Juknis BOS 2019 Untuk Sekolah Dasar Hingga Menengah Atas Berdasarkan Permendikbud
Juknis BOS 2019 Untuk Sekolah Dasar Hingga Menengah Atas Berdasarkan Permendikbud
Juknis BOS 2019

Juknis BOS 2019 Untuk Sekolah Dasar Hingga Menengah Atas Berdasarkan Permendikbud

Tahukah Anda apa itu Juknis BOS 2019? Ini merupakan petunjuk teknis bantuan operasional sekolah, mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga menengah atas berdasarkan Permendikbud No 1, yang membahas mengenai petunjuk teknis bantuan operasional sekolah. Penting untuk Anda ketahui pada dasarnya ada beberapa tujuan dari BOS itu sendiri, mari simak selengkapnya pada ulasan berikut ini.

Juknis BOS 2019 Untuk Sekolah Dasar Hingga Menengah Atas

Juknis BOS 2019 Untuk Sekolah Dasar Hingga Menengah Atas Berdasarkan Permendikbud

Tujuan Juknis BOS 2019 untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)

  • Juknis BOS 2019 membantu penyediaan pendaan biaya operasional non personal di sekolah – sekolah. Tetapi demikian masih ada beberapa pembiayaan personil yang masih bisa dibayarkan dari dana BOS.
  • Bebaskan dari pungutan biaya operasi sekolah bagi peserta didik.
  • Meringankan beban biaya operasional sekolah bagi peserta didik yang diselenggarakan oleh masyarakat.
  • Membebaskan pungutan peserta didik yang orangtuanya kurang mampu.

Tujuan Juknis BOS 2019 untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)

  • Membantu penyediaan pendanaan biaya operasional non personil sekolah, namun masih ada beberapa pembiayaan personil yang masih dibayarkan dari dana BOS.
  • Tingkatkan angka partisipasi kasar.
  • Mengurangi angka putus sekolah anak.
  • Wujudkan keberpihakan pemerintah pusat bagi peserta didik yang orangtuanya kurang mampu dengan membebaskan atau membantu tagihan biaya sekolah juga biaya yang lainnya.
  • Memberikan kesempatan yang sama bagi peserta didik yang orangtuanya kurang mampu untuk mendapatkan layanan pendidikan yang lebih murah dan bermutu.
  • Tingkatkan kualitas dari proses pembelajaran di sekolah.

Dan berikut ini juga akan kami informasikan kepada Anda tentang sasaran dari diberikannya BOS untuk para peserta didik yang harus Anda ketahui.

  • Juknis BOS untuk pendidikan dasar hingga menengah atas ini diselenggarakan pemerintah pusat, dibawah pengelolaan kementerian pendidikan dan kebudayaan yang sudah terdata dengan baik dalam Dapodik.
  • Sekolah – sekolah yang sudah memenuhi syarat sebagai penerima BOS berdasarkan kriteria yang sudah ditentykan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Penting untuk diketahui bahwa sekolah – sekolah pada dasarnya juga juga bisa menolak BOS yang sudah dialokasikan setelah mendapat persetujuan orangtua, atau wali murid peserta didik lewat komite sekolah, dan kelangsungan pendidikan bagi peserta didik tersebut juga akan tetap terjamin. BOS yang nantinya diterima oleh sekolah akan dihitung berdasarkan jumlah peserta didik di sekolah yang bersangkutan dengan besar satuan biaya sebagai berikut ini.

  • Untuk Sekolah Dasar (SD) sebesar Rp 800 ribu rupiah per satu peserta didik per satu tahun.
  • Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebesar Rp 1 juta rupiah per satu peserta didik per satu tahun.
  • Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebesar Rp 1.4 juta rupiah per satu peserta didik per satu tahun.
  • Untuk SDLB, SMPLB, SMALB, dan SLB sebesar Rp 2 juta rupiah per satu peserta didik per satu tahun.

Pada dasarnya penyaluran biaya BOS ini akan dilakukan di setiap triwulan, yakni antara bulan Januari – Maret, Juli – September, dan Oktober – Desember. Khususnya bagi wilayah yang cukup sulit dijangkau secara geografis, proses pengambilan BOS ini pastinya akan alami beberapa hambatan atau butuh biaya pengambilan yang tidak murah, makanya penyaluran BOS akan dilakukan di setiap semester, yakni Januari – Juni dan Juli – Desember.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang Juknis BOS 2019 untuk sekolah dasar dan menengah atas berdasarkan Permendikbud. Semoga bermanfaat.

Written by
Editorial Staff
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.