Connect with us

Hi, what are you looking for?

Akademik

Aplikasi PMP Online [Agustus 2019]

Pada dasarnya sejak tahun 2017 lalu, aplikasi PMP 2016 sudah ditutup. Dan kabar tersebut sudah disampaikan secara resmi di situs atau website Dapodikdasmen. Tentu saja proses penginputan dan juga pengiriman aplikasi PMP yang selanjutnya akan segera dibuka kembali setelah aplikasi PMP versi terbaru ini diriliskan. Diharapkan agar diriliskannya aplikasi PMP 2019 tersebut tak akan lagi ditemukan kendala di lapangan, misalnya saja dari segi pengisian instrumen, pengiriman data atau file, maupun masalah infrastruktur yang ada.

Apa yang Membedakan Aplikasi PMP 2019 dengan versi lawas?

Tentu saja akan ada perbedaan antara aplikasi PMP 2019 dengan versi lawasnya. Misalnya saja pada bagian instrumen yang digunakan juga panduan pengisian instrumen aplikasi PMP 2019 itu sendiri. Apabila di tahun – tahun sebelumnya jumlah siswa yang harus mengisi instrumen minimal ada 10 orang per tingkat kelas, lalu pada aplikasi PMP versi baru ini ternyata jumlah siswa yang harus mengisi instrumen hanya ada 5 orang per tingkat kelasnya.

Sementara itu berdasarkan draf perangkat instrumen pemetaan pada aplikasi PMP yang harus mengisi instrument di aplikasi tersebut adalah sebagai berikut.

  • Kepala sekolah.
  • Guru atau perwakilan guru di sekolah. Yakni, minimal 1 guru per tingkat kelas khusus untuk Sekolah Dasar (SD), minimal 1 guru pendidikan agama dan jasmani juga kesehatan pada tingkat Sekolah Dasar (SD). Minimal 1 guru per mata pelajaran untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jadi, total perwakilan guru minimal ada 8 – 10 guru.
  • Perwakilan siswa dengan ketentuan sebagai berikut; yakni minimal ada 6 siswa per tingkat kelas di Sekolah Dasar (SD) hanya untuk kelas 4 – 6 saja. Sehingga total perwakilan siswa ada sekitar 15 siswa di tiap – tiap sekolah.
  • Perwakilan komite sekolah, yakni minimal ada 1 orang perwakilan pemimpinan komite dan minimal 2 orang perwakilan orangtua siswa.
  • Pengawas yang merupakan pengawas pembina atau manajerial. Misalnya saja dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner pemetaan mutu pendidikan yang telah dikembangkan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar juga Menengah.
Aplikasi PMP 2019
Aplikasi PMP 2019

Ada kaitannya dengan instrumen yang digunakan tersebut ternyata turut alami penyempurnaan, salah satu diantaranya adalah masuknya atau pun adanya pertanyaan yang berkaitan dengan standar sarana juga prasarana. Dan berikut ini adalah link download aplikasi PMP 2019 yang bisa Anda unduh.

[UPDATE Agustus 2019]

Berikut tautan terkini mengenai aplikasi PMP Dikdasmen yang berbentuk aplikasi online berbasis web, bukan lagi aplikasi installer yang harus didownload terlebih dahulu. Untuk mengaksesnya, Anda dapat alngsung menuju halaman berikut:

http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745/login/index.html

Yang dibawah ini adalah tautan download lama untuk aplikasi PMP:

  • Link utama installer aplikasi PMP versi 2.1. Klik di sini untuk mulai mendownload.
  • Link utama updater aplikasi PMP versi 2.1. Klik di sini untuk mulai mendownload.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang download aplikasi PMP 2019 versi terbaru. Semoga bermanfaat.

8 Comments

8 Comments

  1. Elsye pinondang tambunan

    July 26, 2019 at 4:53 pm

    Pemetaan mutu dan rapor mutu

  2. AGUSTIAR

    August 19, 2019 at 10:44 am

    terlalu banyak aplikasi yg dilunjcurkan, maka terlalu repot dan bingung para guru serta pegawai pns……

  3. TeguhChun

    August 26, 2019 at 3:10 am

    PMP sudah online bung
    silahkan dicoba
    http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745/login/index.html

    • Karinov

      August 26, 2019 at 10:17 am

      terima kasih atas masukannya pak, akan kami cantumkan di artikel ini.

  4. abd rahman

    August 26, 2019 at 11:30 am

    Peningkatan mutu pendidikan sangat diperlukan di tiap lembaga pendidikan

  5. Yusuf

    September 3, 2019 at 11:16 am

    Maksutnya gimana?, bukankah PMP 2019 itu online, lah kok disuruh instal?

    • Karinov

      September 4, 2019 at 9:55 pm

      sebelum ada versi online, PMP ada dalam bentuk aplikasi smartphone.

  6. SD INPRES ABAUGI

    August 31, 2020 at 10:02 am

    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Akademik

Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda tentang isi naskah Dwi Darma, Dasa Darma, Tri Satya, dan Dwi Satya, penting untuk Anda tahu terlebih dulu...

Akademik

Pada dasarnya baik itu Silabus dan RPP PJOK SD (Sekolah Dasar) untuk kelas 1 – 6 ini adalah perangkat terbaru yang akan kami bahas...

Akademik

Acara perpisahan sekolah sudah didepan mata nih, pastinya Anda butuh yang namanya contoh susunan acara perpisahan sekolah terbaru 2019. Dengan begitu Anda akan lebih...

Akademik

Informasi ini disampaikan oleh: LP3I Kampus Siap Kerja Ujian nasional adalah suatu kegiatan dari sekolah yang memang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di...