Checklist Persiapan Liburan ke Bali Bersama Keluarga
budget liburan ke bali bersama keluarga

Checklist Persiapan Liburan ke Bali Bersama Keluarga

Mom, tanggal merah telah tiba! Liburan ke Bali bersama keluarga bisa menjadi ide yang bagus. Ada banyak tempat wisata anak dengan nilai edukasi yang tinggi. Selain itu, Bali juga bisa menjadi destinasi yang tepat untuk memperkenalkan budaya Indonesia pada si kecil. 

Tidak melulu soal si kecil, Anda dan suami juga bisa menikmati wisata romantis yang ada. Siap-siap saja untuk merasakan bulan madu kedua kalinya. Jadi, segeralah untuk memesan tiket pesawat, akomodasi, dan jangan lupa packing

Liburan ke Bali Bersama Keluarga, Apa yang Harus Disiapkan?

transportasi liburan ke bali

a. Transportasi, Akomodasi, Dokumen

1. Transportasi Menuju Bali

Jika Anda tidak mempunyai waktu yang banyak, gunakanlah jalur udara via pesawat. Namun, jika waktu liburan cukup banyak dan ingin lebih hemat, Anda bisa menggunakan jalur darat via kereta api ataupun mobil, disambung dengan menggunakan feri. 

Apapun transportasi yang Anda pilih, semua kembali pada jarak tempuh dan budget. Namun, liburan bersama keluarga akan lebih efisien jika Anda menggunakan jalur udara. Apalagi jika mengajak bayi atau anak kecil, bayangkan jika anak rewel karena waktu tempuh yang terlalu lama?

Untuk mendapat biaya transportasi yang murah, sebaiknya rencanakan pemesanan dari jauh-jauh hari. Jangan mendadak jika Anda tidak ingin terjadi pembengkakan biaya hanya untuk transportasi saja. 

2. Transportasi di Bali

Menyewa mobil dengan supir adalah ide yang bagus untuk berlibur di Bali bersama keluarga. Mengapa?

  • Tidak perlu repot mencari rute lokasi wisata, percayakan pada supir yang Anda sewa
  • Liburan menjadi lebih aman dan nyaman dengan ruang yang fleksibel didalam mobil
  • Biaya yang keluar akan lebih kecil dibandingkan menggunakan taksi online
  • Menghemat waktu menjadi lebih efisien

Masih kurang hemat? Anda juga bisa menyewa mobil tanpa supir. Carilah penyedia sewa yang murah dan terpercaya dengan jasa antar sebelum keberangkatan (Anda bisa mencarinya di internet). Hubungi CS nya, kemudian mintalah penjemputan langsung di bandara.

3. Akomodasi

Ada banyak jenis penginapan di Bali. Anda bisa menyewa guesthouse, hotel, ataupun villa. Hotel bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin berlibur dengan sejuta pelayanan instan. Guesthouse dan villa bisa menjadi solusi untuk keluarga yang ingin mempunyai ruang privasi lebih dan pengalaman yang lebih unik. 

Banyak villa atau guesthouse di Bali dengan kolam renang pribadi, dapur, ruang TV, taman, garasi, dan lainnya. Semua itu bebas diakses oleh semua anggota keluarga.

Tentu keharmonisan akan lebih terjaga, akan timbul rasa ‘seperti rumah sendiri’ jika Anda menyewa satu rumah/villa langsung. Dijamin, anak-anak tidak akan bosan seharian bermain di villa.

4. Dokumen

Identitas diri (KTP), SIM A, SIM C, kartu ATM, kartu kredit, dan dokumen penting lainnya jangan sampai tertinggal di rumah! Bawalah juga identitas anak-anak, entah itu kartu pelajar atau hanya nametagpada tas atau koper. 

Simpanlah kartu atau dokumen penting pada tas yang selalu dibawa-bawa (misalnya tas selempang, tas teng teng, dan lainnya). Itu akan memudahkan ketika Anda membutuhkannya, dibandingkan harus membongkar koper?

Baca juga: Cara Cepat Membuat Paspor secara Online

b. Pakaian

Bawalah pakaian secukupnya untuk Anda, suami, dan anak-anak. Orang dewasa tentu sudah bijak untuk memilih pakaian. Namun, bagaimana dengan anak-anak?

Jika Anda dan keluarga lebih banyak menghabiskan waktu dengan wisata outdoor, anak-anak tentu membutuhkan baju ganti yang lebih.

Ingat, Pulau Bali bisa sangat panas di siang hari! Jadi, sebaiknya bawalah pakaian yang nyaman untuk cuaca panas (misal: tanga pendek, celana pendek, dress). Jangan lupakan baju renang! Untuk apa liburan ke Bali jika tidak bermain air di pantai? 

Gunakan baju dengan warna-warna cerah agar memberikan aura ceria sepanjang hari. Untuk menghemat ruang pada koper/tas, membeli baju secara langsung di Bali juga bisa jadi solusi. Banyak baju anak-anak yang bagus dan murah.

c. Alas Kaki

Persiapkan alas kaki berupa sandal dan sepatu (sneakers) untuk si kecil lengkap dengan kaos kakinya. Ingin pergi ke pantai? Gunakanlah sandal. Ingin pergi ke kebun binatang, pusat perbelanjaan, menonton teater? Gunakanlah sneakers.

Lalu bagaimana dengan Anda dan suami? Mom, Anda bisa membawa sandal dan wedges. Percaya deh, membawa high heels bisa jadi menyusahkan, karena hampir semua wisata di Bali bersifat outdoor. Suami bisa membawa sandal dan sepatu. Simpel. 

d. Perlengkapan Bayi dan Anak

Jika Anda membawa bayi selama perjalanan, selimut kecil bisa membuatnya semakin nyaman. Tidak hanya itu saja, stroller mini dan baby carrier juga wajib dibawa! Ingin mengajak bayi berenang? Jangan lupa untuk membawa baby ring.

  • DiapersBawalah popok secukupnya. Jika kurang, Anda bisa membelinya di supermarket. Jangan lupa dengan tisu basah, tentu sangat penting untuk kenyamanan si bayi.
  • Makanan: Bawalah botol susu dan makanan bayi untuk mengganjal perutnya selama perjalanan. Anda juga bisa membawa makanan ringan. Jangan sampai anak-anak merasa kelaparan karena tidak ada makanan ringan sama sekali.
  • Obat-obatan: Bawalah obat-obatan khusus untuk anak/bayi (jika ada). Karena jika tertinggal, bisa membahayakan dirinya. Untuk jaga-jaga, anda juga bisa membawa paracetamol, obat alergi, kayu putih, hand sanitizer, dan lainnya.

e. Toiletteries

Hotel, villa, atau guesthouse biasanya menyediakan toiletteries lengkap dengan handuk. Tapi, biasanya tidak akan cukup jika Anda membawa anak-anak. Sebaiknya, bawalah toiletteries bag yang bisa dilipat, setidaknya dapat berisi:

  • Shampoo dan sabun bayi
  • Sunscreen danbody lotion(PENTING!)
  • Sikat gigi dan odol
  • Sisir
  • Bedak atau krim ruam untuk bayi
  • Peralatan mandi secukupnya untuk orang dewasa

f. Barang Lainnya

Jangan lupakan handuk atau kain pantai, kacamatan hitam, topi pantai/topi gaya, mainan kecil kesayangan anak, headset, smartphone, charger, lotion anti nyamuk, laundry bag, peralatan snorkeling/diving, bantal leher, dan kamera untuk mengabadikan momen selama berlibur!

Tips Packing Barang Bawaan untuk Berlibur ke Bali Bersama Keluarga

tips packing liburan ke bali bersama keluarga

Sudah mempersiapkan barang apa saja yang akan dibawa? Kini saatnya untuk packing! Tidak perlu ribet-ribet dan bingung, berikut adalah tipsnya:

  • Bawalah tas/luggage/koper seperlunya
  • Biarkan anak-anak membawa tas berisikan kebutuhannya masing-masing
  • Gunakanlah tas selempang, tas kecil, atau tas teng teng untuk menyimpan barang berharga seperti smartphone, dompet, dan dokumen penting lainnya
  • Pisahkan tas yang berisi perlengkapan bayi dengan perlengkapan orang dewasa atau anak (jika membawa bayi)
  • Gunakan toiletteries bag yang bisa dilipat

Bagaimana, MomSudah siap untuk liburan ke Bali bersama keluarga? Checklist dan tips diatas tentu hanya mempermudah saja. Semuanya kembali pada kebutuhan pribadi masing-masing keluarga.

Ada saran lain? Yuk diskusi di kolom komentar. 

Written by
Mendy Aisha
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.