E filling pajak hadir untuk mempermudah urusan pelaporan pajak, melihat wajib pajak saat ini sebagian besar ialah generasi millennial. Melalui cara ini wajib pajak bisa melaporkan hutang pajaknya kapan pun dan dimana pun yang dijamin tidak memakan waktu lama. E filling juga menjawab berbagai keluhan masyarakat atas proses pelaporan pajak tahunan ini yang dianggap cukup rumit.

Beberapa tahun terakhir pemerintah telah memperkenalkan cara pelaporan pajak secara online dan sebagian wajib pajak telah menggunakannya. Namun, masih ternyata masih sangat banyak pajak yang belum mengetahui fitur apa saja yang terdapat pada e filling. Nah, agar tidak salah paham, simaklah fungsi dan fitur e filling yang merupakan aplikasi pembayaran pajak secara online berikut ini.

Fungsi E Filling

Aplikasi efiling pajak
Aplikasi efiling pajak

Apa sebenarnya fungsi E Filling? Nah, mungkin sebagian dari Anda masih belum mengetahui fungsi dari aplikasi yang satu ini. Secara umum E Filling pajak berfungsi untuk menyampaikan laporan SPT atau melaporkan pajak secara online.

Jadi bisa dikatakan E Filling menggantikan proses penyerahan SPT yang biasanya dilakukan secara offline ke kantor pajak. Jika menggunakan aplikasi ini maka wajib pajak cukup menjawab pertanyaan panduan atau mengisi laporan secara online.

Fitur E Filling yang Tak Banyak Diketahui

  • BPE diperoleh secara Real Time

Meski website DJP Online sedang error maka tanggal BPE yang tersimpan tetap ketika Anda klik “Lapor” karena e filling akan secara otomatis menyimpan. Jadi, Anda tak perlu khawatir jika ada kendala internet atau error dari website tersebut. Selain itu, BPE ini akan tersimpan atau terarsip secara otomatis dalam jangka waktu yang lama.

  • E Filling untuk Laporkan Semua Jenis Pajak

Seperti yang kita tahu pajak yang harus dibayar seorang wajib pajak bisa lebih dari satu jenis. Selain itu, E Filling juga telah mengakomodasi semua pelaporan tersebut dalam satu aplikasi sehingga tetap praktis dan cepat.

  • Hitung Otomatis

Hampir semua wajib pajak tak mengetahui berapa besaran pajak terutang yang harus dibayarkan berdasarkan penghasilan dan aset yang dimiliki dan mengingat tarif. Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara menghitung besaran pajak tak perlu khawatir. Hal tersebut karena di E Filling akan membantu Anda menghitung secara akurat dan otomatis berapa yang harus dibayar. Tinggal isi formulir atau jawab pertanyaan panduan maka akan diketahui nominal pajak terutangnya.

  • Tanpa Instal

E Filling ialah aplikasi berbasis web yang bisa diakses siapa pun tanpa harus instal terlebih dahulu. Dengan begitu, smartphone jenis apapun bisa menggunakannya, tanpa ada batasan penyimpanan dan kriteria lain. Anda pun tak perlu repot melakukan update karena sudah otomatis memperbarui di web tersebut.

E Filling pajak sangat memudahkan, bukan? Wajib pajak pribadi atau badan pun akan memperoleh banyak kemudahan dengan menggunakan aplikasi ini. Nah, untuk pengusaha terutama UMKM bisa mendapatkan kemudahan lebih dari perhitungan pajak tersebut jika menggunakan aplikasi keuangan BukuKas.

Tidak hanya menghitung besaran tarif pajak yang harus dibayarkan namun juga laporan keuangan usaha Anda. Banyak fitur pelaporan keuangan lain dan dengan aplikasi ini Anda tak perlu karyawan Akuntansi lagi karena sangat mudah digunakan bahkan tanpa basik pendidikan ekonomi sekalipun.

Tagged in: