Cara Membuat Rumah Tinggal Anda Bersih Sepanjang Waktu
membuat rumah bersih sepanjang waktu
Membuat rumah bersih sepanjang waktu

Cara Membuat Rumah Tinggal Anda Bersih Sepanjang Waktu

Siapa yang tak ingin rumahnya selalu bersih setiap hari. Kita akan merasa nyaman tinggal didalam rumah yang bersih dan rapi. Karena selain indah rumah yang selalu bersih akan terbebas dari bakteri dan virus yang bisa membahayakan orang yang berada didalamnya.

Ternyata untuk membuat rumah yang selalu bersih bukanlah pekerjaan yang sulit. Hanya diperlukan konsistensi dari kita sebagai pemilik rumah untuk melaksanakan hal-hal yang dapat membuat rumah menjadi bersih. Jika anda ingin menjadikan rumah anda selalu bersih setiap waktu tidak ada salahnya mencoba beberapa tips dari kami dimana aktivitas yang dilaksanakan dibagi mulai dari harian, mingguan, bulanan dan beberapa bulan :

Aktivitas Harian

Membersihkan Meja

Untuk menjadikan rumah anda kelihatan bersih, mulailah dengan membersihkan meja-meja yang berada dirumah. Biasanya diatas meja banyak terdapat peralatan maupun mainan anak-anak, agar menjadi rapi usahakan membersihkan meja setiap hari.

Membersihkan Wastafel Dapur

Dapur merupakan ruangan yang selalu digunakan untuk memasak. Bagian yang paling kotor dari dapur adalah wastafel. Bersihkan wastafel setiap hari setelah anda memasak akan menjaga keindahan dapur anda.

Menyapu Lantai

Menyapu lantai setiap hari akan menjaga lantai rumah dari sampah maupun kotoran yang akan membuat lantai kotor. Menyapu lantai tidak membutuhkan banyak tenaga karena bisa dilakukan sambil melakukan pekerjaan lainnya.

Membuang Sampah

Sampah rumah tangga terutama sampah organik akan menimbulkan bau kurang sedap jika didiamkan lebih dari sehari didalam rumah. Maka upayakan untuk membuang sampah setiap hari.

Aktivitas Mingguan

Membersihkan Peralatan di Rumah

Bersihkanlah peralatan yang ada dirumah anda setiap minggu. Biasanya debu-debu mulai hadir hinggap menempel diperalatan. Maka upayakan untuk membersihkannya rutin sekali dalam seminggu.

Membersihkan Kamar Mandi

Seminggu sekali usahakan untuk membersihkan closet, bak mandi, dan kamar mandi. Jika lama tidak dibersihkan biasanya bagian dalam kamar mandi akan berkerak, maka untuk menjaganya kita harus rajin menggosok minimal sekali seminggu.

Membersihkan Kaca

Agar rumah anda tetap terlihat bersih, maka membersihkan kaca seminggu sekali harus anda lakukan. Karena kaca-kaca di rumah anda akan terlihat kotor jika jarang dibersihkan.

Menghilangkan Debu Dari Furniture

Debu-debu yang menempel di furniture anda harus dihilangkan dengan cara mengelapnya dengan kain basah. Debu-debu yang menempel akan menjadikan rumah terlihat kusam, untuk itu kita harus membersihkannya seminggu sekali.

Mengganti Seprei Kasur Anda

Lakukannlah pergantian seprei kasur anda agar tidak terlihat kotor. Dengan rutin mengganti seprei kasur juga akan mengurangi datangnya hewan yang bisa menyebabkan gatal-gatal.

Membersihkan Karpet

Bersihkanlah karpet dan alas lantai anda seminggu sekali. Upaya ini untuk menjaga agar karpet tersbut tidak berbau dan tidak kotor.

Mengepel Lantai

Untuk menjaga kebersihan rumah anda maka upayakan untuk mengepel lantai seminggu sekali. Kebersihan lantai akan menjadikan rumah anda terlihat indah.

Aktivitas Bulanan

Setelah kita menjalankan semua aktivitas bersih-bersih mingguan, maka ada hal yang perlu kita lakukan secara bulanan untuk menjaga kebersihan rumah

Bersihkan Microwave dan Oven

Bersihkanlah peralatan microwave dan oven anda, biasanya peralatan ini akan kotor karena terus menerus digunakan. Bersihkan dengan cairan pembersih dan kain halus.

Bersihkan Dapur Anda

Dapur yang selalu digunakan biasanya akan menghasilkan tembok yang kusam. Upayakan untuk selalu membersihkan dapur anda dari kotoran-kotoran yang menempel didinding dan ubin.

Membersihkan Ubin di Dalam dan Luar Rumah

Gosoklah ubin didalam dan luar rumah anda. Ubin biasanya akan terlihat kusam jika tidak pernah dibersihkan. Maka sebulan sekali gosoklah ubin dengan obat gosok agar terlihat kinclong.

Semprot Tempat Sampah Anda Dengan Desinfektan

Sebulan sekali berikan desinfektan pada tempat sampah anda agar terbebas dari kuman dan bau yang tidak sedap.

Aktivitas Musiman

Membersihkan Bantal dan Selimut

Menjemur bantal dan mengganti selimut membuat rumah anda menjadi bersih terutama dibagian ruangan kamar.

Membersihkan Dapur Dari Makanan Expired

Usahakan untuk selalu mengecek tanggal kadaluarsa dari makanan-makanan yang berada didapur. Jika sudah expired segera buang agar tidak digunakan kembali.

Membersihkan Tirai Rumah Anda

Tirai didalam rumah harus anda ganti dalam periode beberapa bulan sekali. Banyak debu yang menempel pada tirai dan kotoran, sehingga perlu untuk dicuci.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion
Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.