Cara Membantu Anak Menghadapi Stress
membantu anak menghadapi stress
Cara bantu anak menghadapi stress

Cara Membantu Anak Menghadapi Stress

Biasanya kita mendapati bahwa hanya orang dewasa yang mengalami stress, namun ternyata kini anak-anak pun mengalami hal yang sama. Penyebab stress pada anak-anak sangat beragam diantaranya konflik dalam keluarga, aktivitas disekolah dan diluar sekolah yang berlebihan, serta dibully oleh teman-temannya.

Sebagai orang tua kita harus bisa memahami kondisi psikis dari anak kita. Jika anak-anak mengalami stress yang berlebihan maka sangat buruk dampaknya, bahkan bisa mengakibatkan lambatnya pertumbuhan tubuh dan pikirannya. Untuk itu kita perlu mengetahui langkah-langkah apa saja yang dapat membantu anak menghadapi stressnya.

Reframe Stress

Sebagai orang tua kita wajib mengajarkan perubahan mindset dari stress itu sendiri. Berikan penjelasan kepada anak bahwa stress yang seolah-olah menyakitkan ternyata dapat berubah menjadi sebuah pembelajaran untuk mengasah pola pikirnya. Jika anak-anak mengalami sebuah masalah dan mengalami stress maka hal ini membantu pertumbuhan pola pikirnya sebagai problem solving bagi dirinya.

Anak yang sudah bisa mengelola stressnya maka ia akan tumbuh dewasa menjadi pribadi yang stabil, tidak mau mengikuti perilaku rekan-rekannya jika menyimpang. Selain itu secara kedewasaan berfikir akan lebih tumbuh menjadi anak-anak yang hebat

Ganti Fixed Mindset menjadi Growth Mindset

Anak-anak perlu diajarkan untuk melihat kondisi yang menyebabkan timbulnya stress baginya. Apa yang menjadi penyebab stress inilah yang harus kita arahkan agar menjadi sebuah pembelajaran pola pikir. Menjadikannya lebih berkembang serta membuat ia merasa memiliki pengaruh dalam menyelesaikan situasi tersebut.

Baca juga: 10 Kunci Pendidikan Anak

Cara ini bisa menumbuhkan semangat positif dalam hati anak dan menjadikan mereka tidak mudah putus asa. Karena setiap hari ia selalu diberikan sarapan yang bermanfaat untuk pikirannya. Mindset untuk selalu tumbuh menjadikan anak-anak menjadi seorang pemenang bagi keluarga kita

Berhenti Berpikir Bencana

Dalam hidup kadang kita mengalami kejadian-kejadian buruk yang kita hadapi. Pengalaman-pengalaman ini bisa kita ceritakan kepada anak-anak agar mereka menyimak dan menyadari bahwa dalam hidupnya tidak hanya kebaikan yang terjadi. Kejadian-kejadian buruk yang kita alami bukan tidak mungkin akan menimpa anak-anak kita. Untuk itu kita perlu menjelaskan ke mereka mengenai kemungkinan terburuk dari suatu pekerjaan atau perilaku.

Sesekali kita perlu berduskusi dengan anak-anak mengenai kekhawatiran yang mereka alami entah di sekolah maupun dirumah. Dengan teknik komunikasi seperti ini anak-anak akan terbiasa mengalami hal-hal yang kurang baik. Tinggal bagaimana mereka mampu mendapatkan solusi dari keburukan yang terjadi.

Praktekan Penyelesaian Masalah

Ketika masa anak-anak biasanya identif dengan bermain, namun perlu digarisbawhi bahwa anak-anak juga semakin lama semakin dewasa. Hal inilah yang mengharuskan kita sebagai orang tua harus mengajarkan kepada sang anak agar mandiri termasuk diajarkan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya.

Meminta pendapat sang anak termasuk cara untuk mengajarkan mereka cara mengatasi stress. Karena anak-anak tidak harus menunggu solusi permasalahannya dari orang lain. Ia bisa menghadapi dan mengatasi masalah yang ada. Mengetahui dampak positif dan negatif dari keputusan yang diambilnya

Gunakan Teknik Manajemen Stress

Ketika anak-anak mengalami stress perlu untuk diajarkan Teknik Manjemen Stress. Fungsi dari latihan ini adalah agar mereka bisa mengatur tingkat kesetressannya tidak semakin bertambah. Ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam teknik manajemen stress yakni dengan mengajarkan cara mengambil nafas dalam-dalam, latihan gerakan pemanasan, mendengarkan musik, meditasi dan berlatih mengalihkan perhatian mereka.

Semua teknik ini bisa membantu anak-anak agar tidak mengalami stress berkepanjangan dan teknik ini rasanya bukan merupakan hal yang sulit untuk diajarkan pada anak.

Semoga anda bisa mempraktekan cara-cara diatas agar anak-anak anda dirubah tidak menghadapi stress yang berat.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.