Jenis – Jenis Content Marketing yang Sukses di 2019
content marketing di 2019
Jenis content marketing tersukses di 2019

Jenis – Jenis Content Marketing yang Sukses di 2019

Tak dipungkiri, ketika berbisnis di dunia nyata, tampilan depan toko yang menawan menjadi yang paling dilirik juga dikunjungi. Begitupula ketika berkecimpung di bisnis dalam dunia maya. Konten visual yang paling ‘Wow’-lah yang akan membuat pengguna internet berhenti scrolling, terpukau dan akan berkunjung ke media sosial Anda.

Nah, kami akan suguhkan kepada Anda 10 Jenis konten visual yang sukses di 2019. Simak ulasannya di bawah ini!

Hasil Foto yang Eyecatching

Riset menunjukkan bahwa 93% masyarakat menyebutkan bahwa foto merupakan faktor penentu keputusan nomor satu yang membuat mereka membeli suatu produk atau jasa.

Tiga tips di bawah ini dapat membuat produk atau jasa Anda semakin menarik dalam foto :

  • Tunjukan proses di belakang layar brand Anda.
  • Miliki brand ambassador, atau sosok dengan wajah menarik dalam foto yang akan menampilkan citra brand Anda.
  • Tunjukkan foto produk atau jasa Anda ketika sedang digunakan

Quotes Card yang Menginspirasi

Quotes Card, atau template media sosial yang berisi quotes merupakan konten yang paling tinggi tingkat share-nya di berbagai platform media sosial. Masyarakat cenderung menyukai membagikan quotes ke linimasa mereka. Akan semakin bermanfaat bagi Anda apabila quotes tersebut diambil dari konten yang Anda miliki dimana telah disisipkan branding perusahaan Anda.

Buatlah quotes card atau template quotes unik, yang mencirikan citra brand Anda. Card ini sangat mudah dan cepat dibuat. Gunakan pula quotes yang merefleksikan nilai dari brand Anda.

Call to Actions (CTA) yang Kuat

Pengaruhi pengunjung media sosial maupun situs Anda untuk melakukan aksi, dengan cara menyematkan Call to Actions (CTA) pada desain konten Anda. Contohnya menggunakan kalimat seperti : “Beli Sekarang”, “Klik Disini”, “Kunjungi Web Kami”, “Ikuti IG kami”, dan lain sebagainya.

Kalimat tersebut perlu didesain paling eyecatching, dengan peletakkan yang terlihat, penuh warna dan gambar yang akan menarik perhatian pengunjung media sosial Anda. Cara ini sangat baik untuk mempromosikan penjualan, acara, diskon maupun penawaran ekslusif lainnya.

Foto yang Mengandung Brand Anda

Dalam desain, gunakan foto yang merefleksikan unique selling point dari brand Anda. Tangkap nilai yang brand Anda miliki melalui gambar, warna serta komposisinya. Penggunaan citra brand yang detail dapat membuat konten Anda meraih 67% perhatian pemirsa.

Visualisasi Data yang Menarik

Jika Anda hendak menyuguhkan data kepada pemirsa, maka buatlah dalam bentuk visualisasi yang menarik. Sebagai contoh, peta, bagan, grafik, diagram, tabel maupun bentuk menarik lainnya.

Visualisasi data ini sebaiknya dengan desain yang merefleksikan brand Anda. Dengan data visual yang menarik, akan mengkomunikasikan fakta penting kepada pemirsa secara lebih cepat. Empat puluh persen (40%) masyarakat merespon dan lebih mudah paham dengan informasi berbentuk visual dibandingkan berbentuk teks sederhana.

Video yang Meningkatkan Engagement

Miliki musik khusus untuk brand Anda, seperti jingle yang akan membuat masyarakat terngiang brand Anda ketika musik tersebut terdengar. Termasuk ketika membuat video yang akan meningkatkan engagement pemirsa.

Sediakan tidak hanya konten visual berupa gambar, namun juga berupa video. Data menunjukkan bahwa 64% konsumen lebih tertarik melakukan pembelian produk maupun jasa online setelah menonton video.

Tips, Trik dan Tutorial

Sediakan tips, trik maupun tutorial penggunaan produk dan jasa Anda secara visual. Hal ini untuk meraih perhatian pemirsa, mendorong mereka untuk menyebarluaskannya dan membuatnya lebih mudah untuk diperoleh.

Tunjukkan cara yang menarik ketika menggunakan produk Anda. Tips, trik, dan tutorial ini bukan hanya terkait produk Anda, tapi bisa juga tips lainnya yang akan disukai oleh pangsa pasar Anda, seperti resep memasak, life hack, dan lain sebagainya.

Tangkapan Layar Informatif

Screenshots secara bangga testimoni maupun ulasan yang positif dari pelanggan terkait produk Anda. Fakta menunjukkan bahwa 88% masyarakat membaca ulasan dari pelanggan lain untuk mengetahui kualitas bisnis Anda.

Anda dapat mendesain ulang dan memperjelas kembali tangkapan layar tersebut sehingga lebih mudah dipahami.

Pertanyaan yang Mengundang Jawaban

Siapkan pertanyaan kritis yang akan membuat pemirsa berhenti scrolling untuk memikirikan pertanyaan yang Anda lemparkan. Desain pertanyaan tersebut dengan gambar dan tipe font yang menarik.

Cara ini dapat membuka percakapan dengan calon konsumen dan meningkatkan engagement mereka terhadap bisnis Anda.

Infografis

Suatu bisnis yang menggunakan Infografis melaporkan 12% profit lebih tinggi dibandingkan yang tidak menggunakan infografis. Infografis sendiri mendapatkan respon berupa like dan share sebanyak 3x lipat lebih banyak dibanding jenis konten visual lainnya.

Dengan infografis, data yang gemuk dapat dirampingkan tampilannya dengan desain yang menarik. Bahkan, informasi yang disajikan akan lebih mudah dipahami dan diikuti langkahnya.

Sudah siap menyediakan konten visual yang akan viral? ๐Ÿ™‚

Written by
Sheila Putri
Join the discussion
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.