Connect with us

Hi, what are you looking for?

Rekomendasi

Ini 5 Jenis Kaca Rekomendasi untuk Rumah Tinggal

Artikel ini disponsori oleh Jasa Arsitek jakarta

Kaca menjadi salah satu elemen yang pasti ada di setiap rumah atau bangunan. Melalui kaca, sinar matahari yang masuk dan memberikan penerangan pada rumah sepanjang tiang secara alami. Kaca memiliki peran penting untuk membentuk penampilan rumah secara menyeluruh.

Tetapi hal ini tidak bisa terwujud bila kaca yang dipakai tidak sesuai dengan kebutuhan atau gaya desain dari rumah anda. Oleh sebab itu, sebaiknya anda ketahui seperti apa jenis kaca rekomendasi untuk rumah tinggal yang sesuai.

5 Jenis Kaca Rekomendasi untuk Rumah Tinggal

Agar anda tidak salah pilih dalam menggunakan kaca untuk rumah tinggal, maka berikut ini adalah lima jenis kaca yang sering digunakan untuk rumah tinggal lengkap dengan fungsi dan kegunaannya.

Apa saja jenis kaca rekomendasi untuk rumah tinggal yang bisa anda pakai? Daripada anda penasaran, simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Kaca Bening

Jenis kaca ini menjadi salah satu yang paling populer penggunaannya untuk rumah tinggal. Kaca bening sering juga disebut dengan kaca polos. Sebab tidak terdistorsi, tidak berwarna, rata dan bisa membiaskan objek dengan sempurna lebih dari 90%. Tetapi jenis kaca ini kurang bisa menahan atau memantulkan sinar matahari.

Jadi tidak disarankan penggunaannya untuk bangunan bertingkat. Pemilik rumah sebaiknya selalu memperhatikan ukuran jendela ketika menentukan ketebalan kaca. Sebab, semakin besar jendela kaca yang digunakan juga harus semakin tebal.

2. Kaca Laminated

Jenis kaca laminated adalah kaca yang tetap ada di dalam bingkainya ketika pecah. Karena memiliki lapisan dalam berupa Polyvinyl Butyral atau yang sering disebut dengan PVB atau EVA Ethylene Vinyl Acetate. Ketika kaca laminasi pecah, maka lapisan tersebut bisa mengikat lapisan lain di dalam kaca supaya tidak terpisah menjadi serpihan kaca tajam.

Biasanya kaca laminasi ini digunakan di zona rumah dengan resiko tinggi seperti pagar balkon, jendela skylight dan tangga.

3. Kaca Tempered

Rumah dengan desain minimalis modern sering menggunakan material berupa kaca tempered. Sebab kaca tempered mempunyai banyak kelebihan. Kaca ini dinilai lebih aman lebih kuat untuk menahan dan mencegah kerusakan. Walaupun rusak kaca, tempered tidak membahayakan karena pecahannya tumpul dan bentuknya seperti kerikil.

4. Kaca One Way

Kaca one way memiliki sifat reflektif. Seperti namanya hanya ada satu sisi kaca ini yang memiliki sifat transparan. Sisi lain dari kaca ini tidak bisa melihat ke arah berlawanan. Jenis kaca ini memiliki sifat reflektif karena ada bahan lapisan tambahan berupa oksida logam. Kaca seperti ini cocok dipakai bila anda ingin menjaga privasi tetapi tetap mewah.

5. Kaca Es

Jenis kaca rekomendasi untuk rumah tinggal yang terakhir adalah kaca es. Teksturnya ada di salah satu bagian sisinya sehingga dapat memberikan efek dekoratif. Tekstur tersebut bisa mengaburkan bayangan sehingga bisa memberi privasi yang cukup dan bisa mengurangi paparan sinar matahari yang masuk.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Akademik

Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda tentang isi naskah Dwi Darma, Dasa Darma, Tri Satya, dan Dwi Satya, penting untuk Anda tahu terlebih dulu...

Akademik

Pada dasarnya baik itu Silabus dan RPP PJOK SD (Sekolah Dasar) untuk kelas 1 – 6 ini adalah perangkat terbaru yang akan kami bahas...

Akademik

Acara perpisahan sekolah sudah didepan mata nih, pastinya Anda butuh yang namanya contoh susunan acara perpisahan sekolah terbaru 2019. Dengan begitu Anda akan lebih...

Akademik

Informasi ini disampaikan oleh: LP3I Kampus Siap Kerja Ujian nasional adalah suatu kegiatan dari sekolah yang memang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di...