Tren Desain Website Kekinian di 2019
tren desain website di masa depan
Tren desain website di masa depan

Tren Desain Website Kekinian di 2019

Pernah berkunjung ke suatu web dengan tampilan yang biasa saja bahkan cenderung membosankan? Ingin segera keluar dari laman tersebut rasanya. Mungkin itulah kiranya yang akan dirasakan pengunjung web Anda apabila web Anda dirasa kurang menarik.

Apalagi kini generasi mulai bergeser ke generasi millenial, di era baru dunia digital. Tak heran ketika tren desain website kini telah berubah, sebagaimana informasi di bawah ini :

Perubahan pada Desain Website

  • 95% pengguna internet menyetujui suatu pernyataan bahwa “Pengalaman pengguna yang baik, membuat website menjadi unik”.
  • 94% pengunjung berhenti mengunjungi web dengan desain yang kurang menarik.
  • 86% pengunjung berharap dapat melihat informasi terkait produk dan jasa pada halaman awal Anda.
  • 60% pengguna mempercayai bahwa foto yang unik berperan penting dalam mereka melakukan pengambilan keputusan untuk membeli suatu produk atau jasa.
  • 50% pengunjung menggunakan voice search atau pencarian menggunakan suara ketika mencari suatu produk.

Pada 2020, Industri VR (Virtual Reality) akan menjadi industri senilai 30 milliar dollar.

Saat ini, terdapat 8.4 milliar peralatan yang terkoneksi di dunia ini, dan jumlahnya akan meningkat menjadi 50 milliar pada 2020.

10 Tren Desain Website Masa Depan

1. Tipografi Ekspresif dengan Warna Cerah

Tren website masa depan akan berisikan tipografi yang lebih ekspresif dengan warna-warna yang ‘berani’. Jenis hurufnya pun lebih berkreasi dan menampilkan rona yang cerah.

Say good bye pada website dengan warna muram dan jenis huruf yang biasa.

2. Gulir Interaktif dengan Animasi

Dengan animasi gulir yang interaktif, akan memicu pengunjung untuk terus menggulir (scrolling) halaman hingga bagian bawah. Cara ini dapat meningkatkan engagement pengunjung, membuatnya betah berlama-lama di laman tersebut, bahkan hingga melakukan transaksi pada gulir paling akhir.

3. Konten Foto Keren

Pada web e-commerce, konten foto yang keren, high resolution, jelas dan bersih menjadi hal yang utama khususnya untuk menarik pengunjung melakukan transaksi. Di sisi lain, konten foto juga bisa sebagai penunjang utama pada website lainnya yang bukan merupakan web e-commerce.

Konten foto yang menarik akan memanjakan mata pengunjung, dan dapat membuat mereka kembali mengunjungi website Anda.

4. UX Writing

UX writing merupakan jembatan bagi website untuk semakin dekat dengan pengunjungnya, dengan menciptakan elemen tekstual sesuai bahasa yang disukai pengunjung untuk semakin memicu mereka mengeksplorasi website tersebut, maupun mempermudah mereka menggunakan suatu aplikasi.

UX writing dengan kalimat yang bersahabat, ditambah elemen dengan warna cerah, akan lebih mudah dipahami oleh pengunjung website. Dengan cara ini komunikasi kepada pengunjung akan lebih efektif.

5. Penggunaan Sinemagraf

Konten foto yang berkualitas, dapat mencuri perhatian pengunjung. Apalagi jika foto tersebut bisa bergerak. Sebagai contoh foto pemandangan dengan awan berarak-arak yang bergerak perlahan. Website Anda akan menjadi lebih hidup. Format yang digunakan dapat berupa Gif, dengan gambar yang cerah, natural dan dinamis.

6. Penggunaan format SVG

Scalable Vector Graphics (SVG) akan menyusul semua format grafis di 2019. Hal ini karena format SVG memberikan pengalaman multimedia yang lebih baik dan scalable tanpa mempengaruhi kecepatan website Anda.

7. Voice User Interfaced & Voice Search

Peningkatan pesat pada penggunaan fitur voice search yaitu pencarian berdasar suara memuluskan jalan untuk fitur voice user interface, dimana pengunjung website Anda dapat melakukan perintah tanpa mengetik melainkan dengan suara.

Bayangkan apabila website Anda memiliki fitur ini, sehingga pengunjung akan semakin semangat berinteraksi dengan website Anda.

8. Pertumbuhan VR Video

Virtual Video yang kini mulai pesat, bahkan merupakan masa depan untuk desain web Anda.

Pengunjung website yang memiliki alat ini, kelak dapat menggunakannya untuk berinteraksi dengan website Anda. Menarik bukan?

9. Penggunaan Chatbots

Kini , banyak website yang telah menggunakan chatbots untuk berinteraksi dengan pengunjung. Di masa depan, tren penggunaan chatbots akan semakin meningkat. Adanya chatbots menjadikan website Anda lebih fast respond bahkan bisa real time, dan bisa mematuhi instruksi yang diberikan oleh pengunjung website Anda secara segera,

10. Pertumbuhan Web Apps

Mobile Apps memiliki tampilan yang user friendly, dengan transisi halaman penuh animasi, push notification dan splash screen, kini sudah mulai digunakan oleh website.

Siapkan website Anda menjadi mobile friendly dengan tampilan seperti mobile apps. Pengunjung akan lebih tertarik karena mereka bahkan tidak perlu melakukan install aplikasi yang dapat memenuhi storage ponsel pintar mereka untuk melihat website Anda. Apalagi jika dengan loading yang cepat dan nyaman digunakan.

Siap menciptakan desain web yang lebih kekinian? ๐Ÿ˜‰

Written by
Sheila Putri
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.