Cara Membangun Hubungan Baik dengan Anak
membangun hubungan baik dengan anak
Membangun hubungan baik dengan anak

Cara Membangun Hubungan Baik dengan Anak

Keluarga yang kokoh akan membentuk pribadi anak menjadi baik, berkarakter dan bermanfaat bagi kehidupan. Salah satu ciri keluarga yang kokoh adalah hadirnya hubungan yang baik dengan buah hati.

Membangun hubungan baik dengan anak diperlukan upaya khusus dan berkesinambungan sebagaimana berikut :

Berbincang dengan Anak terkait Tema selain Tentang Sekolah

Seringlah berinteraksi dan mengajak anak bercakap-cakap untuk menjalin komunikasi yang baik. Tema yang dibicarakan tidak harus melulu tentang kegiatan sekolah karena bisa jadi hal tersebut akan membuatnya bosan. Anda bisa berbincang mengenai tema seru terutama akan hal yang disukai anak.

Biarkan Mereka Mengajarkan Anda tentang Minat Mereka

Setiap anak memiliki minat dan bakatnya masing-masing. Ketika menemukan minatnya, mereka akan berbinar dan lebih ahli di bidang tersebut. Biarkanlah mereka mengajarkan kepada Anda akan hal yang menjadi minat Anak. Contohnya ketika mereka memiliki minat pada menunggang kuda, Anda dapat membiarkan mereka mengajarkannya kepada Anda.

Ingatkan Sesuatu Tentang Kehidupan Mereka

Anak akan senang mendengar kisah masa kecil mereka dari mulut Anda. Ingatkan mereka betapa bahagianya mereka waktu itu, ketika mereka bermain hujan, atau ketika mereka melakukan hal yang lucu dan menarik.

Berbagi Hal tentang Kehidupan Anda

Setiap pribadi memiliki kisah tersendiri, termasuk kisah tentang Anda. Dengan menceritakan kisah hidup Anda pada Anak, akan membuat mereka merasa dipercaya. Mereka pun akan lebih memahami Anda, dan akan menjadi pendengar bahkan penasihat yang baik untuk Anda.

Lakukan Aktivitas yang Meningkatkan Engagement dengan Anda

Beraktivitas bersama berarti melakukan aktivitas secara bersama, dimana setiap individu tidak hanya hadir tapi jiwa pun turut dihadirkan. Aktivitas bersama ini berbeda dengan sama-sama melakukan aktivitas.

Contohnya, sekeluarga pergi ke Mall, si anak bermain game, dan orangtua belanja sendiri atau sibuk sendiri. Gantilah dengan aktivitas yang bisa meningkat engagement dan bonding, seperti aktivitas yang membutuhkan kekompakan dan kebersamaan.

Kisahkan Cerita Menarik pada Anak

Berkisah merupakan salah satu momen yang akan meningkatkan bonding anak. Ceritakan pada mereka kisah yang heroik, lucu, maupun kisah yang memalukan sekalipun. Semua dengan tujuan supaya anak semakin peka terhadap lingkungan dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Berbagi Kisah Hidup Anda yang Inspiratif

Anda pastilah memiliki kisah inspiratif, kisah prestasi dan kisah kemenangan. Pilih kisah terbaik Anda dan ceritakan pada anak. Ia akan turut merasa bangga, bahagia dan bertekad melakukan yang lebih baik. Anak pun akan lebih menyayangi Anda.

Lakukan Hal Seru

Lakukan hal seru bersama anak, termasuk yang menantang adrenalin. Mendaki gunung, berkemping, bahkan menciptakan kreasi masakan bersama pun bisa menjadi hal yang seru. Mereka akan senantiasa mengingat momen menyenangkan ini bersama Anda.

Gunakan Minat Mereka pada Pengajaran dan Aktivitas

Pengajaran akan semakin mudah diterima Anak apabila Anda memasukkan pula minat mereka ke dalamnya. Misalnya anak suka berenang, ajak ia berenang sembari Anda mengajarkan tentang hakikat dan hikmah yang terkandung di dalamnya.

Minta Maaf Apabila Anda Bersalah

Jangan malu mengucapkan maaf, termasuk pada Anak. Hal ini merupakan teladan nyata bagi anak akan jiwa yang mudah minta maaf, serta yang mudah memaafkan. Tentunya untuk dunia yang lebih baik.

Anak pun akan tumbuh menjadi anak yang lebih berhati-hati, serta tidak segan-segan meminta maaf apabila bersalah, dan berbesar hati untuk memaafkan kesalahan orang lain.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.