Connect with us

Hi, what are you looking for?

Travelling

Mengenal Sejarah dan Letak Ngarai Sianok, Si Lembah Curam

Salah satu pemandangan alam yang begitu cantik di daerah Sumatera Barat ialah Ngarai Sianok. Panorama luar biasa ini tentunya tidak boleh Anda lewatkan begitu saja saat berkunjung ke dataran tinggi Minangkabau. Tidak hanya keindahan matahari pertama di pagi hari saja yang bisa Anda nikmati, akan tetapi sejarah Ngarai Sianok juga perlu Anda ketahui.

Sejarah dan Legenda Ngarai Sianok

1. Sejarah

Ngarai Sianok memiliki kisah sejarah yang tidak boleh Anda abaikan begitu saja. Kabarnya nama Sianok diambil dari salah satu nagari yang ada di bagian dasar lembah atau familiar dengan sebutan ngarai. Tidak heran jika kemudian tempat ini dinamakan Ngarai Sianok. Akan tetapi, jika ditelaah dari bahasa setempat, Sianok memiliki arti Si Pendiam.

Melalui fenomena geologi, ngarai satu ini terbentuk dari letusan gunung berapi purba yang saat ini menjadi lokasi Danau Maninjau. Gunung tersebut dulunya dinamai Gunung Tinjau. Barulah saat ribuan tahun kemudian, terjadi pergesaran horizontal sehingga membuka celah bagi ngarai ini. Pergeseran ini disebut sebagai Patahan Semangka.

2. Legenda

Tahukah Anda bahwa dibalik panorama Ngarai Sianok yang begitu indah, terdapat suatu legenda yang terngiang-ngiang di lingkungan masyarakat sekitar. Konon katanya legenda tersebut bermula dari kedatangan Katik Muno yang mengiringi pimpinannya yakni Sang Sapurba di wilayah Minangkabau. Sayangnya watak Katik Muno yang kurang baik, membuat Sang Sapurba merasa malu.

Katik Muno yang dianugerahi tubuh besar dan sakti justru berpikir ingin menjadi penguasa Minangkabau. Dengan demikian, perangainya berubah menjadi kasar dan begitu jahat. Kejahatannya tentu saja membuat banyak masyarakat Minangkabau sengsara. Hingga akhirnya pertikaian pun terjadi dan dimenangkan oleh Sang Sapurba. Barulah tercipta sebuah ngarai yang begitu indah bernama Sianok.

Letak Ngarai Sianok

Ngarai Sianok dapat Anda jumpai pada wilayah perbatasan Bukittinggi, IV Koto, Agam, Sumatera Barat. Daerah ini terlihat memanjang dan berkelokan seakan-akan sebagai batas kota Koto Gadang dengan Anam Suku. Pemandangannya yang begitu mengagumkan tidak mengherankan apabila ngarai ini juga menjadi suatu objek wisata andalan daerah setempat.

Lihat pula: Pemandangan Ngarai Sianok

Tidak hanya sajian pemandangan yang indah saja, di tempat ini Anda juga bisa menikmati berbagai macam fasilitas hiburan lain khususnya bagi yang berwisata dengan keluarga tercinta. Anda bisa menjumpai Taman Ngarai Sianok sebagai tujuan utama objek wisata ini. Anda dapat menikmati panorama Ngarai Sianok dengan latar belakang gagahnya Gunung Singgalang.

Di samping itu, Anda juga diperkenankan untuk menikmati keindahan dasar ngarai dari lingkungan persawahan sekitar. Rasanya bak permata hijau yang begitu cantik. Berikutnya Anda dianjurkan untuk singgah ke rumah rumput yang berada di sekitaran lokasi. Bentuknya yang tidak lazim namun sanggup memikat mata.

Keindahan Ngarai Sianok memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Khususnya bagi Anda yang bosan dengan wisata pantai, maka cobalah bersenang-senang di ngarai ini. Jadikan pengalaman liburan Anda bersama keluarga menjadi kian berwarna dengan berkunjung ke Ngarai Sianok. Ambil sejumlah foto sebagai unggahan momen manis di sosial media Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Akademik

Sebelum kami akan menginformasikan kepada Anda tentang isi naskah Dwi Darma, Dasa Darma, Tri Satya, dan Dwi Satya, penting untuk Anda tahu terlebih dulu...

Akademik

Pada dasarnya baik itu Silabus dan RPP PJOK SD (Sekolah Dasar) untuk kelas 1 – 6 ini adalah perangkat terbaru yang akan kami bahas...

Akademik

Acara perpisahan sekolah sudah didepan mata nih, pastinya Anda butuh yang namanya contoh susunan acara perpisahan sekolah terbaru 2019. Dengan begitu Anda akan lebih...

Akademik

Informasi ini disampaikan oleh: LP3I Kampus Siap Kerja Ujian nasional adalah suatu kegiatan dari sekolah yang memang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di...