Mengenal Keutamaan Sedekah dalam Islam
mengenal keutamaan sedekah
mengenal keutamaan sedekah

Mengenal Keutamaan Sedekah dalam Islam

Sedekah tidak dibatasi oleh batas waktu atau nisab tertentu. Jumlah yang ditetapkan untuk sedekah tidak perlu ada kriteria/persentase tertentu. Di zaman modern ini uang membuat hidup terus berjalan. Keberlanjutan hidup kita sangat tergantung pada kertas ini. Islam bukan hanya agama sajadah dan tasbih yang harus digulung.

Sebaliknya, Islam merupakan modul untuk berperilaku yang lengkap. Sedekah merupakan bentuk amal yang ditekankan dalam agama Islam dan mempunyai banyak keutamaan. Salah satunya dijelaskan beberapa dalam artikel berikut ini.

Sedekah dapat menyelamatkanmu dari malapetaka, Nabi Muhammad (SAW) berkata:

“Berilah sedekah tanpa penundaan, karena itu (sedekah) menghalangi jalannya malapetaka.”

(Al-Tirmidzi)

Jika masa lalu kamu penuh masalah, inilah tiket yang dapat kamu lakukan. Bersedekah. 

Sedekah membuat kekayaan beredar di masyarakat (ummiabi). Melalui sedekah, orang miskin mendapatkan bagian yang layak dari kekayaan orang kaya. Sistem sedekah yang indah membuat kekayaan beredar di dalam sistem. Ini kemudian mengarahkan pada penghapusan diskriminasi yang memisahkan orang kaya dan orang miskin.

Sedekah merupakan amal yang berlangsung selamanya. Ada yang namanya sedekah jariyah. Sedekah jariyah adalah jenis amal yang berlangsung selamanya. Misalnya, pompa air yang dipasang di masjid karena orang menghadapi kekurangan air. Jenis amal ini sangat penting dalam Islam. Bahkan setelah meninggal dunia, pahala sedekah jariyah terus mengalir bahkan setelah kamu meninggal dunia.

Syekh Salih al-Fawzān (حفظه الله) menyebutkan: “Memang pemberian amal dari kekayaan dan dari penghasilan yang halal di jalan Allah (سبحانه و تعالى) adalah dari yang paling baik dan paling luhur dari semua tindakan menyembah.”

Karena memang, sama seperti ibadah dengan anggota tubuh ketika Anda berdiri dalam doa, dan ketika Anda menahan makanan selama bulan Ramadhan (dan Anda membantu seseorang turun dari bus, atau Anda membantu seseorang masuk ke rumah, atau Anda membantu orang tua membawa baarang belanjaan mereka baik itu perempuan atau laki-laki), maka ini adalah tindakan ibadah dengan anggota tubuh juga ibadah dengan kekayaan dan harta milik seseorang.”

Written by
Karinov
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.