Etika Berbisnis yang Harus di Miliki Pengusaha
etika berbisnis ala pengusaha
Etika berbisnis ala pengusaha

Etika Berbisnis yang Harus di Miliki Pengusaha

Berbisnis merupakan suatu kegiatan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya. Dalam berbisnis kita pasti akan berinteraksi dengan orang lain baik itu posisinya sebagai suplayer, pemodal, konsumen maupun kompetitor kita sendiri. Tiap-tiap orang tersebut memiliki peran masing-masing dalam kelancaran bisnis kita. Perlu upaya dari kita untuk menjaga hubungan baik dengan mereka.

Sebagai pengusaha kita harus memiliki etika dalam berbisnis. Etika inilah yang menjadi rambu-rambu bagi kita dalam menjalankan bisnis agar berjalan dengan baik. Lantas apa sajakah etika yang harus dimiliki seorang pengusaha dalam menjalankan bisnisnya? berikut ini kami rangkum beberapa etika yang harus ada dalam diri pengusaha.

Kejujuran

Dalam menjalankan sebuah bisnis kejujuran merupakan kunci utama yang akan menentukan masa depan bisnis anda. Mengapa point ini dimasukkan sebagai etika pertama, karena jika seorang pengusaha melakukan ketidakjujuran dampaknya akan dirasakan luas oleh orang-orang yang menggunakan produk ataupun jasanya. Inilah cerminan diri seorang pengusaha handal ketika ia bisa menjalankan bisnisnya secara jujur tanpa ada kebohongan, memberikan hasil terbaik sesuai dengan kesepakatan yang sudah disetujui.

Tanggungjawab Sosial

Bisnis pada dasarnya adalah untuk mencari keuntungan. Namun sudah seharusnya para pengusaha juga memiliki etika untuk bertanggungjawab sosial kepada masyarakat. Hal ini tidak semata-mata hanya dengan memberikan sumbangan saja, namun dalam artian yang lebih luas seperti mengeluarkan produk-produk yang bermanfaat dan tidak merugikan masyarakat juga merupakan suatu tanggungjawab sosial. Bahkan kita juga sering melihat pengusaha-pengusaha sukses yang mau membagi ilmunya kepada masyarakat sebagai bentuk tanggungjawab sosialnya agar menumbuhkan semangat wirausaha terutama digenerasi muda.

Membentuk Iklim Persaingan Sehat

Dalam dunia usaha selalu muncul yang namanya persaingan. Sudah hukum alam bahwa jika kita menciptakan suatu produk atau jasa yang bagus di masyarakat, maka akan muncul orang yang membuat bisnis dengan model yang sama. Saat seperti inilah sebagai pengusaha kita dituntut untuk beretika membentuk iklim yang sehat. Bersaing dalam hal pelayanan kepada konsumen, inovasi produk serta tidak menjelek-jelekan produk orang lain. Tentu harus menjadi perhatian bagi kita, karena dengan melakukan perbaikan-perbaikan kecil saja dapat memberikan awarness dari konsumen terhadap bisnis kita.

Berpedoman Kepada Kepuasan Pelanggan

Sebagai pebisnis kita juga harus memposisikan diri kita sebagai pelanggan. Dengan melakukan hal tersebut kita menjadi paham apa kebutuhan dari calon-calon customer kita. Jika orientasi kita hanya pada keuntungan saja maka sudah tentu tidak ada repeat order untuk produk atau jasa yang kita miliki, tentu menjadi kerugian bagi kita jika pelanggan tidak kembali lagi. Etika ini juga harus kita tularkan kepada seluruh team yang ada dalam bisnis kita agar menjadi sebuah budaya perusahaan.

Konsekuen dan Konsisten

Dunia bisnis akan berjalan dengan adanya sebuah regulasi dari pemerintah. Sebagai pelaku usaha kita harus konsekuen dan konsisten menjalankan regulasi tersebut. Karena jika kita tidak menjalankan hal ini dengan baik dan benar, maka akan menimbulkan efek yang tidak baik dalam dunia usaha. Hal ini akan menjadikan yang kuat semakin kuat sedangkan yang lemah akan tenggelam karena kekuatan bisnis yang lebih besar.

Menghindari Praktek Kecurangan

Apapun praktek kecurangan sejatinya adalah merugikan semua pihak. Untuk itu sebagai seorang pengusaha kita harus mulai menghindari praktek-praktek ini. Dampaknya adalah akan terjadi ketidakseimbangan dalam dunia usaha, tentunya jika dibiarkan praktek kecurangan akan membuat suatu sikap ketagihan, karena diasumsikan bahwa dengan berbuat curang keuntungan dapat lebih besar. Tetapi dampak tidak langsungnya akan menurunkan kredibilitas bisnis kita.

Itulah beberapa etika berbisnis yang harus kita jaga sebagai pengusaha. Dengan berpegang teguh pada etika maka bisnis kita akan berjalan ssuai aturan dan berdampak positif bagi usaha kita.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.