Connect with us

Hi, what are you looking for?

Peluang Usaha

Ini Jenis Kerapu yang Banyak dikonsumsi dan Dicari di Dunia

Ikan kerapu sangat terkenal di kalangan pecinta makanan laut karena rasanya yang enak. Selain itu, ikan kerapu juga merupakan ikan yang mengandung gizi tinggi. Ikan kerapu banyak hidup di sekitar batu karang sehingga membuat ikan ini sulit ditemukan. Ikan kerapu yang langka membuat harga jualnya melambung tinggi.

Jenis Ikan Kerapu Konsumsi

Rasa ikan kerapu yang lezat membuat permintaan ikan kerapu terus meningkat. Hal tersebut membuat banyak masyarakat yang mulai membudidayakan ikan kerapu. Ikan kerapu terbagi menjadi dua, ikan kerapu asli dan kerapu hybrida (hasil rekayasa atau perkawinan silang). Beberapa jenis ikan kerapu yang banyak dikonsumsi, yaitu:

1.      Kerapu Batik

Ikan kerapu ini merupakan jenis ikan kerapu yang hidup di laguna pantai. Ikan kerapu batik memiliki ciri tubuh yang berwarna kecoklatan atau cenderung abu-abu pucat pada beberapa bagian.

Warna unik tersebut yang membuat ikan kerapu ini memiliki harga yang cukup tinggi. Kerapu batik adalah jenis ikan yang bisa dibilang terancam punah, karena habitatnya yang semakin hari semakin rusak.

2.      Kerapu Sunuk atau Kerapu Merah

kerapu merah
ikan kerapu merah

Kerapu merah hidup pada perairan yang memiliki terumbu karang. Banyak pemancing yang sengaja berburu ikan kerapu sunuk atau kerapu merah. Tidak hanya di Indonesia, ikan kerapu ini juga banyak dicari di Amerika. Ketika dimasak, ikan kerapu merah memiliki rasa daging yang lezat.

3.      Kerapu Macan

Ikan kerapu macan adalah jenis varietas kerapu asli, bukan hybrid. Ikan ini hidup pada perairan dekat terumbu karang. Jenis ikan kerapu macan banyak ditemui di perairan Indonesia. Ciri tubuh ikan kerapu macan adalah ditutupi sisik mengkilap dengan corak loreng menyerupai macan. Masakan ikan kerapu macan dijual sekitar harga Rp. 100.000 per porsi.

4.      Kerapu Tikus atau Kerapu Bebek

Banyak yang menyebut ikan kerapu tikus dengan nama kerapu bebek. Hal tersebut dikarenakan bentuk kepala ikan yang seperti tikus atau bebek dengan bentuk yang lancip. Habitat ikan kerapu tikus adalah di perairan dengan karang atau di laguna.

Ciri ikan kerapu tikus adalah memiliki corak bintik hitam di sekujur tubuh. Umumnya, ikan kerapu ini diminati di Hongkong dan Taiwan.

5.      Kerapu Lumpur

Jenis ikan kerapu lumpur banyak ditemukan di perairan yang berlumpur atau pada batuan karang laut dangkal. Kerapu lumpur dikenal mengalami pertumbuhan yang cepat. Kerapu lumpur banyak dibudidayakan oleh masyarakat untuk memenuhi permintaan terhadap ikan kerapu.

6.      Kerapu Kertang

kepala ikan kerapu dewasa
kepala ikan kerapu dewasa

Kerapu kertang dikenal juga dengan nama giant grouper yang memiliki ciri tubuh besar. Ikan kerapu ini bisa tumbuh dengan panjang tubuh sampai 1,5 meter dengan berat hingga 100 kg.  Kerapu kertang memiliki warna tubuh yang hitam dengan corak totol di sekujur tubuh.

7.      Kerapu Cantang

Ikan kerapu cantang adalah jenis ikan kerapu yang diperoleh dari hasil persilangan antara kerapu macan dan kerapu kertang. Oleh karena itu, ikan ini diberi nama sebagai kerapu cantang. Bentuk tubuh ikan ini menyerupai kedua jenis kerapu induknya.

Selain itu, spesies kerapu ini mengalami pertumbuhan yang cepat. Sehingga, banyak masyarakat yang mulai membudidayakannya.

8.      Kerapu Muara

Ikan kerapu muara banyak ditemukan di perairan dekat pantai, misalnya muara, hutan bakau, atau perairan laut yang dangkal. Ikan kerapu muara atau kerapu balong memiliki tubuh yang gempal.

Habitat ikan kerapu yang hidup di dekat terumbu karang, membuat ikan kerapu semakin sulit ditemukan. Hal tersebut disebabkan oleh terumbu karang yang banyak dirusak oleh manusia. Harga ikan kerapu yang tinggi tidak menurunkan minat pembelian ikan kerapu. Untuk dapat memenuhi permintaan konsumen yang meningkat banyak masyarakat yang mulai melakukan budidaya kerapu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Akademik

Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda tentang isi naskah Dwi Darma, Dasa Darma, Tri Satya, dan Dwi Satya, penting untuk Anda tahu terlebih dulu...

Akademik

Pada dasarnya baik itu Silabus dan RPP PJOK SD (Sekolah Dasar) untuk kelas 1 – 6 ini adalah perangkat terbaru yang akan kami bahas...

Akademik

Acara perpisahan sekolah sudah didepan mata nih, pastinya Anda butuh yang namanya contoh susunan acara perpisahan sekolah terbaru 2019. Dengan begitu Anda akan lebih...

Akademik

Informasi ini disampaikan oleh: LP3I Kampus Siap Kerja Ujian nasional adalah suatu kegiatan dari sekolah yang memang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di...