Aplikasi PMP Online [Agustus 2019]
aplikasi pemetaan PMP
Aplikasi pemetaan PMP

Aplikasi PMP Online [Agustus 2019]

Pada dasarnya sejak tahun 2017 lalu, aplikasi PMP 2016 sudah ditutup. Dan kabar tersebut sudah disampaikan secara resmi di situs atau website Dapodikdasmen. Tentu saja proses penginputan dan juga pengiriman aplikasi PMP yang selanjutnya akan segera dibuka kembali setelah aplikasi PMP versi terbaru ini diriliskan. Diharapkan agar diriliskannya aplikasi PMP 2019 tersebut tak akan lagi ditemukan kendala di lapangan, misalnya saja dari segi pengisian instrumen, pengiriman data atau file, maupun masalah infrastruktur yang ada.

Apa yang Membedakan Aplikasi PMP 2019 dengan versi lawas?

Tentu saja akan ada perbedaan antara aplikasi PMP 2019 dengan versi lawasnya. Misalnya saja pada bagian instrumen yang digunakan juga panduan pengisian instrumen aplikasi PMP 2019 itu sendiri. Apabila di tahun – tahun sebelumnya jumlah siswa yang harus mengisi instrumen minimal ada 10 orang per tingkat kelas, lalu pada aplikasi PMP versi baru ini ternyata jumlah siswa yang harus mengisi instrumen hanya ada 5 orang per tingkat kelasnya.

Sementara itu berdasarkan draf perangkat instrumen pemetaan pada aplikasi PMP yang harus mengisi instrument di aplikasi tersebut adalah sebagai berikut.

  • Kepala sekolah.
  • Guru atau perwakilan guru di sekolah. Yakni, minimal 1 guru per tingkat kelas khusus untuk Sekolah Dasar (SD), minimal 1 guru pendidikan agama dan jasmani juga kesehatan pada tingkat Sekolah Dasar (SD). Minimal 1 guru per mata pelajaran untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jadi, total perwakilan guru minimal ada 8 – 10 guru.
  • Perwakilan siswa dengan ketentuan sebagai berikut; yakni minimal ada 6 siswa per tingkat kelas di Sekolah Dasar (SD) hanya untuk kelas 4 – 6 saja. Sehingga total perwakilan siswa ada sekitar 15 siswa di tiap – tiap sekolah.
  • Perwakilan komite sekolah, yakni minimal ada 1 orang perwakilan pemimpinan komite dan minimal 2 orang perwakilan orangtua siswa.
  • Pengawas yang merupakan pengawas pembina atau manajerial. Misalnya saja dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner pemetaan mutu pendidikan yang telah dikembangkan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar juga Menengah.
Aplikasi PMP 2019
Aplikasi PMP 2019

Ada kaitannya dengan instrumen yang digunakan tersebut ternyata turut alami penyempurnaan, salah satu diantaranya adalah masuknya atau pun adanya pertanyaan yang berkaitan dengan standar sarana juga prasarana. Dan berikut ini adalah link download aplikasi PMP 2019 yang bisa Anda unduh.

[UPDATE Agustus 2019]

Berikut tautan terkini mengenai aplikasi PMP Dikdasmen yang berbentuk aplikasi online berbasis web, bukan lagi aplikasi installer yang harus didownload terlebih dahulu. Untuk mengaksesnya, Anda dapat alngsung menuju halaman berikut:

http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745/login/index.html

Yang dibawah ini adalah tautan download lama untuk aplikasi PMP:

  • Link utama installer aplikasi PMP versi 2.1. Klik di sini untuk mulai mendownload.
  • Link utama updater aplikasi PMP versi 2.1. Klik di sini untuk mulai mendownload.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang download aplikasi PMP 2019 versi terbaru. Semoga bermanfaat.

Written by
Editorial Staff
Join the discussion
7 comments
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.