Download Dapodik Paud Versi 3.3.0 dan Ketahui Cara Registrasinya
Download Dapodik Paud Versi 3.3.0 dan Ketahui Cara Registrasinya
Download Dapodik Paud Versi 3.3.0

Download Dapodik Paud Versi 3.3.0 dan Ketahui Cara Registrasinya

Melalui artikel berikut kami akan kasih tahu Anda informasi selengkapnya seputar download Dapodik Paud versi 3.3.0 lengkap dengan cara registrasinya. Tepatnya sejak tahun 2018 kemarin sudah resmi dirilsikan aplikasi Dapodik Paud terbaru. Aplikasi tersebut dibuat khusus agar kegiatan entry data di sekolah Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) baik KB atau pun TK agar bisa berjalan dengan baik, mudah, praktis, dan efisien. Aplikasi Dapodik tersebut diriliskan untuk melakukan pengisian data di semester 1 tahun pelajaran 2018/2019.

Tentu saja ada beberapa perubahan yang dihadirkan pada aplikasi Dapodik terbaru ini, seperti kode registrasi Paud yang kini diubah menjadi kode registrasi di sepanjang 36 karakter, satuan pendidikan di tingkat sekolah tersebut nanti akan diberikan pilihan untuk menggunakan aplikasi secara online maupun offline, bisa disesuaikan saja dengan kemampuan jaringan di tiap – tiap daerah. Tidak hanya itu saja, ternyata manajemen PTK tak lagi dilakukan oleh Satuan pendidikan, akan tetapi kini dilakukan Dinas Pendidikan di kabupaten atau kota dimana sekolah tersebut berada.

Selain itu penting juga untuk diketahui bahwa aplikasi Dapodik Paud versi 3.3.0 ini bisa menggunakan User Name dan Password Dapodik yang sama dengan tahun ajaran lalu. Akan tetapi demikian diharuskan untuk menggunakan kode registrasi 36 karakter. Lewat kode registrasi baru tersebut Anda bisa melakukan Log-In ke manajemen dengan menggunakan akun Dapodik tahun ajaran lalu.

Cara Registrasi Melalui Aplikasi Dapodik Paud Versi 3.3.0

Sebetulnya cara registrasi melalui aplikasi Dapodik versi terbaru ini mudah sekali, sebab Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah – langkah berikut ini. Tetapi demikian, penting pula untuk kami ingatkan selalu bahwa cara registrasi maupun sinkronisasi pada aplikasi Dapodik Paud versi 3.3.0 tersebut yang akan digunakan untuk entry apikasi.

  • Sebagai langkah pertamanya, silakan Anda lakukan registrasi di aplikasi manajemen, tetapi untuk lebih mudahnya Anda bisa langsung klik pada link berikut, https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan memilih menu Log-In – Satuan Pendidikan.
  • Kemudian Anda bisa langsung melanjutkan dengan menekan tombol Daftar Baru atau Lupa Password.
  • Lalu masukkan saja 36 digit No registrasi yang sudah didapatkan dari Dinas Pendidikan setempat. Selain itu jangan lupa juga untuk memasukkan NPSN dan tekan pada tombol Verifikasi.
  • Apabila memang kode registrasi dan NPSN-nya sudah benar, akan tetapi ternyata masih belum ada pengguna untuk satuan pendidikan tersebut, maka nanti akan muncul tampilan formulir pendaftaran pengguna baru.
  • Nah, dari sini Anda bisa memasukkan Nama Lengkap, No Handphone, Password, dan Email, kemudian simpan untuk membuat User Dapodik barunya.
  • Selain itu, jika pengguna pada satuan pendidikan sudah ada, maka Email dan Nama pengguna sudah tidak bisa dirubah lagi. Namun pengguna masih bisa lakukan perubahan Password. Syaratnya, Email yang digunakan sudah terverifikasi.
  • Sementara itu untuk menghapus atau mengubah tentu saja Anda tidak bisa melakukannya sendiri, butuh bantuan dari Dinas Pendidikan di daerah Anda untuk mereset pengguna.

Oh iya, penting sekali untuk Anda tahu bahwa sebelum menggunakan aplikasi Dapodik versi terbaru ini, masing – masing satuan pendidikan diharuskan untuk melakukan pemilihan penggunaan aplikasi serta metode sinkronisasi Dapodik. Pemilihan ini dilakukan hanya di aplikasi manajemen. Jadi silakan Anda Log-In terlebih dulu sebgai satuan pendidikan dengan menggunakan akun Dapodik yang sudah dimiliki.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang download Dapodik Paud versi 3.3.0 dan ketahui cara registrasinya. Semoga bermanfaat.

Written by
Editorial Staff
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.