Daftar Jalan Lintas Sumatra yang Paling Rawan
ilustrasi jalan paling rawan di lampung
ilustrasi jalan paling rawan di lampung

Daftar Jalan Lintas Sumatra yang Paling Rawan

Warga Sumatra atau Anda yang sering berkunjung ke Sumatra pasti sudah tidak asing lagi dengan Jalan Lintas Sumatra atau yang biasa disebut sebagai Jalinsum.

Jalan yang merupakan bagian dari Jaringan Jalan Asia ini diputuskan untuk dibangun pada era pemerintahan Presiden Soeharto di tahun 1965 dan aktif digunakan oleh banyak pengendara sampai sekarang.

Jaringan Jalan Asia atau dikenal juga sebagai Great Asian Highway sendiri merupakan proyek kerjasama antara negara-negara Asia dan Eropa bersama Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (ESCAP) Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) yang bertujuan memperbaikin sistem jalan raya di Asia.

Terdapat empat jalan utama di Pulau Sumatra saat ini, yaitu Jalan Raya Lintas Pantai Timur, Jalan Raya Lintas Timur, Jalan Raya Lintas Tengah, dan Jalan Raya Lintas Barat. Dengan total panjang 2.508,5 KM, jalan raya ini membentang dari Pelabuhan Bakauheni di Provinsi Lampung hingga ke Banda Aceh, sehingga Anda dapat melakukan perjalanan darat dengan mudah dari ujung ke ujung pulau yang terletak di sisi paling Barat Indonesia ini.

Jalinsum Rawan Kecelakaan dan Kejahatan

Sayangnya, seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Jalan Lintas Sumatra terkenal rawan. Selain rawan kecelakaan karena kondisi jalan yang tidak mendukung, banyaknya truk besar yang melintas (terutama truk pengangkut minyak sawit dan batu bara), serta kemungkinan longsor pada saat hujan, jalur ini juga rawan tindak kejahatan.

Lihat juga: Sabai – Rekomendasi Rental Mobil Lampung

Oleh sebab itu pengendara yang melewati Jalan Lintas Sumatra dihimbau untuk sangat berhati-hati, baik pengendara motor maupun mobil. Anda perlu ekstra waspada pada waktu-waktu tertentu seperti malam hari dan ketika arus lalu lintas sedang padat di musim mudik menjelangan Hari Raya Idul Fitri. 

Bila Anda berencana berkendara melintas Jalan Lintas Sumatra dalam waktu dekat, simaklah terlebih dahulu informasi berikut!

Titik-titik Rawan Jalan Lintas Sumatra

Tidak sedikitruas jalan yang mengalami kerusakana di Jalan Lintas Sumatra walaupun pemerintah telah mengalokasikan banyak dana untuk memperbaikinya dari tahun ke tahun. Anda terutama harus berhati-hati ketika melintasi ruas dengan kerusakan jalan yang parah seperti:

  • Bayung Lencir, Musi Banyuasin
  • Rajabasa – Panjang Bandar Lampung
  • Jalan Abu Bakardin, Pasar Tebingtinggi
  • Perbatasan Jambi-Palembang, dll.

Selain itu, Anda juga harus ekstra waspada di titik-titik rawan tindak kejahatan berikut:

  • Kabupaten Tulang Bawang
  • Kabupaten Mesuji
  • Kabupaten Lampung Timur
  • Kabupaten Lampung Utara
  • Kabupaten Lampung Selatan

Berdasarkan keterangan dari Kepolisian Daerah Lampung, modus yang dilakukan oleh para pelaku sangatlah beragam, mulai dari minta tolong dengan berpura-pura kendaraannya rusak, terang-terangan mencegat, hingga modus pohon tumbang. Pelaku terutama mengincar kendaraan dengan plat nomor dari luar pulau dan kendaraan pribadi yang menyimpan barang bawaannya di atas mobil.

Tips Berkendara Aman di Lintas Sumatra

Demi keamanan, praktikkannlah tips-tips berikut sebelum dan ketika berkendara di Jalan Lintas Sumatra:

  • Cek kondisi mobil, termasuk ban dan rem
  • Jaga kecepatan, terutama di titik-titik rawan kecelakaan
  • Jangan terlalu banyak membawa muatan dan selalu letakkan di dalam bagi pengendara mobil
  • Hindari berkendara di malam hari
  • Jangan berkendara sendirian
Written by
Karinov
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.