Mengenal Lebih Dekat Marketplace Indonesia
market place terbesar indonesia
Marketplace terbesar indonesia

Mengenal Lebih Dekat Marketplace Indonesia

Pertumbuhan transaksi penjualan online di Indonesia dalam kurun waktu lima tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan. Melihat dari fenomena yang ada munculnya beberapa marketplace ikut berpengaruh terhadap tumbuhnya penjualan online. Tentu kita mengenal beberapa marketplace yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, JD.ID, OLX, Elevania dan masih ada beberapa marketplace lainnya.

Ternyata dari beberapa nama marketplace tersebut ada dua yang berasal dari Indonesia yakni Tokopedia dan Bukalapak. Dua nama ini termasuk marketplace yang paling banyak dikunjungi setiap bulannya. Ternyata kedua marketplace ini merupakan buatan asli anak bangsa Indonesia. Mari kita sedikit mengenal mengenai kedua marketplace tersebut :

Tokopedia

Sejarah Berdirinya

Tokopedia adalah salah satu marketplace papan atas diIndonesia dan mulai diperhitungkan di Asia Tenggara. Berawal dari ide dua pemuda William Tanuwijaya dan Leonthinus Alpha Edison pada tahun 2009. Awalnya mereka berdua melihat ada yang janggal pada proses transaksi jual beli online dimana muncul banyak penipuan. Dimana pembeli tertipu barangnya tidak dikirim setelah melakukan pembayaran.

Saat awal pendiriannya PT Tokopedia mendapatkan dana dari PT Indonusa Dwitama pada tahun 2009. Setiap pergantian tahun tokopedia selalu mendapatkan dana segar diantaranya oleh PT East Ventures (2010), Cyber Agent Ventures (2011), Netprice (2012), dan Soft Banks Ventures Korea (2013).

Memasuki tahun 2014 tokopedia menjadi perusahaan teknologi pertama di Asia Tenggara yang mendapatkan investasi sebesar USD 100 Juta atau senilai 1.2 Trilliun dari Sequoia Capital. Terakhir pada tahun 2017 Alibaba menginvestasikan dananya sebesar USD 1.1 Milyar.

Pamor tokopedia di Indonesia semakin meningkat dengan semakin berkembangnya transaksi jual beli di internet. Didukung sistem bisnis didalamnya yang mempertemukan penjual dan pembeli dalam satu wadah. Maka memudahkan orang-orang yang ingin berbelanja. Disamping itu model pembayaran yang bersifat menahan uang dari konsumen hingga barang diterima juga menjadi nilai lebih untuk orang-orang yang ingin berbelanja melalui tokopedia.

Dalam perjalanan perkembangan bisnisnya tokopedia mulai menjalin kerja sama dengan Bank Mandiri dan BCA untuk dijadikan partner pembayaran. Tentunya hal ini juga mendapat apresiasi dari masyrakat yang ditandai dengan peningkatan trafik kunjungan dan transaksi setiap tahunnya.

Berkat perannya dalam mengembangkan dunia e-commerce di Indonesia tahun 2014 Tokopedia mendapatkan penghargaan Marketeers of The Years dari Mark Plus. Pada tahun 2018 Tokopedia mendapat penghargaan karena berhasil memuncaki Apple Store mengalahkan Facebook, Whatsapp dan Instagram.

Bukalapak

Sejarah Berdirinya

Bukalapak didirikan oleh tiga orang mahasiswa lulusa ITB pada tahun 2010 yakni Achmad Zaky, Fajrin Rasyhid dan Nugroho Herucahyono. Awal berdirinya bukalapak bertujuan untuk memudahkan semua orang menggelar dagangannya tanpa modal besar. Momentum awal kesuksesan bukalapak terjadi pada tahun 2010 saat pengguna sepeda lipat melonjak, dimana saat itu banyak orang yang menjual sepeda lipat dan aksesorisnya di bukalapak.

Sama seperti tokopedia, bukalapak juga mendapatkan suntikan dana dari investor yakni Batavia Incubator tahun 2011, GREE Ventures tahun 2012, dan terakhir EMTEK ditahun 2015 yang sekarang memiliki 49% saham bukalapak.

Saat ini bukalapak menjadi mitra UMKM dalam memasarkan produk mereka secara online. Dan mereka selalu berkomitment untuk pengembangan UMKM. Di tahun 2016 Achmad Zaky mendapatkan penghargaan dari Presiden RI Bapak Joko Widodo berupa Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya.

Selain penghargaan untuk pendirinya, bukalapak sendiri mendapatkan penghargaan Marketing Magazine South East Asia tahun 2017 atas dedikasi dalam perkembangan e-commerce ditanah air. Bukalapak pun saat ini aktif dalam berpromosi di televisi untuk meningkatkan branding mereka dimasyarakat.

Itulah cerita tentang dua marketplace buatan anak Indonesia semoga menginspirasi anda untuk berkarya seperti mereka.

Written by
Sheila Putri
Join the discussion

Navi.id

Newsletter

Dapatkan konten-konten terbaik dari kami setiap minggu nya. Aman, tanpa spam.