupi kebutuhan.

Lahan pemakaman di TPU tersebut memang terbilang luas, akan tetapi nyaris penuh. Dari keseluruhan lahan yang ada, hanya tersisa 1 hektar saja yang belum terisi. Kemungkinan sisa lahan hanya akan menampung sekitar 570 orang meninggal. Makam ini mulai dioperasikan sejak tahun 1985.

Luas lahan yang dimiliki TPU ini tidak sebanding dengan jumlah penduduk dari warga DKI yang meninggal. Rata-rata per hari orang meninggal yang dimakamkan di TPU ini sebanyak 17 hingga 19 orang.

Pengelompokan TPU Pondok Ranggon dibagi menjadi 3 blok, yakni blok Islam, Kristen dan Budha. Hingga saat ini terdapat 19.985 orang Islam yang dimakamkan di blok Islam. Kemudian 52.330 orang Kristen yang dimakamkan di area blok Kristen. Selanjutnya yang dimakamkan di blok Budha sebanyak 1.692 orang Budha.

Selain itu, di bagian tengah makam blok AA I terdapat 213 makam tanpa nama. Makam tersebut merupakan jenazah dari korban Tragedi Mei 1998. Pada makan korban Tragedi Mei 1998 tersebut, didirikan monumen oleh Pemprov DKI Jakarta yang bekerja sama dengan Komnas Perempuan.

Nama monumen tersebut adalah Monumen Prasasti Mei 1998 Pondok Ranggon. Monumen menggambarkan sebuah tangan yang tertutupi oleh kain kelambu yang menjuntai ke bawah. Bagian atas kain terlihat bekas benang jahitan warna merah disertai dengan jarum yang masih tertancap. Tulisan yang tertera pada bagian bawah monumen menggunakan tinta warna emas.

Monumen diresmikan pada tanggal 13 Mei 2015. Monumen tersebut merupakan hasil karya dari Awan Simatupang. Pesan yang tersirat dari monumen tersebut adalah simbol bahwa Indonesia sedang menjahit luka dari tragedi masa lalu yang kelam. Sehingga diharapkan akan ada kemajuan bangsa.

TPU Pondok Ranggon juga menjadi tempat peristirahatan bagi kelompok teroris Ciputat. Saat terjadi penggerebekan di Ciputat, terdapat lima orang terduga teroris yang tewas. Untuk menghormati pihak keluarga dari jenazah, pihak media dilarang untuk meliput prosesi pemakaman tersebut. Tepatnya jenazah tersebut dikebumikan di Blokk AA I unit Islam.

Akses Menuju TPU Pondok Ranggon

TPU ini tidak jauh dari Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Lebih tepatnya berada di wilayah perbatasan antara DKI Jakarta dengan Bekasi, Jawa Barat. Pengunjung dapat menggunakan Transjakarta ke shelter terakhir di Pingan Ranti, Jakarta Timur untuk menuju lokasi.

Kemudian naik angkutan perkotaan KR coklat ke arah Jalan Kranggan Raya. Selanjutnya turun di Jalan Ganceng dan naik ojek untuk sampai ke TPU. Bisa juga dengan naik bus atau angkutan perkotaan untuk berhenti di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Lalu naik ojek ke TPU dari depan Rumah Sakit Meilia Cibubur. Namun, bila pengunjung membawa kendaraan pribadi, lahan parkir di TPU cukup luas.

TPU Pondok Ranggon  beralamat lengkap di Jalan TPU Ranggon Cipayung, Jakarta Timur, 13860. Nomor kontak yang dapat dihubungi adalah +62218447546. TPU ini nyaris penuh dan hanya menyisakan sedikit lahan saja.

Written by
Karinov
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.