Connect with us

Hi, what are you looking for?

Akademik

Mengenal Fitur-Fitur Dapodik Online dan Cara Penggunannya

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) merupakan sistem pendataan yang berisi seluruh data dan informasi terkait data kurikulum sekolah, kelembagaan, siswa, guru, hingga sarana dan prasarana. Seiring berjalannya waktu, kini Dapodik menjadi satu-satunya acuan data yang dipakai oleh Kementerian Pendidikan untuk membuat kebijakan.

Demi memberikan data yang jelas dan akurat, masing-masing sekolah harus mempunyai operator sekolah. Operator bertanggung jawab untuk mengurus segala hal yang berkaitan dengan pengisian data melalui aplikasi Dapodik. Namun, tak jarang tugas ini harus dilakukan oleh operator baru yang belum berpengalaman. Jika Anda termasuk salah satunya, simak informasi cara menggunakan Dapodik berikut.

Mengenal Aplikasi Dapodik Online

Pada dasarnya, cara penggunaan Dapodik tergolong mudah dan sederhana. Anda hanya perlu mempersiapkan gawai berupa laptop dan koneksi internet agar bisa mengakses Dapodik. Pastikan sambungan internet Anda mempunyai kecepatan yang stabil agar proses penggunaan aplikasi bisa berjalan dengan lancar.

Jika Anda sudah mempersiapkan gawai dan sambungan internet, Anda bisa mulai menggunakan aplikasi Dapodik. Berikut cara penggunaan yang harus dilakukan:

  1. Instal aplikasi Dapodik di laptop Anda.
  2. Selanjutnya, registrasi operator serta sekolah yang akan memulai proses pendataan.
  3. Kemudian isi data-data Dapodik yang diinginkan ke dalam aplikasi.
  4. Simpan data.

Meskipun cara di atas terbilang mudah, Anda perlu berhati-hati karena ada banyak data yang harus dimasukkan. Apalagi jika sekolah Anda cukup besar dan mempunyai siswa serta PTK yang  banyak, maka semakin banyak pula data yang perlu dimasukkan. Oleh sebab itu, tidak sedikit operator sekolah yang kewalahan dalam menangani data Dapodik.

Fungsi Dapodik Online

Sebagai aplikasi yang menjadi satu-satunya acuan bagi Kementerian Pendidikan untuk membuat kebijakan, Dapodik mempunyai fungsi dan peran yang sangat penting. Setiap tahunnya, fungsi Dapodik mengalami perkembangan seiring dengan berubahnya kebijakan dan program yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan.

Saat ini, Dapodik mempunyai beberapa fungsi, antara lain:

Advertisement. Scroll to continue reading.

Acuan dana BOS

Dapodik yang berisi informasi tentang jumlah siswa dapat digunakan sebagai acuan untuk menetapkan alokasi dana BOS bagi sekolah. Jumlah dana BOS berbeda-beda pada setiap sekolah karena disesuaikan dengan jumlah siswa yang dimiliki. Semakin banyak jumlah siswa, maka semakin besar dana BOS yang diterima oleh sekolah.

Acuan penerima tunjangan guru

Selain digunakan sebagai acuan untuk menentukan dana BOS, Dapodik juga berfungsi sebagai acuan untuk guru penerima tunjangan. Data dalam Dapodik digunakan untuk menentukan alokasi penerima tunjangan guru memenuhi syarat.

Acuan bantuan sarana dan prasarana

Selanjutnya, Dapodik berfungsi sebagai acuan dalam menentukan alokasi anggaran untuk bantuan sarana dan prasarana sekolah. Terutama bagi sekolah yang belum mempunyai fasilitas memadai, maka dana yang diterima dapat digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana sehingga layak digunakan untuk proses belajar mengajar.

Perbaikan data kelembagaan

Bisa dikatakan bahwa Dapodik merupakan pusat penyimpanan data kelembagaan sekolah. Aplikasi tersebut memuat seluruh informasi sekolah, mulai dari data siswa dan PTK hingga fasilitas yang dimiliki. Oleh sebab itu, Dapodik dapat difungsikan sebagai aplikasi untuk melakukan pengajuan serta perbaikan data apabila dibutuhkan.

Pengajuan dan verval NUPTK

Setiap Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) mempunyai nomor unik yang disebut NUPTK. Bagi guru baru yang belum mempunyai NUPTK, Dapodik bisa memfasilitasi proses pengajuan nomor unik. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan operator sekolah untuk melakukan verifikasi dan validasi (verval) terhadap NUPTK.

Pengajuan dan verval PD dan NISN

Setiap peserta didik mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Nomor ini bersifat unik dan setiap siswa mempunyai nomor yang berbeda. Proses pengajuan dan verval peserta didik dapat dilakukan melalui aplikasi Dapodik. Begitu juga dengan pengajuan NISN.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pengajuan dan verval NPSN

Nomor Pokok Sekolah Nasional merupakan kode pengenal yang dimiliki oleh sekolah. Kode ini berlaku secara nasional dan terdiri dari 8 digit angka untuk berbagai jenjang pendidikan mulai dari TK hingga SMA sederajat. Operator sekolah dapat membuat pengajuan NPSN serta melakukan verval melalui aplikasi Dapodik.

Pemetaan guru

Penyebaran guru yang tidak merata pada setiap sekolah berpotensi menimbulkan masalah dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dapodik difungsikan sebagai acuan untuk memetakan dan memeratakan guru di seluruh Indonesia.

Monitoring dan evaluasi kebijakan

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Dapodik menjadi satu-satunya acuan yang digunakan oleh Kemdikbud untuk membuat, monitoring, dan evaluasi kebijakan. Kebijakan tersebut didasarkan pada data yang ada dalam aplikasi Dapodik.

Meningkatkan efektivitas laporan

Dapodik yang memuat seluruh data kelembagaan sekolah berfungsi mempercepat serta meningkatkan efektivitas pelaporan ke kementrian. Selain itu, aplikasi yang bersifat langsung juga mengurangi risiko penyimpangan.

Aplikasi Dapodik diluncurkan untuk menjaring data sekolah di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari TK hingga SMA/sederajat. Cara penggunaan aplikasi ini tergolong mudah, meskipun membutuhkan ketelitian dalam proses input data. Aplikasi ini juga mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Akademik

Pada dasarnya baik itu Silabus dan RPP PJOK SD (Sekolah Dasar) untuk kelas 1 – 6 ini adalah perangkat terbaru yang akan kami bahas...

Akademik

Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda tentang isi naskah Dwi Darma, Dasa Darma, Tri Satya, dan Dwi Satya, penting untuk Anda tahu terlebih dulu...

Akademik

Acara perpisahan sekolah sudah didepan mata nih, pastinya Anda butuh yang namanya contoh susunan acara perpisahan sekolah terbaru 2019. Dengan begitu Anda akan lebih...

Akademik

Informasi ini disampaikan oleh: LP3I Kampus Siap Kerja Ujian nasional adalah suatu kegiatan dari sekolah yang memang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di...