Kumpulan Prefil Dapodik Semester 1 Tahun 2018/2019
Prefil Dapodik

Kumpulan Prefil Dapodik Semester 1 Tahun 2018/2019

Untuk meningkatkan mutu pendidikan di tingkat Sekolah Dasar hingga Menengah tahun 2018, juga peningkatan kuantitas dan kualitas dari data kependidikan, telah dikeluarkan surat edaran Dirjen Dikdasmen No. 21/D/PO.2018 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yang menyatakan mengenai Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2018/2019.

Dimana dalam surat edaran tersebut berisikan mengenai Satuan Pendidikan telah diinstruksikan untuk lakukan pemetaan mutu, misalnya saja dengan cara melengkapi instrumen pemetaan mutu via aplikasi PMP atau Pemetaan Mutu Pendidikan versi terbaru. Tidak hanya itu saja, juga diperlukan mengirim data pemetaan mutu tahun pelajaran 2018/2019.

Secara teknis sistem yang ada di Pemetaan Mutu Pendidikan ini merupakan add on atau turunan dari aplikasi Dapodikdasmen. Sehingga semua data pokok yang ada di PMP tersebut bersumber dari aplikasi Dapodikdasmen. Oleh sebab itu untuk bisa jalankan sistem yang ada di PMP dan mengisi instrumen pemetaan mutu, maka butuh PC yang sudah terinstal aplikasi Dapodikdasmen dengan data – data lengkap yang dibutuhkan.

Sementara itu dalam rangka pergantian tahun ajaran baru tahun lalu telah diumumkan bahwasannya server Dapodikdasmen akan Off untuk lakukan maintenance. Oleh karenanya, untuk bisa memfasilitasi satuan pendidikan yang masih belum melengkapi dan mengirimkan data – data instrumen pemetaan mutu sudah disediakan unduhan untuk prefil Dapodik versi terbaru.

Kumpulan Prefil Dapodik Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019

Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda tentang prefil Dapodik lebih lengkapnya, penting sekali untuk diketahui terlebih dulu bahwa dalam memulai pekerjaan entry data di aplikasi Dapodik untuk semester 1 tahun pelajaran 2018/2019, tidak hanya bisa menggunakan mekanisme registrasi secara online ternyata juga bisa dilakukan dengan mekanisme registrasi offline.

Khususnya untuk cara registrasi offline, Anda nanti butuh file prefil Dapodik sebagai database dari semua data terakhir yang sudah berhasil Anda kirimkan ke server Dapodikdasmen sebelumnya. Untuk melakukan proses generate dan uduh prefil Dapodikdasmen versi terbaru langkah – langkahnya sebagai berikut ini.

Langkah Pertama

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunjungi salah satu link generate dan unduh prefil Dapodik di link utama, atau di salah satu link alternatif generate.

Baca juga: Link prefill dapodik terbaru 2019 [Valid]

Langkah kedua

Apabila sudah berhasil maka akan tampil halaman generate, silakan Anda unduh atau download prefil Dapodik semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Anda juga bisa langsung memilih jenjang pendidikan Anda kemudian memasukkan User Name dan Password Dapodik, juga kode registrasi Dapodik dari sekolah tempat Anda mengajar.

Langkah ketiga

Tunggu beberapa saat sampai nanti Anda mendapati tombol Download Prefil Dapodik. Silakan klik saja pada menu Download.

Langkah keempat

Cek di folder file prefil yang sudah Anda download tadi. Penting sekali untuk Anda tahu bahwa di sini Anda bisa membiarkan nama file ada adanya, jangan merubah nama atau rename. Jika sudah, pindahkan file tersebut di nama folder Prefil_Dapodik yang ada di drive C PC Anda.

Nah, itulah tadi informasi yang bisa kami bagikan tentang kumpulan prefil Dapodik semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Semoga bermanfaat.

Written by
Editorial Staff
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.