Checklist Liburan ke Bali Untuk Backpacker Wanita
tips liburan ke bali untuk backpacker wanita

Checklist Liburan ke Bali Untuk Backpacker Wanita

Ada waktu luang, dan berencana untuk liburan ke Bali? The Island of Paradise, begitulah turis mancanegara memberi julukan pada Pulau Dewata, Bali.

Semenjak rilisnya film Eat Pray Love pada tahun 2010, Bali menjadi sasaran para wisatawan di seluruh dunia. Bahkan, dilansir dari kompas.com, pada awal 2019, jumlah turis mancanegara yang pegi liburan ke Bali naik 31,6%.

Tidak hanya turis dari luar saja, popularitas Pulau Dewata juga semakin meningkat di kalangan turis lokal, baik muda maupun tua. Khusus untuk kawula muda, berlibur dengan gaya ‘backpacker’ di Bali seolah menjadi trend. Tak hanya pria, namun wanita juga. 

Berlibur kaya pengalaman dengan budget seminim-minimnya, sesimpel mungkin, dan semandiri mungkin.

Dibandingkan dengan pria, pastinya backpacker wanita punya persiapan yang lebih. Lalu, apa saja yang harus disiapkan oleh backpacker wanita sebelum liburan ke Bali? 

Check this out!

Perlengkapan Pribadi

1. Backpack / Tas Carrier / Luggage 

liburan ke bali backpacker wanita
Tipe tas yang dibawa penting diperhatikan

Siapa bilang backpacker itu harus menggunakan backpack atau tas carrier? Anda bisa menggunakan luggage/koper jika itu dirasa nyaman. 

Jangan gunakan tas yang terlalu besar, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Gunakanlah tipe tas yang anti air, atau jika tidak, persiapkan rain cover untuk menghindari basah karena hujan.

Selain itu, sebaiknya Anda juga membawa tas selempang atau sejenisnya untuk menyimpan barang-barang berharga seperti dompet, smartphone, kamera, dan lainnya.

2. Pakaian

harga liburan ke bali

Bawalah pakaian seperlunya.

Jika Anda berlibur untuk waktu yang lumayan panjang (contoh: 1 minggu – bulan), tetap jangan bawa pakaian berlebih. Anda bisa memanfaatkan fasilitas laundry yang ada di penginapan atau di sekitar Bali (cari rate laundry yang paling murah!).

Karena Anda berlibur ke Bali dengan segudang wisata alam, sebaiknya menggunakan outfit yang simpel. Maksudnya adalah, tentu saja Anda tidak akan membutuhkan high heels selama di pantai bukan? 

Akan sangat simpel ketika Anda hanya membawa sandal dan sepatu saja. Namun, itu kembali lagi bergantung pada kebutuhan sendiri.

Intinya, bawalah pakaian yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk membawa topi karena cuacanya bisa sangat panas, sweater/jaket agar tidak masuk angin, beachwear, dan pakaian dalam secukupnya. 

3. Aksesoris Tubuh

liburan ke bali via darat

Untuk menghindari penjambretan atau kehilangan, sebaiknya jangan membawa perhiasan. 

Hati-hati dengan jam tangan, terkadang banyak orang yang meninggalkan jam tangan di suatu tempat setelah melepasnya. 

Jangan lupa untuk membawa kacamata hitam! Bersantai di pantai tentunya akan sangat silau. Kacamata bisa jadi penyelamat, penampilan juga bisa menjadi lebih stylish.

4. Toiletteries

liburan ke bali sendiri

Toiletteries yang paling penting selama ada di Bali untuk wanita adalah skincare!

Jangan lupa untuk membawa sunscreen dan lotion jika Anda tidak mau terbakar ketika berjemur seharian di Pantai. 

Anda ingin membawa conditioner? Bawalah travel conditioner, sehingga tidak membutuhkan air untuk membilas. Parfum juga penting.

Bawalah alat mandi secukupnya. Agar lebih simpel, untuk menghemat tempat pada backpack, gunakanlah travel bottle dan toilitteries bag

Jangan lupa juga untuk membawa handuk yang mudah kering (antisipasi tidak diberi handuk di penginapan).

5. Make up

liburan ke bali anti ribet

Ini yang paling ditunggu-tunggu dan paling penting untuk wanita.

Sebagai saran, bawalah BB/CC Cream yang mengandung SPF tinggi untuk melindungi dari sinar UV. Jangan lupa untuk melindungi bibirmu dengan lipbalm. 

Jika destinasi wisata tidak hanya pantai, jangan lupa membawa bedak, lipstick, blush on, maskara, dan make up lainnya sesuai kebutuhan.

 6. Dokumen, smartphone, dan lain-lain

liburan ke bali bawa apa aja

Saya yakin, smartphone adalah hal yang selalu diingat dimanapun Anda berada.

Mengantisipasi bosan selama perjalanan? Bawalah headset untuk mendengarkan musik. Charger dan power bank jangan sampai tertinggal ya!

Jangan lupa untuk membawa kartu identitas data diri seperti KTP, SIM A, SIM C. Untuk keuangan, jangan lupa juga untuk membawa kartu ATM, kartu kredit, dan uang tunai. Simpan di dalam dompet di tempat yang aman. 

Bawalah obat-obatan pribadi, pereda nyeri, apalagi jika Anda mempunyai alergi.

Bawalah botol minum selama perjalanan, selain mengatasi dehidrasi, Anda juga sudah berkontribusi untuk mengurangi sampah plastik. 

Perlengkapan Tambahan (Opsional)

1. Kamera dan perlengkapannya

liburan ke bali hemat

Untuk sebagian orang, mengabadikan momen dengan kamera adalah hal yang sangat krusial ketika perjalanan. 

Ada baiknya Anda membawa kamera dengan ukuran kecil agar mudah dibawa-bawa dan tidak menyusahkan. 

Tidak cukup dengan kamera saja? Anda bisa membawa perlengkapannya, misalnya tripod, kamera tambahan, dan baterai tambahan. 

Berminat untuk mengabadikan gambar bawah laut? Bawalah action camera (go-pro, xiaomi yi, b-pro). Tentu hal ini kembali lagi pada kebutuhan masing-masing.

Hanya membawa tongsis saja untuk berselfie menggunakan smartphone juga tentu tidak dilarang.juga tentu tidak dilarang.

2. Peralatan snorkeling

liburan ke bali murah

Keindahan bawah laut di Bali selalu menjadi daya tarik turis di seluruh dunia. Berencana untuk membuktikannya secara langsung? Pergilah snorkeling atau diving.

Mau menghemat? Bawalah peralatan snorkeling dari rumah (untuk yang punya saja). 

3. Alas pantai/handuk pantai

tips liburan ke bali

Mau bermain air di pesisir laut atau berjemur di pantai? Jangan lupa membawa handuk/kain pantai yang bisa digunakan sebagai alas. Tidak hanya sebagai alas saja, handuk ini juga akan berguna menghangatkan badan setelah bermain air.

Checklist liburan ke Bali untuk backpacker wanita yang telah dijelaskan diatas tentu hanyalah tips dan masukan saja yang mungkin bisa membantu Anda. 

Kembali lagi pada pribadi masing-masing. Intinya, sesuaikan barang bawaan dengan apa yang dibutuhkan. Karena, prinsip dari perjalanan backpacker adalah simple, biaya minim, dan mandiri. 

Ada saran lain dan masukan lainnya? Gunakan kolom komentar untuk berdiskusi! 

Written by
Mendy Aisha
Join the discussion
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.