Dokumen Utama Pemberkasan CPNS BKN
dokumen utama cpns bkn
Dokumen utama cpns bkn

Dokumen Utama Pemberkasan CPNS BKN

Diantara sekian banyak macam profesi yang diinginkan oleh orang-orang, menjadi pegawai negeri sipil atau PNS adalah salah satunya. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat profesi sebagai PNS itu mempunyai banyak kelebihan. Diantaranya ialah mudah untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri dan tidak perlu berfikir tentang kemungkinan dipecat selama tidak melakukan pelanggaran berat.

Selain itu, orang yang sudah menjadi PNS otomatis tidak perlu memikirkan kondisi pasar layaknya pegawai swasta dan tunjangannya juga lumayan meski gajinya sendiri tidak besar seperti sektor swasta. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa untuk menjadi PNS, seseorang harus melalui tahapan yang sedikit sulit. Mulai dari persiapan pendaftaran, tes seleksi penerimaan hingga setelah dinyatakan lulus tes.

Nah, pada saat pendaftar CPNS dinyatakan lulus hingga tahap akhir, nantinya akan dilakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan sekaligus keabsahan persyaratan administrasi. Adapun kelengkapan dan juga keabsahan persyaratan administrasi ini nantinya akan dipakai sebagai dasar pertimbangan untuk penetapan NIP CPNS yang bersangkutan. Dalam proses ini, akan ada 6 dokumen utama yang akan diperiksa, yaitu

Dokumen Utama yang Akan Diperiksa Saat Pemberkasan

Surat Lamaran

Dokumen pertama yang akan diperiksa keabsahannya ialah surat lamaran kerja. Mengenai hal ini, sebelum dilakukan pendaftaran, surat lamaran kerja tersebut perlu ditulis dengan tinta hitam menggunakan materai 6000. Adapun format suratnya dapat diketahui di portal SSCN.

Kualifikasi Pendidikan

Dokumen lain yang juga akan diperiksa ialah kualifikasi pendidikan. Adapun penilaian dokumen kualifikasi pendidikan ini dilakukan melalui ijazah atau surat tanda tamat belajar. Dokumen kualifikasi pendidikan ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan kualifikasi yang telah dipersyaratkan.

Karena ini merupakan dokumen yang penting dan termasuk dalam penentu lolos tidaknya pendaftar saat menyerahkan berkas administrasi pendaftaran, maka pendaftar tersebut harus fokus mencari informasi mengenai formasi yang dipilih. Jangan sampai formasi yang dipilih tidak sesuai dengan jurusan yang tertera di ijazah. Jika hal ini tidak diperhatikan, maka bisa dipastikan yang bersangkutan akan gagal.

Data Riwayat Hidup

Selanjutnya ialah data riwayat hidup. Para pendaftar harus mengisi data riwayat hidup ini dengan benar dan teliti. Pastikan bahwa nama yang dimasukkan beserta tempat tanggal lahir sesuai dengan KTP atau ijazah.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Dokumen lain yang juga akan diperiksa ialah Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK yang diterbitkan oleh Polisi Resor atau Polres. SKCK ini juga termasuk dalam persyaratan pendaftaran CPNS di mana di dalamnya terdapat keterangan mengenai riwayat tindakan kriminal pendaftar.

Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani

Dokumen selanjutnya yang diperiksa oleh BKN di Kantor Pusat BKN Jakarta ialah surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Adapun surat yang dimaksud ini ditandatangani oleh dokter yang memeriksa.

Surat Keterangan Bebas Zat Adiktif

Karena PNS itu seharusnya benar-benar bersih dari Narkotika, precursor, psikotropika dan zat-zat adiktif yang lainnya, maka dalam persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi salah satunya adalah surat keterangan bebas zat adiktif. Nantinya, di Kantor Pusat BKN Jakarta, surat keterangan yang telah diserahkan ini juga akan diperiksa keabsahannya.

Keenam dokumen tersebut harus jelas kevalidan atau keabsahannya. Apabila ternyata diketahui bahwa ada salah satu saja dokumen yang tidak memenuhi syarat, maka si pemilik dokumen tersebut tidak akan dapat diusulkan penetapan NIP-nya.

Berkas Tambahan

Salinan KTP

Keenam dokumen di atas adalah dokumen-dokumen utama yang akan diperiksa di Kantor Pusat BKN Jakarta. Namun, selain dokumen utama, ada pula berkas lain yang nantinya juga akan diperiksa oleh BKN, salah satunya ialah salinan KTP yang juga diserahkan saat pendaftaran.

Kartu Keluarga

Selain KTP, salinan Kartu Keluarga atau KK yang diserahkan oleh pendaftar juga termasuk dalam berkas yang akan diperiksa keabsahan dan kevalidannya oleh BKN. Jadi memang Kartu Keluarga ini bukanlah sebagai formalitas saja, tetapi benar-benar akan diperiksa validitasnya.

Ijazah dan Sertifikat

Berkas lain yang juga tidak luput dari perhatian BKN ialah ijazah dan sertifikat. Ijazah yang dimaksud bukanlah ijazah dari universitas saja, tetapi ijazah dari SD, SMP hingga SMA. Sementara untuk sertifikat, ini adalah sertifikat TOEFL atau Preparation TOEFL yang diserahkan saat pendaftaran melalui SSCN.

Kartu Pencari Kerja

Selanjutnya adalah Kartu Pencari Kerja atau AK-1 yang masih berlaku. Kartu ini memang sangat diperlukan saat seseorang hendak mendaftarkan diri sebagai PNS, maupun pekerjaan lain yang non-PNS. Kartu ini sifatnya resmi karena dikeluarkan oleh Dinas Tenaga Kerja setempat.

Surat Keterangan Lain

Adapun yang dimaksud dengan surat keterangan lain ialah bisa berupa surat keterangan disabilitas dari dokter dan surat keterangan dari Kepala Suku atau Kepala Desa. Surat disabilitas ini isinya adalah mengenai tingkat atau jenis disabilitas bagi orang yang melamar dengan formasi disabilitas.

Sementara surat keterangan Kepala Suku atau Kepala Desa ini adalah pernyataan yang menerangkan bahwasanya pelamar yang bersangkutan adalah keturunan dari Papua atau Papua Barat dengan berdasarkan pada keturunan orang tua.

Written by
Karinov
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.