Connect with us

Hi, what are you looking for?

Karir

Mengenal Apa Itu Sertifikat SMK3 dari Depnaker

Mengacu dari namanya SMK3 mungkin banyak yang keliru atau salah kaprah dan mengaitkannya dengan Sekolah Menengah Kejuruan. Padahal sertifikat SMK3 tidak berhubungan sama sekali dengan bidang pendidikan, SMK3 merupakan singkatan dari Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Sertifikat ini diterbitkan oleh Depnaker (Departemen Ketenagakerjaan) guna melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja di Indonesia.

Pihak-pihak yang wajib membuat sertifikat SMK3 adalah seluruh perusahaan terdaftar di Indonesia yang ingin memenuhi persyaratan standar keselamatan pekerja. Sertifikat ini utamanya diperuntukkan bagi perusahaan dengan tingkat resiko tertinggi seperti perusahaan gas bumi atau pertambangan.

Sertifikat SMK3

Sertifikat SMK3 merupakan free pass bagi sebuah perusahaan dengan potensi kecelakaan tinggi untuk menjalankan fungsi mereka sebagai produsen atau penyedia jasa. Sama seperti ISO 9001, sertifikat SMK3 juga dibuat melalui proses yang panjang, rumit serta cukup menguras waktu dan tenaga.

Penyelenggaran sertifikat SMK3 bukan tanpa alasan. Diterapkannya SMK3 diharapkan membuka kesadaran perusahaan akan isu-isu keselamatan dan kesehatan kerja. Perusahaan diminta untuk tidak hanya mencari banyak keuntungan tapi disisi lain meninggalkan kesejahteraan karyawan. 

Sayangnya sertifikat SMK3 tidak berlaku selamanya seperti E-KTP baru yang beredar saat ini. Ada masa kadaluarsa yang harus Anda perhatikan dengan seksama yakni 3 tahun lamanya. Setelah tiga tahun, perusahaan Anda harus memperpanjang sertifikat SMK3 dan melalui proses audit kembali.

Perusahaan yang tidak lulus audit oleh Lembaga Audit Independen pengajuan sertifikat SMK3-nya ditolak. Mereka harus mengajukan pembuatan sertifikat SMK3 untuk kesekian kalinya hingga seluruh prosesnya lulus dan disetujui.

Manfaat Sertifikat SMK3 Bagi Perusahaan

Sertifikat SMK3 membawa banyak manfaat bagi perusahaan yang memiliki berkasnya. Rasanya egois dan tidak bertanggung jawab apabila perusahaan tidak mengurus sertifikat tersebut. Selengkapnya mengenai manfaat menerapkan SMK3 simak di bawah ini:

  1. Memberikan Perlindungan Bagi Seluruh Tenaga Kerja Ahli

Resiko kecelakaan kerja selalu ada apalagi jika karyawan tidak bekerja dengan baik dan fokus dalam mengikuti SOP. Tapi bila dipikirkan secara seksama, bahaya atau resiko kecelakaan kerja bagi karyawan yang bekerja di bidang pertambangan, gas bumi dan minyak jauh lebih tinggi. 

Sebagai bentuk perlindungan karyawan, sudah menjadi tanggung jawab perusahaan untuk menerapkan SMK3. Karyawan yang merasa aman dan nyaman dengan pekerjaan mereka mampu menyelesaikan tugasnya dengan lebih optimal. 

  1. Bentuk Kepatuhan Terhadap UU dan Peraturan Negara

Menjadi perusahaan dengan citra positif memang sulit. Faktanya jika perusahaan Anda terbukti tidak mengurus sertifikat SMK3, perusahaan akan dianggap menentang hukum dan ketentuan negara.

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya keliru karena Depnaker mengeluarkan sertifkat SMK3 mengacu pada UU Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2012. Perusahaan yang sehat dan cerdas sewajarnya memenuhi ketentuan tersebut, bukan?

  1. Meningkatkan Citra dan Reputasi Perusahaan Di Mata Pelanggan

Sebagai perusahaan yang bekerja di bidang pertambangan atau gas bumi sudah menjadi tugas Anda untuk mempertahankan image yang baik. Tanpa reputasi positif sulit bagi perusahaan Anda terlihat menarik di mata pelanggan. 

Padahal perusahaan jasa mendapatkan banyak keuntungan dari orderan pelanggan. Apabila orderan yang masuk berkurang otomatis omzet perusahaan akan menurun.  Paling parah perusahaan Anda menjadi terpuruk dan gulung tikar. 

  1. Menambah Penilaian Positif Ketika Mengikuti Tender

Selain memperbaiki reputasi perusahaan di mata customer, memiliki  sertifikasi SMK3 juga efektif guna mengikuti tender. Ibaratnya, mana ada instansi atau perusahaan swasta yang tertarik memasukkan nama perusahaan Anda dalam tender mereka jika Anda sendiri tidak memiliki kesadaran untuk membuat SMK3. 

Contoh sertifikat smk3 perusahaan
Contoh sertifikat smk3 perusahaan

Otomatis tender proyek dengan nilai tinggi akan lepas dari genggaman perusahaan Anda. Jumlah kerugian ditaksir sangat besar dan itu terjadi karena rasa malas dan enggan Anda untuk membuat sertifikat SMK3. 

Segera mengurus sertifikat SMK3 merupakan pilihan yang tepat. Anda bisa menggunakan jasa konsultan atau sertifikasi terpercaya untuk mempercepat prosesnya. Meskipun perusahaan masih bisa menerima orderan dari pelanggan. Rasanya tetap saja berbeda ketika memiliki sertifikat SMK3 dan tidak memilikinya.

PT Qyusi Global Indonesia

Salah satu terbaik di Indonesia sebagai Penyedia Jasa Konsultan ISO SMK3, Pelatihan dan Audit: Sertifikat ISO Series (9001, 14001, 18001/45001, 22000, dll), Sertifikat SMK3, serta QHSE Manpower Supply.

Phone: (021) 298 357 53 – 0813 3000 9003
Email: admqyusi@gmail.com | info@qyusiconsulting.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Akademik

Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda tentang isi naskah Dwi Darma, Dasa Darma, Tri Satya, dan Dwi Satya, penting untuk Anda tahu terlebih dulu...

Akademik

Pada dasarnya baik itu Silabus dan RPP PJOK SD (Sekolah Dasar) untuk kelas 1 – 6 ini adalah perangkat terbaru yang akan kami bahas...

Akademik

Acara perpisahan sekolah sudah didepan mata nih, pastinya Anda butuh yang namanya contoh susunan acara perpisahan sekolah terbaru 2019. Dengan begitu Anda akan lebih...

Akademik

Informasi ini disampaikan oleh: LP3I Kampus Siap Kerja Ujian nasional adalah suatu kegiatan dari sekolah yang memang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di...