Landscape pada smartphone adalah salah satu pilihan rotasi pada layar yang dibuat untuk membuat layar terlihat lebih lebar seperti bentuk persegi panjang. Untuk membuat penggunanya nyaman, pabrikan smartphone sengaja menyediakan pilihan rotasi layar. Diharapkan dengan adanya pilihan tersebut, aktivitas pengguna bisa dilakukan lewat smartphone. Namun, terkadang ada beberapa pengguna yang tidak menyadarinya dan berusaha menikmati tampilan smartphone dalam bentuk layar portrait. Padahal, ada kalanya layar portrait agak sedikit membuatnya ribet. Contohnya, ketika pengguna ingin menggunakan smartphone untuk menonton film, layar smartphone portrait akan membuat tampilan terlihat kecil.

Hal itu tidaklah seberapa. Coba Anda bayangkan. Ketika layar portrait tiba tiba tidak bisa berfungsi. Layar tidak bisa disentuh walau Anda sudah mencobanya berkali kali. Mungkin, bagi pengguna yang memiliki banyak uang, masalah tersebut bisa segera terselesaikan karena mereka langsung membeli smartphone baru. Tetapi, bagaimana jika uang yang pengguna miliki hanya cukup untuk kebutuhan sehari hari? Membeli smartphone pastinya akan menunggu waktu lama. Salah satu solusi yang perlu dicoba adalah mencoba mengganti tampilan layar potrait menjadi layar landscape.

Lihat juga: Cara Buat Mode Landscape Instagram di Hp Android

Mengganti Tampilan Layar Menjadi Landscape secara Manual

Apabila Anda mengalami masalah pada layar portrait dan ingin menggantinya dengan tampilan landscape, Anda bisa menggantinya secara manual. Tetapi, pergantian secara manual tidak akan membuat tampilan layar selamanya berubah menjadi landscape. Setelah beberapa saat, layar akan kembali ke tampilan semula yaitu layar portrait. Pergantian layar yang sementara biasanya akan dilakukan oleh pengguna smartphone yang ingin menggunakan smartphonenya untuk menonton video, film, atau membaca alquran.

penggunaan smartphone dalam mode landscape
penggunaan smartphone dalam mode landscape

Mengganti layar lanscape pada smartphone secara manual bisa dilakukan dengan cara masuk ke menu pengaturan. Pada menu pengaturan, Anda akan disuguhkan dengan beberapa pilihan. Tak usah bingung, Anda bisa langsung menuju ke menu tampilan. Pada menu tampilan pun, Anda akan melihat beberapa pilihan, pilih saja rotasi layar dan pilih landscape. Setelah Anda mengklik pilihan tersebut, seketika layar akan berubah tampilan. Atau, lebih mudahnya, Anda bisa menuju menu pintasan, cari gambar rotasi layar, saat Anda memencetnya layar akan bisa berganti sesuai dengan keinginan.

Mengganti Layar Lanscape pada Smartphone dengan Aplikasi 

Jika penggantian layar landscape dilakukan karena suatu hal, misalkan layar retak atau layar tidak bisa berfungsi secara optimal, Anda bisa mengandalkan aplikasi screen rotation. Screen rotation disini bukanlah menu bawaan dari smartphone. Melainkan Anda bisa mengunduh aplikasinya lewat Playstore. Caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal membuka aplikasi playstore pada smartphone dan Anda bisa mengetikkan aplikasi screen rotation control pada pencarian. Jika sudah menemukannya, Anda tinggal mendownload aplikasi dan memasangnya di smartphone kesayangan.

URL Aplikasi: https://play.google.com/store/apps/details?id=bong.android.androidlock&hl=en&gl=US

Aplikasi screen rotation control di Android
Aplikasi screen rotation control di Android

Cara Mengaktifkan Aplikasi Layar Landscape pada Smartphone

Yang perlu Anda ketahui, untuk dapat memasang aplikasi screen rotation control pada smartphone, Anda tak perlu mengeluarkan budget. Anda bisa mendownloadnya secara gratis di layanan penyedia aplikasi android tersebut. Pertama, saat aplikasi sudah terpasang, Anda bisa langsung membuka aplikasi screen rotation control. Nantinya, saat Anda membuka aplikasi tersebut, Anda akan disuguhkan dengan beberapa pilihan menu layar, yaitu portrait, landscape, reverse portrait, reverse landscape, dan auto. 

Anda yang baru saja membuka aplikasi tersebut untuk pertama kalinya, pastinya akan bingung, mana kira kira pilihan yang akan Anda pilih. Tentu saja, karena Anda menginginkan layar lanscape pada smartphone, Anda juga harus menjatuhkan pilihan pada menu landscape. Setelah Anda memilih, Anda bisa menyembunyikan aplikasi dengan mengklik tombol close atau tanda silang yang berada di kanan atas. Saat itu juga Anda bisa melihat bahwa tampilan layar smartphone sudah berubah sesuai dengan keinginan Anda. Meski tampilan layar bisa landscape selamanya, tetapi jika Anda berniat menggantinya suatu saat, Anda tinggal masuk ke dalam aplikasi dan mengubah tampilan layar menjadi sedia kala. Selamat mencoba!